TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 12 Jam 5 Menit 30 Detik

MySQL Basic untuk Pemula NON IT

Belajar Data Science di Rumah 02-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c06df0d01f626e1498ed08ac1ff15dc1_x_Thumbnail800.jpeg

Memahami MySQL merupakan salah satu skill yang wajib dikuasai oleh seorang praktisi data. Selain digunakan untuk berbagai macam proyek data, MySQL sering digunakan untuk proyek pembuatan website termasuk penggunaan CMS (Content Management System) seperti wordpress, joomla, drupal. Oleh karena itu, tak heran banyak orang yang mulai belajar MySQL untuk berbagai keperluan.


MySQL adalah sebuah database management system (manajemen basis data) menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Language) yang cukup terkenal. MySQL terbagi menjadi dua jenis lisensi, yaitu Free Software (bersifat gratis) dan Shareware (software berpemilik dengan penggunaan yang terbatas).


Pada kesempatan ini, DQLab akan mengulas beberapa alasan mengapa para praktisi data memilih untuk menggunakan MySQL dibandingkan dengan RDBMS lainnya. Tanpa lama-lama lagi, yuk kita kupas bersama tentang MySQL!


1. Alasan Menggunakan MySQL

MySQL adalah salah satu aplikasi RDBMS (Relational Database Management System) yang menggunakan SQL. Pengertian sederhana RDBMS adalah: aplikasi database yang menggunakan prinsip relasional.


SQL


MySQL sendiri adalah program database dari sebuah server yang bisa mengirimkan dan menerima data dengan cepat. Selain itu, kelebihan dari MySQL bisa digunakan multi user. 


Ada beberapa kelebihan yang membuat orang-orang lebih memilih MySQL dibanding database lainnya, salah satunya kelebihannya adalah database ini bisa diakses secara gratis dan berkapasitas sangat besar.


Baca juga : 4 Alasan Pentingnya SQL untuk Data Science 


2. Kelebihan MySQL

Salah satu pertimbangan yang dilakukan oleh para pengguna database server adalah dengan melihat kelebihan dari produknya. Ada beberapa kelebihan MySQL sehingga software ini layak dipertimbangkan untuk dipilih, yaitu:

  • MySQL merupakan sebuah database server yang free, artinya kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa harus membeli atau membayar lisensinya.

  • MySQL mampu menerima query yang bertumpuk dalam satu permintaan atau MultiThreading.

  • MySQL adalah database menggunakan enkripsi password, jadi database ini cukup aman karena memiliki password untuk mengakses nya.

  • MySQL memiliki kecepatan dalam pembuatan tabel maupun peng-update-an tabel.

  • MySQL mendukung berbagai tipe data yang bervariasi.


3. Kekurangan MySQL

Meskipun kelebihan yang dimiliki oleh MySQL lumayan banyak dan terlihat sangat membantu para praktisi data, sayangnya MySQL tetaplah produk buatan manusia yang juga memiliki kekurangan. Selain kelebihan, tentunya kekurangan ini juga wajib dipertimbangkan oleh para pengguna sebelum memutuskan untuk menggunakan MySQL.

Beberapa kekurangannya adalah:

  • Kurang mampu untuk mengelola database dalam jumlah besar.

  • Tidak begitu cocok untuk aplikasi game dan mobile.

  • Karena bersifat open source, technical support nya menjadi kurang bagus.


4. Komponen MySQL

Dalam MySQL terdapat tiga jenis komponen di dalam menuliskan sebuah perintah pada SQL yang merupakan bahasa yang bisa digunakan untuk melakukan operasi tertentu dalam database dan juga membuat database itu sendiri.


Tiga jenis komponen ini adalah DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), dan juga DCL (Data Control Language).

SQL

Langkah pertama kamu harus pahami perbedaan DDL, DML dan DCL. Dimana DDL (Data Definition Language) merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pendefinisian suatu struktur database. Fungsi DDL terdiri dari: CREATE, RENAME, ALTER, dan DROP.


Sedangkan DML (Data Manipulation Language) merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi atau pengolahan data dalam table. Yang terdiri dari fungsi SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE.


Sementara DCL (Data Control Language) yang biasa digunakan untuk merubah hak akses dan isu lain yang berhubungan dengan keamanan database dengan fungsi, GRANT dan REVOKE.


Baca juga : Kenali Peran Penting Role SQL dalam Data Science, Yuk Intip Pembahasannya 


SQL termasuk bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh para praktisi data. DQLab bisa menjadi pilihan tempat belajar SQL dan juga bahasa pemrograman lainnya seperti R dan Python.


Ada banyak modul SQL yang disediakan oleh DQLab untuk member premium, dari level beginner hingga level advanced.


Selain itu, DQLab juga sering mengadakan webinar yang bertemakan Data Science dan biasanya akan gratis untuk membernya.


Tunggu apa lagi, yuk daftar dirimu menjadi member DQLab sekarang juga dan nikmati berbagai fasilitasnya!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :