PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 15 Menit 52 Detik 

Macam-Macam Operasi String Split Python, Sudah Tahu?

Belajar Data Science di Rumah 28-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5a790da75f0a2ce7c513ce5158efccdb_x_Thumbnail800.jpg

Python punya banyak metode untuk melakukan pengolahan data string atau data karakter. Salah satu diantaranya adalah metode split Python. Sesuai dengan namanya, split artinya membagi atau memisahkan.


Dapat disimpulkan bahwa metode split Python merupakan cara untuk membagi data string menjadi daftar string setelah memecah string yang diberikan oleh pemisah yang sudah ditentukan. Dengan menggunakan split, pengguna dapat mengembalikan daftar semua kata dalam string. 


Operasi ini merupakan kebalikan dari penggabungan string. Apabila kamu telah mengerjakan serangkaian string split yang dipakai untuk menggabungkan string yang berbeda menjadi satu maka fungsi split justru melakukan sebaliknya. Fungsi split menganalisis melalui string dan memisahkannya setiap kali program menentukan pemisah yang telah ditentukan sebelumnya. 


Kira-kira apa saja operasi yang dipakai dalam melakukan pemisahan pada data string? Kapan fungsi split dipakai dalam data string? Jika kalian penasaran, kali ini DQLab berikan contoh macam-macam operasi string split dalam bahasa pemrograman Python. 


1. Alasan Menggunakan Operasi Split

Fungsi Split mengembalikan daftar kata setelah memisahkan string atau baris dengan bantuan string pembatas seperti karakter koma (,). Ada beberapa alasan mengapa kita membutuhkan operasi split pada Python. Beberapa manfaat menggunakan fungsi Split dengan Python sebagai berikut:

  • Metode ini berguna dalam situasi dimana anda perlu memecah string besar menjadi string yang lebih kecil

  • Apabila pemisah tidak ada dalam fungsi split, spasi putih ataupun whitespace dianggap sebagai pemisah atau separator

  • Fungsi split membantu untuk menganalisis dan menyimpulkan kesimpulan dengan mudah.


Baca juga: Praktek Coding Python Sederhana dengan Built-In-Function


2. Splitlines 

Selanjutnya adalah metode python string splitlines(). Metode python string splitlines() digunakan untuk membagi garis pada batas garis. Fungsi Fungsi Python splitlines() digunakan untuk membagi string pada jeda baris dan menghasilkan daftar baris dalam string.


Python splitlines() adalah fungsi kelas string bawaan yang mengembalikan daftar baris dalam string, melanggar batas garis. Python splitlines() ada karena menyembunyikan kerumitan ini di balik antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna. 


Berikut adalah contoh dari sintaks splitlines:

python

Fungsi Python string splitlines() menerima maksimal 1 parameter:

keepends (Opsional) – ini adalah nilai Boolean; baik Benar atau Salah. Jika Benar, jeda baris juga disertakan dalam daftar keluaran.

Catatan – Secara default, jeda baris tidak disertakan dalam string yang dihasilkan


3. Regex

Operasi string split selanjutnya adalah Regex. Regex merupakan singkatan dari Regular Expression. Regex merupakan alat powerful untuk berbagai jenis manipulasi string. Regex berisi domain specific language (DSL) yang hampir semua bahasa pemrograman punya fungsi ini. Jadi tidak hanya Python saja yang punya. 


Ada dua tugas utama dari fungsi regex. 

  • Tugas pertama yaitu memverifikasi kecocokan string. Misalnya suatu string memiliki format berupa alamat email dengan domain tertentu. 

  • Tugas kedua adalah melakukan substitusi dalam suatu string. Misalnya pergantian ejaan antara American ke British


Fungsi ini dapat diakses menggunakan modul re. Namun untuk kali ini, kita akan menggunakan fungsi regex untuk melakukan kegiatan split. Fungsi split() mengembalikan semua daftar dimana string sudah dipisahkan di masing-masing match.


Split pada setiap karakter whitespace. Fungsi split dengan regex apabila digabung menjadi re.split. Berikut adalah contoh fungsi split yang diaplikasikan dengan regex.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


4. Maxsplit

Selanjutnya adalah maxsplit. Parameter maxsplit digunakan untuk mengontrol berapa banyak split yang akan dikembalikan setelah string diurai. Maxsplit berisi angka yang memberitahu kita untuk membagi string menjadi jumlah maksimum yang disediakan.


Jika tidak disediakan maka defaultnya adalah -1 artinya tidak ada batasan. Berikut adalah contoh dari penggunaan maxsplit.

python


Berikut adalah outputnya:

python


Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python.


Kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab!


Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :