Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Mengenal Peran & Tanggung Jawab Utama Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 25-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-02-2024-02-23-183247_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist merupakan suatu profesi yang dibutuhkan kontribusinya untuk mengembangkan sebuah organisasi atau perusahaan. Dalam pekerjaan nya, Data Scientist akan berhadapan dengan data, terutama data yang bervolume besar dan beragam bentuknya. Data-data ini akan dijadikan sebagai dasar dalam menemukan informasi yang bisa bermanfaat untuk keberlangsungan perusahaan, termasuk dalam meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan.


Peran Data Scientist dalam perusahaan akan sangat dirasakan di bidang Artificial Intelligence dan analisis data. Mereka bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan dan menginterpretasikan data untuk membantu organisasi atau perusahaan membuat keputusan yang lebih baik. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa job description utama dari seorang Data Scientist. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pengumpulan dan Persiapan Data

Data Scientist

Salah satu tugas utama dari Data Scientist adalah mengumpulkan data dari berbagai sumber, baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Data Scientist tidak bisa asal mengambil data yang akan digunakan untuk analisis, mereka perlu memastikan kevalidan dan relevansi dari data tersebut dengan masalah yang sedang dihadapi. 


Tidak hanya itu, mereka juga bertanggung jawab untuk mempersiapkan data dengan cara membersihkan, mengatasi data kosong, serta menyamakan formatnya. Hal ini karena data yang dikumpulkan biasanya masih berbentuk data mentah yang tidak bisa langsung dianalisis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Analisis dan Interpretasi Data

Data Scientist

Setelah data siap untuk dianalisis, Data Scientist akan memilih berbagai teknik analisis data untuk mengidentifikasi pola dan tren yang relevan. Pada tahapan ini, mereka akan melibatkan beberapa langkah, seperti:

  • Analisis Statistik: Teknik statistik akan digunakan untuk mengidentifikasi pola dan tren yang relevan.

  • Analisis Visual: Selain menggunakan teknik statistik, data juga bisa dianalisis menggunakan visualisasi data untuk menentukan pola dan tren yang relevan.

  • Analisis Prediktif: Data dianalisis menggunakan teknik analisis prediktif untuk membuat prediksi tentang masa depan.


3. Pengambilan Keputusan dan Rekomendasi

Data Scientist

Setelah analisis selesai, Data Scientist dapat menggunakan hasilnya untuk membuat rekomendasi dan membuat keputusan yang lebih baik. Untuk pengambilan keputusan, Data Scientist akan menggunakan hasil analisis untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang strategi bisnis, pengembangan produk, dan lain-lain. Sementara untuk rekomendasi, Data Scientist dapat memberikan rekomendasi tentang langkah-langkah yang dapat diambil berdasarkan hasil analisis.


4. Komunikasi dan Kolaborasi

Data Scientist

Data Scientist tidak hanya bekerja secara individu, namun mereka juga dituntut untuk bisa bekerja sama dengan berbagai tim dan departemen dalam organisasi untuk memastikan bahwa hasil analisis digunakan secara efektif. Untuk bisa bekerjasama dengan baik, mereka harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, yang ditandai dengan kemampuan untuk menyampaikan hasil temuannya dengan bahasa yang lugas serta kemampuan dalam mendengarkan lawan bicaranya agar bisa menangkap apa yang disampaikan. 


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Data Scientist adalah peran yang penting dalam dunia Artificial Intelligence dan analisis data. Mereka bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk membantu organisasi membuat keputusan yang lebih baik. Untuk bisa menjadi Data Scientist, setidaknya kamu harus bisa memiliki pemahaman akan ilmu Data Science. Nah, tidak perlu bingung harus belajar dimana, karena DQLab menyediakan banyak modul yang berkaitan dengan Data Science. 


DQLab merupakan platform belajar online dengan fokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI). Platform ini telah menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Selain itu, materi yang ada di DQLab telah dibuat menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login