GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 9 Menit 28 Detik 

Mengenal Pekerjaan Data Scientist, Profesi dengan Prospek Cerah

Belajar Data Science di Rumah 05-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4faa3fd9990bea602e7ca38887853bfb_x_Thumbnail800.jpg

Pekerjaan Data Scientist adalah salah satu profesi yang diklaim menjadi primadona di abad 21 oleh banyak pakar dari perusahaan besar di dunia salah satunya Laurence Bradford pada tulisannya di majalah Forbes. Pekerjaan Data Scientist muncul bersamaan dengan pertumbuhan Big Data. Saat ini, data data yang tersebar tidak hanya harus dikumpulkan dan ditampilkan dalam grafik maupun diagram. Perusahaan membutuhkan seorang yang mampu menganalisis data, memiliki rasa keingintahuan yang besar, dan mampu menerjemahkan data menjadi informasi yang menguntungkan.

Disinilah pentingnya seorang Data Scientist mempelajari Data Science, karena ilmu Data Science tidak mengenal background pendidikan dan pada era digital transformation saat ini dibutuhkan di semua lini bisnis. Hasil yang ditemukan oleh seorang Data Scientist akan mempengaruhi keputusan bisnis. Disinilah Data Scientist menjadi salah satu profesi kerja yang menarik untuk digeluti. Lalu seperti apa sih bidang pekerjaan ini? Jika kamu tertarik dengan profesi ini, yuk kita simak bersama penjelasan berikut!


1. Deskripsi Profesi Data Scientist

Ibarat pilot, Data Scientist adalah orang yang berada dibalik kendali teknologi pengolahan data. Tanggung jawabnya luas dari analisis hingga memperoleh insight atau rekomendasi untuk pengembangan bisnis. Data Scientist akan diminta mengubah data yang rumit ke dalam format yang lebih mudah dibaca. Informasi yang dihasilkan setelah itu dapat menjadi dasar rekomendasi dan alat pendukung keputusan perusahaan untuk meningkatkan nilai bisnis, mulai dari pengembangan produk, metode pemasaran, dan strategi bisnis.

Profesi ini mengandalkan keahlian analisis data seperti menggabungkan data dari bermacam sumber dan memastikan konsistensi dataset, memilih faktor atau algoritma yang mempengaruhi hasil prediksi, serta membuat infografis untuk mempermudah para pengambil keputusan dalam memahami data.

Berdasarkan penjelasan diatas Data Scientist memiliki kategori tanggung jawab di berbagai perusahaan, berikut beberapa contohnya :

  • Membuat pemodelan untuk data berskala besar

  • Menganalisis data-data yang dimiliki perusahaan

    • Memberikan masukkan untuk pergerakan perusahaan based on data


    Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


    2. Data Scientist Tidak Hanya dari Background IT

    Profesi Data Scientist bisa dijajal oleh siapa saja dari rumpun ilmu apa saja. Kebutuhan belajar Data Science secara praktis, aplikatif, dan fleksibel tentu menjadi hal utama bagi kamu yang ingin berkarir sebagai praktisi data. Hadirnya platform belajar secara online, tentu mempermudah kamu dalam mengenal dunia Data Science. DQLab sebagai platform edukasi data secara online, siap menjadi teman belajar untuk kamu yang ingin memulai karir sebagai seorang Data Scientist.

    Tanpa latar belakang IT pun, kamu tetap bisa belajar Data Science secara mudah dan menyenangkan bersama DQLab. Platform belajar DQLab mengajak kamu untuk mengakses modul dan project yang tersedia, guna membantu kamu dalam belajar Data Science secara terstruktur.

    Salah satu kompetensi yang perlu dipersiapakan dengan matang adalah bahasa pemrograman diantaranya Python, tools visualisasi data Tableau dan juga Machine learning.

     

    3. Prospek Karir Data Scientist di Masa Depan

    Di Indonesia sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang bergerak dalam bidang telekomunikasi dan perbankan serta berbagai startup menggunakan jasa Data Scientist dan menjadikannya sebagai salah satu posisi penting di manajemen mereka. Salah satu alasan profesi ini mendapat posisi teratas adalah karena gaji rata-rata untuk orang yang berperan adalah $ 130.000. Studi LinkedIn juga melihat kemungkinan bahwa orang bisa mendapatkan promosi sebagai Data Scientist dan memberikan skor kemajuan karier sembilan dari 10. 

    Minat terhadap profesi Data Scientist mengalami peningkatan di berbagai belahan dunia pada tahun 2020. Laporan tenaga kerja versi LinkedIn menyatakan bahwa permintaan untuk tenaga-tenaga Data Scientist profesional di Amerika Serikat telah meningkat 6 kali lipat dibanding 5 tahun lalu. Karena itu, selama 5 tahun ke depan, pekerjaan Data Scientist akan menjadi posisi yang paling dicari. Hal ini juga dikonfirmasi oleh IBM dengan klaim bahwa permintaan terhadap pekerja Data Scientist, Data Developer, dan Data Engineer akan menyentuh angka 700 ribu sampai tahun 2020.


    Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


    4. Yuk Mulai Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       

    Sahabat DQ ingin menjadi Data Scientist? Bisa banget

    Mulai bangun kompetensi Sahabat DQ dengan belajar dasar data science bersama DQLab yuk! Caranya mudah sekali, Sahabat DQ hanya perlu sign up di DQLab.id atau bisa langsung isi form dibawha ini.

    Selain belajar dasar dari data science untuk memulai karir menjadi data scientist, Sahabat DQ juga berkesempatan untuk membangun portfolio data dari project yang tersedia di DQLab.

    Tunggu apa lagi? Yuk, sign up di DQLab dan mulai bangun kompetensimu!


      Penulis : Salsabila Miftah

      Editor : Annissa Widya Davita


        Postingan Terkait

        Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!