3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 45 Menit 32 Detik

Mudah! Yuk Gunakan AI ChatGPT untuk Belajar SQL

Belajar Data Science di Rumah 06-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-09-2024-02-06-154129_x_Thumbnail800.jpg

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence kini semakin banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Begitu juga untuk memahami query SQL terutama bagi pemula yang tidak memiliki dasar ilmu yang relevan. Salah satu produk AI yang bisa diandalkan untuk belajar mandiri adalah ChatGPT.


Contoh tools hasil artificial intelligence satu ini dapat secara real-time menjawab setiap pertanyaan text-based yang SahabatDQ ajukan. Dengan membuat prompt yang tepat, kalian bisa memahami query SQL dengan mudah. Bagaimana cara kerjanya? Yuk pelajari langsung di pembahasan berikut ini!


1. Mengenal Konsep SQL

SQL Query (Structured Query Language Query) adalah perintah atau instruksi yang digunakan untuk bisa mengoperasikan database relasional. SQL digunakan untuk mencari, memasukkan, memperbarui, dan menghapus data dalam database. Dengan ini, kalian lebih mudah untuk mengambil informasi dari satu atau beberapa tabel dalam database. 


Sebagai contoh, perintah SQL SELECT digunakan untuk memilih kolom-kolom tertentu dari tabel dan menampilkan hasilnya. Perintah-perintah lainnya seperti INSERT, UPDATE, dan DELETE digunakan untuk menambah, memperbarui, atau menghapus data dalam tabel. Penggunaan SQL Query sangat penting dalam pengelolaan data karena kalian bisa melakukan operasi-operasi kompleks dalam database dengan cepat dan efisien.


2. Keuntungan Memahami Query SQL

Lalu kenapa praktisi data perlu paham query SQL? Berikut dijelaskan beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan.

  • Pengelolaan data yang efisien: Dengan memahami SQL, SahabatDQ dapat mengelola data dengan lebih efisien. Kalian dapat mengambil, memperbarui, menyaring, dan menghapus data dengan cepat dan tepat, sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan operasi-operasi database.

  • Integrasi data: Query SQL membantu kalian untuk melakukan penggabungan data dari berbagai tabel atau sumber data. Hal ini sangat penting ketika praktisi data memerlukan akses ke berbagai jenis data. Dengan pemahaman SQL, kalian dapat mengintegrasikan data dengan mudah untuk analisis yang lebih mendalam.

  • Pemecahan masalah dan analisis data: SQL membantu kalian untuk menyaring dan menganalisis data yang kompleks. Dengan memahami query SQL, kalian bisa menemukan pola, tren, dan informasi bermanfaat lainnya dari data yang tersimpan dalam database, sehingga membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

  • Pembersihan data (data cleansing): Sebelum data dapat diolah dan dianalisis, seringkali perlu dilakukan pembersihan data. SQL membantu kalian untuk mengidentifikasi data yang tidak valid atau tidak lengkap dan menghapusnya atau menggantinya dengan nilai yang benar.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


3. Query Dasar dalam SQL

Ada banyak query SQL yang bisa kalian gunakan tergantung dari kebutuhan olah database. Tapi setidaknya kalian perlu tahu beberapa query dasar berikut untuk bisa menggunakan SQL.

3.1 SELECT

Perintah SELECT digunakan untuk mengambil data dari satu atau lebih tabel. SahabatDQ dapat memilih kolom-kolom tertentu yang ingin ditampilkan dalam hasil query. Contoh penggunaan perintah SELECT:

Artificial Intelligence


3.2 INSERT INTO

Perintah INSERT INTO digunakan untuk menambahkan data baru ke dalam sebuah tabel. Kalian dapat menentukan nilai-nilai yang ingin dimasukkan ke dalam kolom-kolom tabel. Contoh penggunaan perintah INSERT INTO:

Artificial Intelligence


3.3 UPDATE

Perintah UPDATE digunakan untuk memperbarui data yang sudah ada dalam sebuah tabel. Kalian dapat menentukan nilai baru untuk satu atau lebih kolom dalam baris-baris yang memenuhi syarat tertentu. Contoh penggunaan perintah UPDATE:

Artificial Intelligence


3.4 DELETE

Perintah DELETE digunakan untuk menghapus data dari sebuah tabel. Dengan ini, kalian dapat menghapus satu baris atau beberapa baris data yang memenuhi syarat tertentu. Contoh penggunaan perintah DELETE:

Artificial Intelligence


3.5 AND, OR, NOT

Operator logika seperti AND, OR, dan NOT dapat digunakan dalam klausul WHERE untuk membuat kriteria pencarian yang lebih kompleks. AND digunakan untuk memastikan dua atau lebih kondisi harus terpenuhi, OR digunakan untuk memeriksa apakah salah satu dari beberapa kondisi terpenuhi, sedangkan NOT digunakan untuk membalikkan hasil kondisi. Contoh penggunaan operator logika:

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Cara Gunakan ChatGPT untuk Belajar SQL

Nah, untuk mulai belajar SQL kalian bisa menggunakan ChatGPT. Perhatikan contoh berikut untuk memahami cara menggunakannya. Misal kalian memiliki data dengan tabel users dan orders. Karena ChatGPT tidak bisa memahami data dalam bentuk tabel, maka hal pertama yang kalian perlu lakukan adalah mendeskripsikan data tersebut dalam sebuah prompt.


Gunakan prompt seperti berikut.


Artificial Intelligence


ChatGPT akan membantu kalian dengan memberikan data dummy yang bisa digunakan untuk latihan query SQL.

Artificial Intelligence


Selanjutnya, tuliskan prompt lainnya yang berkaitan dengan query SQL. Misal kalian ingin belajar penggunaan SELECT. Berikut contoh prompt yang bisa dipakai.

Artificial Intelligence


ChatGPT akan menjelaskan secara detail sesuai dengan prompt yang kalian inputkan. 

Artificial Intelligence


Kalian juga bisa menggunakan prompt lainnya untuk belajar query SQL yang lebih kompleks. Yuk, eksplorasi lebih jauh lagi penggunaan ChatGPT bersama DQLab. Modul ajar di platform ini dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Jadi, tidak terbatas seperti contoh di atas, nih. DQLab juga mengintegrasikan modul dan ChatGPT , sehingga:

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner dan persiapkan diri untuk mahir membuat code dan menjadi praktisi data yang andal! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :