PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 8 Jam 15 Menit 20 Detik

Optimalkan ChatGPT untuk Bangun CV di Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 16-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-09-2023-09-16-082653_x_Thumbnail800.jpg

Teknologi yang berbasis Artificial Intelligence seperti ChatGPT sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia karena dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang kita ajukan. Di era digital yang semakin maju, banyak teknologi baru yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dengan memanfaatkan metode Natural Language Processing (NLP), ChatGPT ini dapat memahami bahasa yang digunakan oleh manusia dengan mudah.


ChatGPT tidak hanya bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan biasa saja. Namun ChatGPT juga bisa membantu kita dalam membuat CV (Curriculum Vitae), termasuk dalam bidang data. CV sendiri merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan.


CV ini biasanya akan berisi rangkuman skill dan background dari calon kandidat, sehingga untuk bisa menarik minat para recruiter, kita perlu membuat CV yang standout. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang manfaat penggunaan ChatGPT dalam proses pembuatan CV khususnya di bidang data. Yuk, simak pembahasannya!


1.Efisiensi dalam Pembuatan CV

Artificial Intelligence


Salah satu manfaat utama penggunaan ChatGPT dalam proses pembuatan CV adalah dari segi efisiensinya. Kita hanya perlu memberikan informasi dasar yang dibutuhkan, misalnya seperti pendidikan, pengalaman, dan keterampilan yang kita miliki, dan ChatGPT akan membantu menyusun data tersebut menjadi CV yang terstruktur dengan format yang tepat.


Sebisa mungkin kita memberikan data yang lengkap dan detail, agar CV kita bisa langsung digunakan. Dengan begitu, akan sangat memungkinkan bagi kita untuk menghemat waktu dalam pembuatan CV, sehingga waktu tersebut dapat digunakan untuk fokus pada hal yang lebih penting.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Panduan Format yang Tepat

Artificial Intelligence


Proses pembuatan CV untuk bidang data tentu saja tidak akan sama dengan format CV yang digunakan pada bidang lainnya. Dengan memanfaatkan ChatGPT, maka kita akan mendapatkan 


gambaran serta panduan panduan dalam mebuat CV dengan format yang umum digunakan dan menarik dalam industri data. Dalam hal ini juga termasuk cara meng-highlight project data yang pernah dikerjakan, keterampilan pemrograman, serra pengalaman analisis data dengan cara yang paling efektif.


3. Relevansi dengan Posisi Pekerjaan

Artificial Intelligence

Bidang data tidak hanya terbatas pada satu role saja melainkan sangat beragam. Pada dasarnya, setiap posisi pekerjaan di bidang data akan memiliki kualifikasi yang berbeda. Dengan memanfaatkan ChatGPT, maka kita dapat memastikan bahwa CV yang kita buat telah relevan dengan posisi pekerjaan yang akan kita lamar.


Kita dapat meminta saran kepada ChatGPT tentang cara menonjolkan keterampilan atau pengalaman tertentu yang relevan dengan pekerjaan yang kita inginkan.


4. Fokus pada Kunci Utama

Artificial Intelligence

ChatGPT dapat membantu kita dalam menyelesaikan bagian-bagian dasar dalam proses pembuatan CV, sehingga kita bisa fokus dalam meng-highlight hal yang ingin ditonjolkan.


Biasanya ini bisa berupa penjelasan yang lebih mendalam tentang project data yang akan dikerjakan, pencapaian yang telah didapatkan selama ini, serta yang terpenting adalah penjelasan tentang kemampuan kita dalam hal analisis data.

 

Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Dalam menjalankan ChatGPT, perlu diingat bahwa penggunaan teknologi semacam ini tidak sepenuhnya menggantikan keahlian manusia. Karena tetap saja teknologi ini memiliki kelemahannya tersendiri, seperti kurang relevan nya jawaban yang diberikan.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login