SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 28 Menit 49 Detik

Metode Machine Learning Paling Sering Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 07-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-07-2024-06-07-203928_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning menjadi sebuah alat canggih yang bisa membuat komputer belajar dan membuat prediksi tanpa harus diprogram secara eksplisit. Machine learning ini juga menjadi salah satu cabang dari Artificial Intelligence yang dikembangkan untuk bekerja secara mandiri tanpa adanya perintah dari sang user. Machine learning sudah bekerja di berbagai lini pekerjaan contohnya pada bidang data. Para praktisi data memanfaatkan machine learning ini dalam menemukan pola data untuk melakukan prediksi dan juga melakukan proses training data sesuai dengan apa yang sudah dipelajari oleh machine learning ini.


Dalam machine learning juga memiliki berbagai macam metode. Metode machine learning ini dipilih tergantung dari apa yang diinginkan oleh penggunanya. Untuk memilih metode ini agar tepat diperlukan studi kasus seperti apa yang ingin diselesaikan. Nah, pada artikel kali ini kia akan membahas metode apa saja yang bisa kalian pilih untuk membantu kalian dalam memproses data. Mari kita simak artikel berikut ini!


1. Decision Tree

Decision tree adalah algoritma machine learning yang biasa digunakan untuk mengkategorikan atau membuat sebuah prediksi dari sekumpulan pertanyaan atau tugas yang belum terselesaikan. Algoritma ini juga dinilai sebagai salah satu algoritma yang cukup kuat karena bisa memilih sebuah atribut terbaik untuk bisa memaksimalkan perolehan informasi untuk mengambil keputusan.


Decision tree memudahkan praktisi data dalam mengambil keputusan dengan menetapkan kemungkinan kesimpulan dari beberapa macam pilihan. Dengan menggunakan Decision tree ini, sebuah bisnis bisa membuat suatu keputusan yang lebih tepat dan mengurangi risiko finansial di dalam perusahaan. 

Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Random Forest

Random forest adalah algoritma machine learning yang menggabungkan beberapa decision tree untuk mencapai hasil yang lebih akurat dan stabil. Algoritma ini menggunakan teknik ansambel yang dimana beberapa penggolongan atau biasa disebut dengan classifiers digabung untuk memberikan solusi terhadap masalah yang kompleks.


Hasil dari random forest ini nantinya akan dihitung dengan mengambil suara mayoritas atau rata-rata dari semua decision tree. Dengan menggunakan random forest ini, bisnis bisa membuat keputusan yang lebih tepat dan mengurangi risiko finansial.


3. Artificial Neural Networks (ANNs)

Artificial Neural Networks (ANNs) adalah model matematika yang terinspirasi oleh sistem saraf biologis, seperti otak manusia. ANNs digunakan untuk memodelkan kemampuan belajar mesin dan pengambilan keputusan. ANNs ini terdiri dari elemen-elemen untuk memproses informasi yang disebut dengan neuron, unit, sel, atau node. Setiap neuron dihubungkan dengan neuron lainnya dengan sebuah connection link yang direpresentasikan dengan weight. Metode untuk menentukan nilai weight ini disebut dengan training, learning, dan algoritma. 

Machine Learning


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Principal Component Analysis (PCA)

PCA adalah teknik analisis statistik multivariat yang digunakan untuk mengungkap pola, mengurangi dimensi, dan mengeksplorasi struktur dalam data. PCA ini memiliki fungsi sebagai dasar dari analisis data multivariat yang menerapkan metode proyeksi.


Komponen utama dari PCA ini diperoleh dengan menggunakan kovarians dan kovarians antara variabel-variabel. PCA ini memiliki manfaat untuk membantu mengungkap pola tersembunyi dalam data, mengurangi dimensi data tanpa mengurangi informasi penting, dan juga digunakan dalam berbagai macam industri, seperti kimia, biologi, dan juga bisnis.


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login