2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 56 Menit 42 Detik

Lika-liku Job Description Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 13-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-02-2024-05-13-204337_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan sebuah elemen penting dalam perusahaan. Tidak hanya perusahaan yang membutuhkan dn memiliki data, perseorangan pun juga memiliki hal tersebut. Data dapat berupa dokumen, teks, foto, video, suara, dan berbagai bentuk lainnya. Data tersebut perlu dianalisis oleh seorang ahli, yaitu data scientist. Job description data scientist bukan hanya menganalisis data, masih ada beberapa tugas lainnya yang akan dibahas di artikel berikut ini.


Data scientist adalah sebuah profesi yang memiliki berbagai peran dan tugas penting dalam suatu perusahaan. Profesi data scientist ini banyak diperlukan oleh berbagai kalangan baik untuk kepentingan pribadi maupun perusahaan. Menjadi seorang data scientist juga memiliki banyak keuntungan, mulai dari gaji yang menggiurkan, jenjang karir yang menjanjikan, dan perannya yang sangat dibutuhkan. yuk, kita simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut job description data scientist. 


1. Menganalisis Data

Proses analisis data adalah tugas inti bagi data scientist. Seorang data scientist menganalisis data menggunakan dasar-dasar ilmu data science. Hasil analisis data tersebut nantinya akan menghasilkan insight atau kesimpulan yang dapat digunakan sebagai dasar bahan pertimbangan dalam membuat keputusan. Setidaknya terdapat berbagai macam analisis data yang wajib dikuasai oleh data scientist yaitu descriptive analytics, predictive analytics, dan prescriptive analytics.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mengidentifikasi Masalah

Setiap perusahaan atau instansi memiliki visi misi dan tujuan tertentu. Dalam proses tercapainya visi dan misi tersebut tidak jarang pengguna menghadapi berbagai permasalahan. Salah satu cara untuk menyelesaikannya adalah dengan mengidentifikasi masalah tersebut. Seorang data scientist dapat mengidentifikasi masalah dengan terstruktur lalu membuat rencana atau rangkaian solusi untuk menyelesaikannya. Solusi yang digunakan pun dapat dipilih dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan.

Data Scientist


3. Visualisasi Data

Pada saat data scientist telah menyelesaikan proses analisis data maka hasil analisis tersebut perlu disampaikan kepada seseorang yang berhak menerimanya. Proses penyampaian hasil analisis data ini perlu dikemas dengan visualisasi data yang menarik dan tetap memperhatikan poin pentingnya. Proses visualisasi data ini termasuk bagian dari tugas data scientist yang mana tujuannya memudahkan pembaca dalam memahami penyampaian hasil analisis data.

Data Scientist


4. Menggunakan Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan salah satu bagian yang tidak terlepas dari profesi praktisi data apapun. Pada masa kini data yang diolah tidak berjumlah kecil, melainkan big data. Sehingga diperlukannya penerapan bahasa pemrograman agar dalam proses menganalisis data menjadi lebih terstruktur dan efektif. Saat ini pun telah begitu banyak tersedia bahasa pemrograman yang dapat dipilih dan digunakan oleh data scientist sesuai dengan keperluannya masing-masing.

Data Scientist


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Menjadi seorang data scientist adalah impian bagi sebagian orang di masa kini. data scientist ini bisa dipelajari oleh siapapun. Banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mengikuti pelatihan data scientist.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login