TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 11 Jam 3 Menit 30 Detik

Machine Learning Specialist, Karir Hot Sampai 2025

Belajar Data Science di Rumah 05-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/52da413982108e66a9732edc316331f5_x_Thumbnail800.jpeg

Perkembangan digital membuka peluang besar bagi pekerjaan di bidang teknologi informasi (IT). Salah satu profesi yang lahir dari pesatnya perkembangan digital dan sistem otomatisasi penggunaan teknologi adalah Artificial Intelligence dan Machine Learning Specialists. Konon kabarnya, dilansir dari Detik bahwa profesi Artificial Intelligence dan Machine Learning Specialists adalah pekerjaan yang paling banyak dicari hingga 2025. 


Alasan ini didorong berdasarkan studi yang berjudul “AI, Robotics, and Future Jobs” yang dilakukan oleh Pew Research memprediksi bahwa pada dalam dua tahun kedepan sebagian besar pekerjaan manusia mulai diambil alih oleh teknologi AI. Walaupun memang bukan berarti Artificial Intelligence dan Machine Learning dapat sepenuhnya menggantikan posisi manusia yang dapat diajak berpikir sendiri.


Secara detail, AI Specialist merupakan orang yang bertanggung jawab dalam membangun dan mengoptimalkan proses penerapan AI pada suatu sistem perusahaan. AI Specialist perlu menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti Python, R, Java, maupun C++ untuk membangun model AI pada sistem. Tidak hanya itu, AI Specialist dituntut untuk mengubah model machine learning ke dalam Application Programming Interface (API) sehingga aplikasi lain dapat menggunakannya. 


Tidak heran apabila posisi ini dibutuhkan di berbagai bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, logistik, digital technology, manufaktur dan lain-lain. Namun, sahabat DQ perlu tahu nih, kalau Artificial Intelligence dan Machine Learning juga saling berkaitan langsung di ranah industri. 


1. Mengenal Artificial Intelligence

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan suatu sistem komputer yang dirancang agar dapat memiliki kecerdasan layaknya manusia agar dapat terus meningkatkan kemampuannya berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan. Mungkin sebagian besar dari kita mengetahui bahwa salah satu contoh penerapan dari AI adalah robot atau asisten virtual. Namun tidak hanya itu, AI sudah sangat sering diterapkan dalam berbagai hal. Sama seperti manusia, dalam prosesnya Ai juga memerlukan data atau informasi


Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Mengenal Machine Learning

Machine learning (ML) atau mesin pembelajar merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan. ML ini sering digunakan untuk memprediksi hasil di masa mendatang berdasarkan data historis yang ada. Hasil prediksi tersebut dapat diambil sebagai dasar dalam membuat keputusan bisnis. Machine learning ini diterapkan dengan menggunakan landasan ilmu matematika, statistika, data mining, dll. Dalam penerapannya, machine learning pun memiliki berbagai algoritma yang dapat digunakan untuk permasalahan tertentu. 


Machine Learning



3. Tugas Artificial Intelligence Specialist

Sederhananya, AI Specialist adalah seseorang yang memahami berbagai jenis teknologi dan alat yang tersedia di sektor AI. Mereka bekerja dengan perusahaan dan organisasi lain untuk menemukan metode baru dan inovatif dalam menerapkan jenis teknologi ini ke dalam operasi harian mereka.


Machine Learning


Misalnya, mereka dapat membuat sistem yang mengumpulkan informasi tentang kebutuhan karyawan dan menerjemahkan hasilnya dengan cara yang mudah untuk meningkatkan proses pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Jadi, apa artinya semua itu bagi kita?


Pakar AI sangat berharga bagi merek yang ingin menjadi yang terdepan dalam memanfaatkan metode pemasaran revolusioner. Kemungkinan-kemungkinan baru dan menarik muncul setiap saat dan orang-orang hebat ini bekerja keras untuk tetap mengetahui apa yang sedang terjadi dalam industri ini.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


4. Tugas Machine Learning Specialist

Machine Learning Specialist adalah spesialis perangkat lunak dengan latar belakang matematika yang kuat dan pengetahuan tentang pengkodean, yang tanggung jawab utamanya adalah:

· Merancang dan mengembangkan pembelajaran mesin dan sistem pembelajaran yang mendalam.

· Menjalankan tes dan eksperimen pembelajaran mesin.

· Menerapkan algoritma Machine Learning yang sesuai.

Machine Learning

Machine Learning Specialist sering kali terlibat dalam pengembangan algoritma dan perangkat AI. Sebagai Machine Learning Specialist, Anda akan mengambil bagian dalam menciptakan dan menerapkan teknologi inovatif, yang berguna di hampir setiap sektor dan industri. Hampir tidak mungkin untuk membatasi deskripsi pekerjaan ini hanya pada satu paragraf, karena melibatkan kerja sama dengan banyak departemen dan perusahaan yang berbeda, dengan penggunaan basis kode yang berbeda.


5. Titik Fokus Artificial Intelligence dan Machine Learning

Diatas tadi sudah dijelaskan tentang artificial intelligence dan machine learning. Kira-kira apa yang membedakan antara AI dan machine learning? Berikut adalah ringkasannya:

  • Tujuannya, umumnya AI bertujuan untuk meningkatkan peluang keberhasilan dan ML bertujuan untuk meningkatkan efisiensi

  • Output, AI memiliki output berupa pengetahuan dan ML memiliki output berupa data.

  • Titik Fokus, AI berfokus dalam memaksimalkan peluang keberhasilan dan ML berfokus pada akurasi dan pola

  • Algoritma, AI meniru kemampuan manusia dalam merespons suatu hal dan ML mampu membuat algoritma sendiri untuk proses belajar

Machine Learning


Artificial intelligence dan Machine learning merupakan hal yang sangat lumrah di telinga kita terutama di era teknologi yang semakin canggih ini. Jadi kamu jangan sampai ketinggalan untuk menggali ilmu-ilmu yang mendukung keduanya ya! caranya cukup mudah, kalian bisa mulai belajar dari dasar di DQLab yang menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar. 


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan. Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id dan nikmati belajar data science DQLab. 


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :