PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 56 Menit 27 Detik 

Memahami Bahasa R untuk Jadi Data Professional Part 1

Belajar Data Science di Rumah 21-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f31fc05c59987501abdb4dedbca11fcb_x_Thumbnail800.jpg

Tahukah kamu apa itu R? Bahasa R adalah bahasa pemrograman dan software pengolah data. Bahasa R diciptakan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentlemen. Oracle memperkirakan ada lebih dari 2 juta pengguna R pada tahun 2012.


Oleh karena itu R menjadi salah satu bahasa pemrograman yang penting untuk data science dan penggunanya terus meningkat sekitar 40% setiap tahunnya. Banyak perusahaan yang saat ini menggunakan R untuk menunjang kinerja sehari-hari. 


Sebenarnya masih banyak bahasa pemrograman lainnya yang digunakan para developer. Tapi kenapa harus bahasa R yang harus digunakan untuk data science? Nah, ada beberapa alasannya yaitu karena bersifat open source atau gratis, dapat digunakan di sistem operasi manapun, memiliki fitur untuk statistika yang cukup lengkap, serta dilengkapi dengan berbagai package seperti untuk visualisasi data, data wrangling, dan lainnya. 


Selain itu R juga memiliki komunitas aktif dalam berbagi ilmu dan pengalaman menggunakan R untuk berbagai  kebutuhan, contohnya seperti di Twitter. Jadi bisa dibilang R ini wajib dikuasai calon talenta data. Nah, untuk menjawab kebutuhan pemahaman bahasa R, DQLab menyediakan module "R for Data Professional Part 1."


Kompetensi yang kamu dapatkan dengan mengerjakan module tersebut adalah sebagai berikut:

  • Mampu memahami apa itu R baik sebagai bahasa dan sistem perangkat lunak yang fokus mengolah data

  • Mengenal nilai literal dasar 

  • Mengenal operasi matematika

  • Mampu menggunakan variable pada R untuk menyimpan nilai literal dan hasil operasi matematika

  • Mengenal fungsi dan penggunaan parameter fungsi di R

  • Mampu menggunakan fungsi dasar matematika seperti fungsi pangkat, faktorial dan rnorm

  • Mampu mengenal secara awal berbagai tipe data terutama tipe data utama numerik, teks dan tanggal pada R 


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, R ini sangat membantu dalam proses analisis yang umumnya menggunakan metode-metode statistik dan juga data yang tidak sedikit. Disamping itu, R juga dikenal dengan kemampuannya dalam memvisualisasikan data. 


Pada artikel kali ini DQLab akan lihat sneak peak dari module R for Data Professional untuk sahabat data. Yuk, simak sampai akhir!


1. Operasi Matematika dengan R

R

R dikenal dengan kemampuannya sebagai tools pengolah data. Operasi matematika merupakan aktivitas yang bisa dikerjakan dengan R. Operator matematika dasar yaitu sebagai berikut.

  • Penambahan ( + )

  • Pengurangan ( - )

  • Perkalian ( * )

  • Pembagian ( / )

  • Eksponen ( ^ )

  • Modulo ( %% )


Nah, operator ini bisa kamu terapkan di environment R. Contohnya kamu ingin melakukan beberapa operasi matematika dasar yaitu penjumlahan, pembagian, modulus, dan perkalian. Maka codenya bisa dituliskan sebagai berikut.

#Berapa Hasil dari 15 + 46

15 + 46


#Berapa Hasil dari 65 / 13

65 / 13


#Berapa Hasil dari 28 %% 5

28 %% 5


#Berapa Hasil dari 4 ^ 5

4 ^ 5


Kemudian coba jalankan potongan codes tersebut. Mudah, bukan?


Baca juga : Kursus Belajar Data dengan Bahasa R Untuk Pemula


2. Variabel Pada R

bahasa R

Apa itu variabel? Variabel merupakan tempat menampung data di memori yang mempunyai nilai yang dapat berubah-ubah selama proses develop program. Contohnya seperti berikut:

bahasa R

Dari gambar bisa kita lihat ada dua variabel. Betul sekali, tinggi_badan_cm dan berat_badan_kg adalah variabelnya. Pemberian nilai pada suatu variabel bisa menggunakan tanda <-. Atau juga bisa menggunakan tanda sama dengan ( = ).


Ini dapat memudahkan perhitungan nantinya karena kita tinggal mendeklarasikan atau memanggil variabelnya saja ketika diperlukan. Kita juga bisa mengecek apakah R sudah menyimpan nilai dari variabel yang sudah dibuat sebelumnya.


Caranya mudah, kamu cukup memanggil variabel yang ingin kamu cari contohnya seperti berikut.

R

Output yang dihasilkan adalah 165 sesuai dengan nilai yang tersimpan dalam variabel tersebut. 

Kamu juga bisa menyimpan nilai dalam variabel kemudian menjumlahkannya menggunakan operator matematika. Contohnya seperti berikut.

bahasa R


Bagaimana sahabat DQ? Makin seru belajar R? Yuk, kita lanjut ke pembahasan selanjutnya!


3. Tipe Data Dasar Dalam R

R

Tipe data adalah hal krusial yang wajib kamu kuasai ketika belajar data. Pemahaman tipe data yang benar akan sangat membantu ketika kita mengembangkan program. Karena jika salah menerapkannya, bisa terjadi error pada program. Beberapa tipe data dalam R yaitu sebagai berikut.


R


Untuk lebih jelasnya, kita simpan tipe data yang berbeda ini ke dalam suatu variabel seperti contoh dibawah ini.

bahasa R


Kamu juga bisa mengecek nilai dari variabel yang sudah dibuat sebelumnya apakah sudah tersimpan atau belum yaitu dengan menggunakan fungsi class(). Penulisan codenya yaitu class(variable). Misalnya kita ingin mengecek data_character maka code yang dituliskan yaitu class(data_character).


4. R Built-In Function

Ketika belajar R kamu juga akan mempelajari tentang function. Apa itu? Function merupakan sekumpulan statements yang disusun sedemikian rupa agar dapat menjalankan suatu tugas tertentu. Untuk pemula yang masih belum paham, agar lebih mudah kamu bisa menggunakan function yang disediakan oleh R yang disebut built-in function yang dibagi menjadi beberapa kategori seperti berikut. 

bahasa R 

Pada penjelasan di tabel terdapat label x. Label x ini disebut sebagai parameter. Parameter merupakan nilai yang diberikan pada function agar dapat menjalankan fungsinya. 


Suatu kumpulan data biasanya tidak terlepas dari data tanggal. Nah, cara membuat variabel berisikan data tanggal cukup unik dibandingkan dengan membuat variabel sebelumnya. Untuk membuat variabel dengan data tanggal kita menggunakan function as.Date yang diisikan 2 parameter, tanggal, dan formatnya.


Contohnya as.Date(œ2021-10-25, œ%Y-%m-%d). œ2021-10-25 disini adalah tanggalnya dan œ%Y-%m-%d merupakan format dari tanggal tersebut. Mungkin sahabat DQ bingung apa arti dari simbol-simbol dalam code tersebut. Penjelasannya ada di tabel dibawah ini.

bahasa R


Baca juga : Belajar Data Science: Bahasa Pemrograman R Cocok untuk Pemula


Kamu juga bisa simak video selengkapnya dibawah ini ya!



Asyik, kan belajar R? Poin-poin yang sudah kita bahas diatas merupakan dasar-dasar yang harus dikuasai dalam belajar R. Dengan pondasi yang kuat akan semakin memudahkan kamu dalam memahami pembelajaran R selanjutnya yang lebih advanced. 


Kamu bisa coba mengulang operasi-operasi sederhana agar tidak lupa. Jangan takut dengan error karena dengan terjadinya error justru membuat kamu semakin belajar. Tertarik belajar R lengkap? Yuk, daftar di DQLab.id untuk akses module R for Data Professional Part 1 secara lengkap. Materi disusun oleh profesional di bidang data sehingga akan memudahkan pemula belajar pemrograman R untuk data science. 


Selamat mencoba!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya 

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :