JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 1 Jam 40 Menit 33 Detik

Manfaatkan ChatGPT, Cara Mudah Buat CV Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 17-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/95411555-04e3-46dc-8d97-1d59c0a17d09-2023-07-18-014748_x_Thumbnail800.jpeg

ChatGPT merupakan salah satu teknologi yang baru booming di tahun ini. Teknologi ini memungkinkan manusia untuk berinteraksi dengan AI (kecerdasan buatan) layaknya sedang berinteraksi dengan manusia lainnya. Hal ini karena OpenAI membuat chat GPT dengan menggunakan teknologi natural language atau bahasa yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.


Seiring perkembangan zaman, saat ini kita bisa memanfaatkan teknologi ChatGPT untuk membuat CV (Curriculum Vitae) dengan mudah. CV merupakan alat penting dalam mencari pekerjaan, terutama di bidang data yang semakin populer dan berkembang pesat. Memiliki CV yang menonjol dan menarik perhatian dalam bidang data adalah kunci yang bisa digunakan untuk menarik perhatian recruiter. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk membuat CV yang menarik dengan bantuan ChatGPT. Yuk, simak pembahasannya!


1.Tanyakan Komponen Utama dalam CV

Sebelum mulai membuat CV di bidang data, kita harus mengetahui apa saja komponen utama dalam CV. Kita bisa mengajukan pertanyaan kepada ChatGPT terkait hal tersebut. Misalnya, kita bisa bertanya, "Apa saja bagian yang penting dalam CV bidang data?" atau "Bagaimana cara memformat CV agar menonjol dalam bidang data?". Dengan mengetahui komponen utama dalam CV, maka kita bisa meng-highlight di komponen tersebut agar terlihat lebih menarik.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Lihat Format & Tampilan yang Disarankan

Setelah menemukan poin utama yang harus ada dalam CV, kita juga perlu untuk memastikan format dan tampilan CV yang seperti apa yang akan menarik perhatian recruiter. ChatGPT dapat memberikan panduan tentang format dan tampilan yang efektif untuk CV bidang data. Kita dapat menanyakan hal berikut, "Apa jenis format yang disarankan untuk CV dalam bidang data?" atau "Bagaimana saya dapat membuat CV dengan tampilan yang profesional dan menarik?". Nantinya jawaban dari ChatGPT bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat CV yang menarik.


3. Pastikan Konten & Poin Penting dalam CV

Ketika kita akan merancang CV, pertanyaan tentang konten dan poin-poin penting yang harus disertakan dalam CV sangat relevan untuk ditanyakan. Selain itu, kita juga bisa menanyakan jenis proyek, teknik, atau bahasa pemrograman yang dapat menarik minat perekrut. Misalnya, kita dapat bertanya, "Apa poin-poin yang harus saya sertakan dalam bagian pengalaman kerja?" atau "Apakah ada keterampilan khusus yang harus saya tampilkan dalam CV bidang data?".


4. Minta Saran untuk Penempatan Setiap Bagian dalam CV

Selain beberapa hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita juga bisa menanyakan kepada ChatGPT tentang cara terbaik untuk mengorganisasikan bagian-bagian tertentu dalam CV yang kita buat. Misalnya saja, kita dapat meminta saran tentang bagaimana mengurutkan pengalaman kerja, pendidikan, atau proyek yang relevan dengan menggunakan pertanyaan, "Apakah lebih baik untuk menekankan pendidikan atau pengalaman kerja dalam CV bidang data?" atau "Bagaimana saya dapat menyoroti proyek yang telah saya kerjakan dalam CV?".


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


ChatGPT adalah inovasi yang menarik yang memberikan pengalaman berinteraksi yang menarik dengan teknologi kecerdasan buatan. Kita dapat memanfaatkan ChatGPT secara efektif untuk mendapatkan jawaban, saran, dan informasi yang berguna. Namun, yang harus dijadikan catatan penting bahwa ChatGPT tetap merupakan alat dan pengetahuan serta kebijaksanaan manusia tetap menjadi kunci dalam mengevaluasi dan menggunakan respons yang diberikan oleh ChatGPT.


Untuk merasakan sensasi belajar dengan ChatGPT, kamu mungkin bisa mencoba untuk membeli modul di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login