PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 37 Menit 21 Detik 

Mengenal Fungsi Absolute IF Excel

Belajar Data Science di Rumah 11-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6c98ec4f85ac2cc2fdca721aca5523d0_x_Thumbnail800.jpg

Salah satu rumus yang disediakan oleh Excel adalah rumus if atau fungsi if. Fungsi if ini biasanya digunakan untuk melakukan sebuah uji logika tertentu pada Excel. Jadi cara kerja dari rumus if ini dapat menghasilkan nilai tertentu dengan beberapa kondisi. Jadi ketika kondisi TRUE maka nilai yang dihasilkan adalah benar, sedangkan kondisi FALSE maka nilai yang dihasilkan adalah salah atau nilai lainnya yang akan muncul.


Untuk menggunakan fungsi if ini caranya dengan menggunakan operator pembanding seperti sama dengan (=), kurang dari (<), lebih dari (>), kurang dari sama dengan (<=), lebih dari sama dengan (>=), atau bisa juga kalian memakai operator tidak sama dengan (<>).  Nah pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan fungsi if ini. Jadi simak terus artikel dibawah ini.


1. Penggunaan Rumus IF

Pada dasarnya untuk menggunakan rumus IF ini tidaklah sulit kalian bisa menggunakan rumus seperti berikut:


=IF(logical_test;true_condition;false_condition)

Excel


Logical_test disini memiliki isi nilai atau sebuah kondisi logika yang diinginkan. True_condition sendiri berisikan nilai yang dihasilkan pada logical_test. sedangkan untuk false_condition ini memiliki nilai yang akan dihasilkan dalam kondisi yang tidak memenuhi logical_test. Kalian bisa melihat contoh yang ada pada gambar diatas. Tabel yang dilampirkan menyortir siswa yang lulus dan juga tidak lulus dengan berdasarkan nilai mereka. Syarat untuk lulus itu adalah 75 maka dengan menggunakan rumus if ini mereka yang nilainya dibawah 75 akan berstatus tidak lulus.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus IF dengan AND

Rumus dalam IF yang biasa digunakan adalah kombinasi IF dan juga AND. Nah kombinasi ini bisa kalian gunakan untuk mensyaratkan bahwa siswa mana saja yang harus memenuhi semua syaratnya agar mereka bisa lulus dengan nilai yang sudah ditentukan. Jadi ketika ada satu nilai saja yang dibawah nilai persyaratan, maka siswa tersebut tidak bisa lulus.


Rumus yang digunakan adalah seperti berikut ini : 

=IF(AND(Syarat 1;Syarat 2);”Benar”;”Salah”)

Excel


Jadi, bisa kita lihat bahwa untuk siswa yang lulus rata-rata nilai matematika dan juga IPA nya berada di angka lebih dari 75. Maka dari itu untuk siswa C dan D tidak bisa lulus karena nilai dari salah satu mata pelajarannya dibawah nilai yang sudah ditentukan.


3. Rumus IF dengan OR

Nah selain rumus IF dan juga AND kalian juga bisa memakai rumus kombinasi lainnya yaitu IF dan juga OR. Perbedaan dari rumus sebelumnya adalah persyaratan untuk siswa lulus itu lebih longgar tidak seperti rumus AND yang mengharuskan semua nilai diatas 75. Jika rumus OR ini siswa dapat lulus dengan cara memenuhi salah satu atau seluruh persyaratannya. Untuk rumus dari fungsi ini hampir sama dengan rumus IF dengan AND yaitu seperti berikut : 


=IF(OR(Syarat 1;Syarat 2);”Benar”;”Salah”)

Excel


Jadi dikarenakan syarat lulusnya adalah memenuhi salah satu atau bisa juga dengan cara memenuhi seluruh persyaratan, maka untuk siswa C dan D dapat lulus, karena mereka sudah memenuhi salah satu persyaratannya.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Rumus IF Ganda

Rumus yang bisa kalian pakai selanjutnya ialah rumus IF ganda jika kalian memasang lebih dari satu syarat. Untuk rumus dari IF ganda ini adalah : 

=IF(Syarat 1;IF(Syarat 2;”Benar”;”Salah”);”Salah”)


Untuk IF syarat yang ada di dalam itu berperan sebagai “Benar” dari keseluruhan rumusnya. Jadi ketika syarat 2 tidak memenuhi maka hasilnya akan “Salah”. Begitu juga syarat 1nya jika tidak memnuhi maka hasilnya akan “Salah” juga.

Excel


Disini terlihat kenapa siswa C dan D tidak lulu, ini dikarenakan mereka tidak memenuhi syarat 1 yaitu nilai matematika mereka dibawah nilai kelulusan walaupun mereka memenuhi syarat 2 yaitu nilai IPA.


Tunggu apalagi buruan gabung sesi live class bersama DQLab. Selain materi tentang visualisasi dan storytelling data kamu juga akan mendapatkan materi Excel lainnya mencakup teknik filtering, rumus Excel sederhana dan advance, bahkan melakukan data explorasi dengan menggunakan dataset Drama Korea, lho. Menarik banget kan?

Excel


Yuk, gunakan waktu weekend kamu untuk upgrade skill data science bersama mentor-mentor DQLab yang kompatibel dibidangnya.Selain itu materi dan video recording yang dapat diakses selamanya membuat belajar kamu makin fleksibel. Caranya mudah cukup:

  • Klik Tombol Daftar Sekarang

  • Selesaikan Pembayaran Melalui Midtrans

  • Kamu akan mendapatkan instruksi untuk mengikuti kelas selambatnya 24 jam setelah pembayaran (mohon cek email & whatsapp untuk informasi lebih lanjut)

  • Hubungi CS DQLab di wa.me/6281399253075 jika mengalami kendala atau belum mendapatkan konfirmasi setelah melakukan pembelian.


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :