FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 26 Menit 15 Detik 

Menjadi Data Scientist dengan Pendidikan Formal

Belajar Data Science di Rumah 10-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8a8181fcc7458d9123c4b1d6dcd78d89_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah orang yang menganalisis dan mengumpulkan data dengan tujuan untuk mendapatkan kesimpulan atau pemahaman yang lebih dalam mengenai data. Dengan 2,5 quintillion byte data yang dihasilkan per hari, kebutuhan mengenai data scientist terutama dalam bisnis terus meningkat. 


Fenomena ini terjadi karena bisnis memanfaatkan data untuk membuat keputusan yang tepat. Perusahaan mengandalkan keterampilan teknis para data scientist untuk mengubah data mentah menjadi visualisasi yang dapat dimengerti oleh stakeholder yang tidak mengerti data.


Data scientist memadukan pengetahuan matematika dan ilmu komputer untuk memproses dan mengolah data menjadi insight yang berharga bagi keberlangsungan perusahaan. 


Seorang data scientist akan mensupport perusahaan agar bisa mengoptimalkan sumber daya yang ada dengan efektif dan efisien. Data scientist bisa berasal dari berbagai latar belakang pendidikan seperti matematika, ilmu komputer, dan bisnis.


Beberapa perguruan tinggi menawarkan program gelar data science atau sertifikasi program karena pertumbuhan dan permintaan lapangan yang sangat tinggi. 


Selain itu, bagi seseorang yang tertarik berkarir menjadi data scientist  dapat mendaftar bootcamp atau kursus online untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan di lapangan. Selain cara-cara tersebut, kita juga bisa memperdalam skill data science dengan mengenyam pendidikan formal. Bagaimana caranya? Yuk kita simak bersama!


1. Ragam Jurusan dengan Prosepek Kerja Bidang Data

Step pertama yang harus dilakukan untuk menjadi data scientist dengan pendidikan formal adalah dengan belajar di perguruan tinggi. Gelar ini bisa menjadi senjata bagi kita untuk posisi entry-level di role data scientist.


Beberapa jurusan yang bisa mendorong kita adalah computer science, teknologi internet, matematika, statistika, dan jurusan science lainnya. Saat ini gelar sarjana tidak hanya didapatkan secara offline, ada juga universitas yang menawarkan belajar online. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan, budget dan waktu yang kamu miliki, ya!

data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Asah Keterampilan

Terkadang ilmu yang didapatkan di universitas lebih difokuskan kepada pendalaman materi. Hal ini menyebabkan kemampuan teknik kita kurang terasah. Oleh karena itu, di sela waktu kosong kita bisa mengikuti kursus tambahan yang berfokus pada praktik sehingga skill teoritis dan praktik kita lebih seimbang.


Saat ini, banyak bootcamp atau platform belajar data science yang bisa kamu ikuti. Skill teknis yang harus kamu kuasai adalah visualisasi data, machine learning, dan cara menggunakan bahasa pemrograman. Ketiga skill teknis ini akan banyak digunakan oleh data scientist sehingga pastikan kamu menguasainya, ya!

data scientist


3. Internship

Internship adalah salah satu cara untuk meningkatkan skill dan menambah pengalaman sebelum menjadi data scientist. Dengan program internship, kita akan belajar cara menghandle berbagai masalah yang ada pada role data scientist.


Untuk membantu mempersiapkan diri dalam wawancara internship data scientist, kita perlu melakukan riset terkait perusahaan yang akan kita lamar. Pahami deskripsi pekerjaan dengan baik dan pelajari bidang perusahaan. Pada program internship ini kita akan banyak belajar real case dalam bidang data.

data scientist


4. Tingkatkan Pendidikan

Jika kita ingin bekerja di posisi data scientist yang lebih tinggi, kita perlu melanjutkan pendidikan terutama di bidang matematika, statistika, atau computer science. Dengan mengikuti pendidikan tambahan, kita akan memiliki pemahaman teoritis yang lebih detail dan penerapan di berbagai bidang yang lebih luas.


Di beberapa perusahaan, selain experience, tingkat pendidikan juga menjadi syarat untuk bisa naik ke posisi yang lebih tinggi.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Selain mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, yuk perdalam skill teoritis dan teknis dengan modul dari DQLab! Modul DQLab dilengkapi dengan materi singkat namun padat, tugas, dan praktik langsung menggunakan live code editor sehingga kita bisa belajar skill lengkap dengan satu modul saja.


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’ dengan bahasa pemrograman R dan Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :