JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 1 Jam 14 Menit 23 Detik

Mengenal Machine Learning dan 4 Kegunaannya

Belajar Data Science di Rumah 13-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-07-2024-03-16-105816_x_Thumbnail800.jpg

Di tengah era data yang terus berkembang, Machine Learning (ML) telah muncul sebagai tonggak penting dalam evolusi sistem komputer. Machine Learning  membantu sistem untuk belajar dari data yang ada tanpa perlu instruksi langsung dari manusia sekaligus ‘membuka pintu’ bagi kemungkinan yang tak terbatas dalam pengambilan keputusan dan analisis prediktif. Dalam landasan Machine Learning , komputer dapat mempelajari pola yang kompleks dan membuat prediksi cerdas, sehingga keputusan didasarkan pada bukti dan data, bukan pada asumsi semata.


Memahami konsep dasar Machine Learning  bukanlah sekadar tanggapan terhadap perkembangan teknologi, tetapi merupakan kunci untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam berbagai bidang. Mulai dari bisnis hingga riset ilmiah. Dengan teknologi ini, kita dapat mengoptimalkan peran Machine Learning  dalam membentuk masa depan teknologi dan masyarakat yang lebih cerdas dan adaptif.


Meskipun sudah banyak dibahas, namun masih banyak yang tidak paham konsep dari machine learning. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu machine learning beserta empat kegunaannya.


Apa itu Machine Learning?

Machine learning merupakan konsep yang berfokus pada pengembangan algoritma yang memungkinkan komputer untuk belajar dari data dan memperbaiki kinerjanya seiring waktu, tanpa harus secara eksplisit diprogram. Dalam proses pembelajaran, algoritma machine learning menggunakan teknik-teknik statistik untuk mengidentifikasi pola dalam data yang diberikan. Ada berbagai jenis pendekatan dalam machine learning, termasuk supervised learning, unsupervised learning, semi-supervised learning, dan reinforcement learning.


1. Prediksi dan Pemodelan

Machine Learning

Source: samsung.com


Salah satu kegunaan utama dari machine learning adalah dalam pembuatan prediksi dan pemodelan berdasarkan data historis. Dengan menggunakan algoritma machine learning, kita dapat membuat model prediktif yang dapat digunakan untuk memprediksi hasil masa depan berdasarkan data masa lalu. Contohnya adalah prediksi harga saham, prediksi cuaca, atau prediksi kinerja penjualan.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2.  Klasifikasi dan Pengenalan Pola

Machine learning juga digunakan secara luas dalam klasifikasi dan pengenalan pola. Dalam klasifikasi, algoritma Machine Learning  memisahkan data ke dalam kategori atau kelas yang berbeda berdasarkan fitur-fitur yang diberikan. Contoh klasifikasi termasuk klasifikasi email spam, identifikasi gambar, atau klasifikasi dokumen.


Selain itu, dalam pengenalan pola, machine learning membantu mengidentifikasi pola kompleks dalam data, seperti pola pembelian konsumen atau pola perilaku pengguna.

Machine Learning


3. Analisis Data dan Penambangan Pengetahuan

Machine learning juga merupakan tools yang powerful dalam analisis data dan penambangan pengetahuan. Dengan menggunakan algoritma machine learning, kita dapat menggali insights berharga dari data yang besar dan kompleks. Misalnya, pengenalan tren, identifikasi anomali, atau penemuan pola yang menarik. Contoh penggunaannya termasuk analisis risiko kredit, deteksi penipuan, atau analisis sentimen dalam media sosial.

Machine Learning

Source: slide.com


4. Otomatisasi dan Pengambilan Keputusan

Kegunaan terakhir dari machine learning adalah dalam otomatisasi dan pengambilan keputusan. Dengan menggunakan model machine learning, banyak proses dan keputusan yang dapat diotomatisasi berdasarkan data yang diberikan. Contohnya adalah sistem rekomendasi produk, pengoptimalan mesin, atau kendaraan otonom.


Machine Learning


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Dengan berbagai kegunaannya yang luar biasa, machine learning tidak hanya menjadi alat tambahan, tetapi juga fondasi yang mengubah fundamental cara kita berinteraksi dengan teknologi dan membuat keputusan. Dari prediksi yang lebih akurat hingga pemodelan yang lebih kompleks, kemampuan Machine Learning  telah memberikan kemajuan yang signifikan dalam berbagai bidang industri, termasuk bisnis, kesehatan, finansial, dan banyak lagi.


Yuk bangun portfolio machine learning kamu dengan berbagai project yang menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login