SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 1 Jam 38 Menit 20 Detik

Kumpulan 28 Website dan Akun untuk Persiapan Karir Data

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/banner-artikel-2023-11-30-164104_x_Thumbnail800.jpg

Dalam era digital yang terus berkembang, platform online telah menjadi sumber daya yang tak tergantikan bagi individu yang ingin mempersiapkan karier mereka. Salah satu aspek penting dalam persiapan karier adalah penyusunan Curriculum Vitae (CV). Berbagai platform online menyediakan template CV yang profesional, memudahkan pengguna untuk membuat dokumen yang mencerminkan keterampilan dan pengalaman mereka. Tidak hanya itu, platform online juga memfasilitasi pencarian lowongan kerja dengan menyediakan berbagai sumber informasi.

Sahabat DQ dapat dengan mudah menyesuaikan kriteria pencarian mereka dan menemukan peluang pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang serta minat mereka. Keberagaman platform ini menciptakan lingkungan yang memungkinkan para pencari kerja mengeksplorasi berbagai industri dan sektor.

Ingin tahu rekomendasi platformnya apa saja? Yuk, simak artikel ini!

1. Platform Pencarian Lowongan Kerja

Bagi calon praktisi data, platform pencarian kerja menjadi sarana yang krusial dalam merintis karier mereka di dunia analitik. Sejumlah platform khusus seperti Linkedin, JobStreet, Glints, Kalibrr, Glassdoor, Kaggle, dan Indeed menyediakan ruang bagi para profesional data untuk menemukan peluang pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat mereka. Dengan fitur pencarian yang dapat disesuaikan, calon praktisi data dapat menemukan pekerjaan di berbagai sektor, mulai dari teknologi, keuangan, hingga kesehatan. Selain itu, integrasi dengan profil profesional dan portofolio proyek memungkinkan mereka untuk menonjolkan keterampilan analitis mereka kepada calon pemberi kerja.

Platform ini juga sering kali menyediakan informasi tambahan seperti ulasan perusahaan dan perkiraan gaji, membantu calon praktisi data membuat keputusan informasi yang lebih baik dalam perjalanan karier mereka. Dengan demikian, platform pencarian kerja khusus data menjadi jendela yang penting bagi mereka yang ingin mengukir jalur sukses dalam dunia analitik.


2. Platform untuk Mengoreksi Curriculum Vitae (CV)

CV merupakan cerminan keterampilan dan pengalaman, beberapa platform koreksi CV yang sangat membantu untuk mempercantik CV agar lebih menarik di mata rekruter. Platform ini, seperti Canva, Bikin CV, ResumeHelp, Resume Worded, SkillRoads. Platform tersebut memberikan umpan balik terkait kata kunci yang digunakan, struktur kalimat, dan kesesuaian dengan posisi yang diinginkan.

Selain itu, fitur pemindaian otomatis membantu mengidentifikasi potensi penyimpangan atau kesalahan gramatikal yang dapat mempengaruhi kesan profesional. Dengan menggunakan platform koreksi CV, calon praktisi data dapat memastikan bahwa CV mereka tidak hanya terlihat profesional tetapi juga memaksimalkan peluang mereka untuk menarik perhatian perusahaan dan mencapai kesuksesan dalam karier analitik mereka.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

3. Platform untuk Tips Seputar Rekruter & Interview

Para profesional seperti Vina Muliana, Eza Hazami, hrdbacot, Samuel Ray, dan Junar Asunyi, melalui platform Instagram mereka, memberikan konten berharga seputar tips rekrutmen dan wawancara. Dari pengalaman pribadi hingga pandangan industri, mereka membagikan wawasan yang berharga untuk membantu individu mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan dalam dunia pencarian kerja. Dengan memanfaatkan platform ini, pengikut mereka dapat memperoleh pemahaman mendalam tentang proses rekrutmen, strategi wawancara yang efektif, dan berbagai informasi bermanfaat lainnya yang dapat meningkatkan peluang kesuksesan dalam karier mereka.


4. Platform Mengenai Tips Spesifik Seputar Karir dan Data

Melalui platform-platform seperti DQLab, Cerita Data, Tokopedia Data, dan Towards Data Science yang diakses melalui Instagram dan Medium, para profesional dan komunitas di dunia data menyajikan tips spesifik yang tak ternilai bagi mereka yang tertarik membangun karier di bidang ini.

DQLab menyediakan kursus dan panduan praktis untuk mengasah keterampilan analitis, sedangkan Cerita Data menggambarkan pengalaman praktisi data yang inspiratif. Sementara itu, Tokopedia Data memberikan wawasan eksklusif mengenai tantangan dan inovasi dalam pengelolaan data di perusahaan e-commerce, dan Towards Data Science di Medium menjadi sumber referensi kaya untuk pemahaman mendalam mengenai tren dan alat-alat terkini dalam dunia data science. Dengan mengikuti konten-konten ini, individu dapat meraih tips khusus yang membimbing mereka menuju kesuksesan dalam karier di ranah yang terus berkembang ini.


5. Platform Mengenai Sumber Ide Project dan Dataset untuk Portfolio

Kaggle, GitHub, Data Is Plural, dan DrivenData merupakan sumber yang tak ternilai untuk calon praktisi data yang sedang mencari ide proyek dan dataset untuk memperkaya portofolio mereka. Kaggle, sebagai komunitas data science terkemuka, menyajikan kompetisi dan dataset beragam yang memicu kreativitas dan kemampuan analitis. GitHub, dengan repositori proyek terbuka, memberikan akses ke berbagai ide proyek yang dapat dikembangkan dan diperluas. Data Is Plural menyediakan dataset berkualitas tinggi dari berbagai sumber, memudahkan pencarian untuk proyek-proyek yang menarik. Sementara DrivenData fokus pada proyek-proyek yang memberikan dampak sosial positif, memberikan kesempatan bagi praktisi data untuk mengaplikasikan keterampilan mereka dalam konteks yang lebih luas. Dengan memanfaatkan sumber-sumber ini, calon praktisi data dapat melibatkan diri dalam proyek-proyek menarik, memperluas pemahaman mereka, dan membangun portofolio yang kuat.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

6. Platform untuk Showcase CV dan Portfolio

Medium, LinkedIn, GitHub, DagsHub, dan Deepnote menjadi platform yang efektif untuk memamerkan CV dan portfolio secara unik dalam konteks berbeda. Medium, sebagai platform publikasi online, memungkinkan profesional membagikan artikel, proyek, dan wawasan mengenai bidang tertentu, memberikan dimensi naratif pada pengalaman mereka. LinkedIn, sebagai jaringan profesional, menawarkan kesempatan untuk membangun profil pribadi yang mencakup riwayat pekerjaan, keterampilan, dan rekomendasi, menciptakan gambaran komprehensif tentang karier seseorang. GitHub, DagsHub, dan Deepnote menonjol dalam dunia pengembangan perangkat lunak dan data science, memfasilitasi penyimpanan dan showcase proyek-proyek dengan menyediakan repository, dokumentasi, dan lingkungan pengembangan interaktif. Dengan memanfaatkan kombinasi platform ini, individu dapat membuat showcase yang menarik dan informatif, menciptakan representasi yang holistik dan dinamis dari kemampuan dan pencapaian mereka.


7. Ingin Dapatkan Semua yang Ada di Atas? Yuk, Ikuti DQLab Tetris Batch 4

Kalau mau persiapan karier yang lengkap di satu tempat, bisa juga ikutan TETRIS PROGRAM Batch 4! Dalam upaya untuk membekali generasi muda dengan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam industri digital, hadirnya DQLab Tetris Program Batch 4 menjadi solusi yang sangat relevan. Program Fast Track Data Analytics yang disajikan oleh DQLab Tetris memiliki tujuan sesuai dengan kebutuhan calon profesional data, memainkan peran integral dalam mendukung perkembangan pendidikan di bidang data science di Indonesia.


DQLab Tetris Batch 4 memfasilitasi semua langkah persiapan kariermu:


1. Ada sesi khusus persiapan CV.

2. Pelatihan technical skill dan membangun project untuk portfolio.

3. Dapat berbagai tips dan career coaching langsung dari praktisi berpengalaman.

4. Disalurkan internship ke 18+ perusahaan ternama.

5. Networking dengan profesional dari berbagai perusahaan.


Yuk ikuti Tetris Batch 4 sekarang dengan registrasikan dirimu sekarang pada button dibawah ini!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login