PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 21 Jam 48 Menit 13 Detik 

Mode Operasi Populer pada Python

Belajar Data Science di Rumah 07-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/35855a6fed1575b7471b1921436cd04d_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dengan semantik yang dinamis. Sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi, Python dipercayakan oleh Data Enthusiast karena keterbacaan kode dan pengguna dapat mengekspresikan hanya dengan sedikit baris kode.


Ketika menjalankan suatu program, tentunya bahasa tersebut harus diubah bentuknya agar dapat diterima dan diproses oleh komputer.


Seperti semua bahasa pemrograman lain, Python juga dapat ditulis menggunakan terminal atau command prompt tetapi jika kamu menggunakan IDE atau menginginkan perangkat lunak antarmuka pengguna grafis di mana kamu dapat menulis kode dan dapat men-debug kode dengan mudah maka itu lebih baik bukan?


Itulah mengapa memilih IDE yang tepat merupakan bagian yang tidak terpisahkan ketika kita sedang menginstall Python.

Pada artikel kali ini, DQLab akan berbagi mengenai beberapa cara yang perlu kamu coba atau gunakan ketika melakukan operasi pemrograman menggunakan Python. Yuk simak penjelasan berikut!


1. Eksekusi Python Melalui Interactive Mode

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang dieksekusinya menggunakan interpreter. Setiap bahasa pemrograman high level (yang mudah dibaca oleh manusia) akan diubah terlebih dahulu menjadi bahasa mesin (low level). 


Cara merubah high level language dibagi menjadi dua yaitu dengan compiler atau interpreter. Compiler merubah bahasa high level menjadi bahasa mesin dengan membaca keseluruhan blok program kemudian baru dieksekusi. Interpreter merubah bahasa high level menjadi bahasa mesin dengan membaca kode baris perbaris.

python


Python adalah salah satu jenis bahasa yang menggunakan interpreter sehingga untuk menjalankan Python dapat menggunakan mode interaktif (Interactive mode). Interactive mode adalah menjalankan perintah untuk mengeksekusi program atau kode per baris atau ketika tombol Enter di keyboard di jalankan.


Metode ini cocok untuk menjalankan Python untuk kode singkat dan biasanya digunakan pada command prompt atau terminal.


Baca juga: Dasar Coding Python dengan Fitur Live Code DQLab


2. Eksekusi Python Melalui File

Cara kedua dalam mengeksekusi file Python adalah dengan menulis kode di file kemudian dieksekusi melalui cmd atau terminal. Contoh kita ingin menulis beberapa baris menggunakan fungsi print(). Kita menggunakan variabel untuk menyimpan input nama dan alamat kemudian menampilkannya di halaman cmd atau terminal.


Pertama buka editor seperti notepad, notepad++, visual code, sublime, gedit atau yang lain dan ketik kode seperti ini:

print("belajar python bersama dqlab")
nama = "corla"
alamat = "medan"
print("nama saya : "+nama)
print("alamat : "+alamat)


Simpan file dengan format .py. Misalkan namanya bukafile.py. Kemudian buka command prompt atau terminal dan masuk ke dalam folder dimana file bukafile.py disimpan. Misal filenya disimpan di Desktop maka cmd/terminal diarahkan ke desktop.


3. Eksekusi Python Melalui Jupyter Notebook

Salah satu Python IDE yang banyak digunakan adalah Jupyter Notebook yang mana mulai digunakan pada tahun 2004. Jupyter Notebook merupakan aplikasi web berdasarkan struktur server-client yang memungkinkan kita melakukan manipulasi pada notebook yang sedang dijalankan.


Jupyter Notebook terbilang cukup interaktif dan mudah digunakan bagi kamu yang masih pemula.

python

Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat pada Jupyter Notebook :

  • Notebook memiliki dukungan untuk lebih dari 40 bahasa pemrograman, termasuk Python, R, Julia, dan Scala.

  • Code yang digunakan dapat menghasilkan output yang kaya dan interaktif seperti HTML, gambar, video, LaTeX, dan jenis MIME khusus.

  • Manfaatkan Big Data, seperti Apache Spark, dari Python, R, dan Scala.


4. Eksekusi Python dengan Thony IDE

Memilih menginstal Thony IDE berarti tidak perlu lagi menginstal Python secara terpisah. Alasannya karena program IDE ini punya versi terakhir Python sebagai bawaan. Bisa dikatakan, menggunakan Thony IDE merupakan shortcut untuk menggunakan Python.


Untuk menjalankan Python menggunakan Thony IDE, ini langkah-langkahnya:

  • Download dan install Thony IDE di komputer

  • Buka menu File >> New, lalu save file dengan ekstensi .py

  • Tuliskan kode Python untuk program yang ingin dibuat, lalu simpan file

  • Jalankan program yang telah ditulis dengan atau lebih mudahnya tinggal pencet F5


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Bahasa Python sangat direkomendasikan bagi pemula karena selain penggunaannya yang mudah, Python juga bersifat open source atau terbuka untuk public. Kamu bisa dengan mudah mengakses Python untuk mendalami ilmu bahasa pemrograman.


Selain itu, Python memiliki sintaks yang sederhana, sehingga kamu dapat dengan mudah paham ketika mempelajari bahasa pemrograman ini. 


Dengan bergabung bersama platform edukasi online DQLab, kamu berkesempatan untuk belajar secara langsung bagaimana penerapan Python di dunia pemrograman. Selain mendapatkan ilmu secara langsung, kamu juga bisa mendapatkan feedback langsung dari praktisi data terkait materi yang sedang diulas bersama.


Caranya cukup mudah loh, yaitu langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati modul gratis DQLab. Selain bahasa Python, terdapat bahasa pemrograman lainnya seperti R, Excel dan SQL.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :