2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 14 Jam 4 Menit 20 Detik

Machine Learning Model dari Manfaat Hingga Penggunaan

Belajar Data Science di Rumah 07-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-07-2024-05-07-155750_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi masa kini memberikan berbagai dampak positif terhadap keseharian kita. Mulai dari bisa meningkatkan efisiensi pekerjaan, membuat proses pengolahan data  menjadi lebih akurat, dan membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah. Salah satu bentuk kecanggihan teknologi tersebut adalah keberadaan machine learning. Apa itu machine learning model dan apa sajakah contoh algoritma yang bisa ditetapkan?


Machine learning merupakan suatu metode analisis data yang dapat dilakukan dengan otomatisasi pembuatan model analitis. Sistem ini dapat belajar dari data, mengidentifikasi pola dan membuat keputusan dengan sedikit intervensi manusia dalam proses tersebut. Terdapat beberapa model machine learning yang dapat digunakan sesuai dengan jenis data yang digunakan dan tujuan penelitian.


1. Manfaat Machine Learning

Machine learning telah diketahui memiliki beragam manfaat untuk berbagai bidang baik itu bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan bisnis. Beberapa manfaat machine learning antara lain:

  • efisiensi yang lebih tinggi, seperti dapat merekomendasikan tugas-tugas yang akan memakan waktu

  • pengambilan keputusan yang lebih baik, dengan memberikan wawasan dan rekomendasi berdasarkan hasil analisis data

  • personalisasi untuk produk atau layanan tertentu

  • peningkatan terus menerus yang dapat terus belajar seiring perkembangan waktu

Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Algoritma Machine Learning

Seperti yang telah diketahui bahwa machine learning merupakan salah satu bagian penting dalam proses analisis data. Machine learning ini memiliki berbagai algoritma yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Terdapat beberapa macam algoritma yang sering digunakan oleh para praktisi data.


Beberapa diantaranya adalah algoritma Naive Bayes Classifier, Support Vector Machine, K-Means, K-NN, Decision Tree, Artificial Neural Network, Random Forest, Fuzzy C-Means, regresi linier,  dan masih banyak lainnya. 

Data Engineer


3. Model Machine Learning

Machine learning dalam penggunaannya memiliki berbagai model yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa model machine learning tersebut antara lain:

  • supervised learning, model machine learning yang cara kerjanya dengan dilatih untuk dapat mengenali pola antara data input dan data output

  • unsupervised learning, model machine learning yang dirancang untuk dapat belajar sendiri tanpa melatih algoritma untuk mengenali pola dalam data

  • reinforcement learning, model machine learning yang dapat membuat agent software dan mesin bekerja secara otomatis dengan tujuan menentukan perilaku yang ideal agar dapat memaksimalkan hasil kerjanya

Machine Learning


4. Contoh Machine Learning

Machine learning model memiliki berbagai kelebihan yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan. Machine learning pun telah diterapkan oleh berbagai keperluan. Beberapa contoh penerapan machine learning antara lain seperti virtual assistant atau asisten pribadi,  face recognition atau pengenalan wajah yang sering digunakan pada smartphone, rekomendasi produk di marketplace, cybersecurity sebagai upaya untuk melindungi sistem teknologi, dan lainnya.

Machine Learning


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Machine learning sebagai bentuk kecanggihan teknologi yang perlu dipelajari dasar-dasarnya dari sekarang. Algoritma machine learning dapat dipelajari secara singkat di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login