SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 28 Menit 31 Detik

Manfaat Artificial Intelligence Bantu Efektifitas Kerja

Belajar Data Science di Rumah 30-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-09-2024-05-30-204228_x_Thumbnail800.jpg

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan termasuk salah satu bentuk kecanggihan teknologi yang perlu kita ketahui agar tidak ketinggalan informasi terhadap perkembangan zaman. Artificial intelligence tentu memiliki kelebihan dan kekurangan bagi penggunanya. Tahukah kalian bahwa manfaat artificial intelligence ini telah banyak digunakan di berbagai bidang. Pada artikel kali ini khususnya kta akan mengenali apa saja manfaat artificial intelligence yang bisa kalian ketahui.


Artificial intelligence biasa disingkat menjadi AI. AI memiliki beberapa cabang yaitu machine learning, deep learning, neural network, computer vision, dan lain-lain. Penerapan artificial intelligence snagat memantukegaiatn manusia dalam kesehariannya. Salah satu keunggulan artificial intelligence antara lain adalah kemampuannya dalam memproses data menjadi lebih cepat dan akurat. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait manfaat AI, yuk simak bersama artikel berikut ini!


1. Otomatisasi Tugas

Keberadaan artificial intelligence memberi kemudahan di berbagai aspek. Salah satu manfaat artificial intelligence adalah bisa mengotomatisasi tugas.Otomatisasi adalah sebuah teknik yang membuat tools, proses atau sistem beroperasi secara otomatis. Beberapa contoh proses otomatisasi adalah penggunaan sistem manajemen basis data, penggunaan sistem penerbitan desktop, penggunaan sistem pengolahan data, dan penggunaan sistem spreadsheet.

Artificial Intelligence

Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Analisis Data yang Cepat

Analisis data adalah suatu proses menguraikan, menginterpretasikan dan mengolah data yang awalnya mentah menjadi informasi yang berharga. Adanya artificial intelligence ini bisa membantu proses analisis data menjadi lebih cepat terutama saat mengatasi big data. Beberapa langkah analisis data antara lain mengumpulkan data, membersihkan data, menganalisis data, dan menginterpretasi hasil analisis data.

Artificial Intelligence


3. Meningkatkan Akurasi

pada saat menganalisis data, diperlukan algoritma yang bisa digunakan untuk membantu proses pengolahan data. Algoritma yang sering digunakan antara lain algoritma machine learning yang termasuk bagian dari artificial intelligence. Penggunaan algoritma ini memberi kemudahan kepada penggunanya. Salah satu keuntungannya adalah bisa meningkatkan akurasi dari hasil analisis data dan bisa dievaluasi untuk kedepannya.


4. Meningkatkan Produktivitas

Dalam melakukan pekerjaan, diperlukan produktivitas kerja. Terdapat beberapa hal yang bisa menunjang produktivitas kerja. Kita bisa memanfaatkan teknologi artificial intelligence untuk menunjang hal tersebut. Kini telah tersedia banyak teknologi AI yang bisa digunakan antara lain seperti beautiful.ai, futurepedia, noty.ai, quest AI, hints aI, magical AI, dll. Dengan menggunakan bantuan teknologi AI pekerjaan bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

Artificial Intelligence

sumber: fingerspot


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Artificial intelligence atau kecerdasan buatan bukanlah sesuatu yang asing dan bisa dipelajari oleh siapapun. Kita bisa mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan artificial intelligence di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login