GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Pahami Metode Pengolahan Data Statistik Sesuai Dengan Permasalahan Yang Ingin Diselesaikan

Pahami Metode Pengolahan Data Statistik Sesuai Dengan Permasalahan Yang Ingin Diselesaikan

Belajar Data Science 13-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5131c52f928d215d637ce51da16c4abe_100_persen.jpg

Metode pengolahan data statistik ada banyak dimana dalam penerapannya bisa disesuaikan dengan masalah yang ingin diselesaikan. Data yang terus bertumbuh jika tidak dimanfaatkan hanya akan bertumpuk dan sia-sia. Padahal bila diolah dengan benar, data bisa sangat bermanfaat bagi penggunanya. Semakin banyak data maka semakin banyak informasi yang bisa didapatkan. Data bisa bersumber dari mana saja yang kemudian bisa dikelompokkan misalnya sesuai dengan waktu atau sifatnya. 


Ada beberapa tahap dalam mengolah data, yang pertama mengumpulkan data dari berbagai sumber yang saling berkaitan. Langkah selanjutnya adalah mengelompokkan data. Lalu selanjutnya yaitu mengolah data. Dalam mengolah data ini seorang praktisi data menentukan metode yang akan digunakan apakah dengan metode kualitatif atau kuantitatif. Pengolahan data bertujuan untuk membantu pengujian hipotesis yang berhubungan dengan permasalahan yang ingin diselesaikan. Apa saja metode pengolahan data statistik? Yuk, simak dibawah ini.


  1. Metode Deskriptif

Metode deskriptif adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis serta menyajikan data kuantitatif secara deskriptif atau dengan kata lain menggambarkan atau mendeskripsikan data sebagaimana adanya. Metode ini bertujuan melihat gambaran keadaan dari kumpulan data yang sedang diteliti tanpa bermaksud mencari hubungan antar data atau penarikan kesimpulan. Dalam metode deskriptif, data dapat disajikan dalam bentuk grafik seperti tabel atau diagram dan juga bisa dalam bentuk numerik misalnya perhitungan rata-rata atau standar deviasi. Contoh metode deskriptif biasanya digunakan untuk data yang sifatnya eksploratif seperti minat mahasiswa dalam memilih mata kuliah konsentrasi, melihat persebaran penyakit tertentu di suatu daerah, dan sebagainya. 

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


  1. Metode Inferensial

Metode inferensial merupakan metode yang sama seperti metode deskriptif dengan ditambah dengan teknik penarikan kesimpulan berdasarkan ciri-ciri populasi tertentu yang diperoleh dari hasil perhitungan sampel yang diambil secara acak dari populasi tersebut. Pada metode ini data tidak disajikan apa adanya namun dilakukan analisis untuk mendapatkan kesimpulan misalnya melakukan pengujian hipotesis, estimasi atau prediksi, mencari hubungan antar data, dan sebagainya. Berdasarkan jenisnya inferensial dibagi menjadi dua yaitu analisis korelasional untuk mencari hubungan antar variabel dan analisis komparasi untuk membandingkan kondisi antar kelompok. Contoh metode inferensial yaitu hubungan atau pengaruh tayangan media televisi terhadap minat belajar anak, membandingkan hasil pemeriksaan sampel darah, perbedaan kualitas karyawan sebelum dan sesudah mendapatkan pelatihan, dan sebagainya.





  1. Metode Eksploratif

Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, salah satu metodenya adalah metode eksploratif. Metode ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang sudah dirumuskan terlebih dahulu atau mengembangkan hipotesis untuk penelitian lanjutan. Metode ini akan mencari hubungan antar variabel untuk mengetahui bentuk hubungannya. Teknik pengumpulan data untuk metode ini dapat dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan kepustakaan. Contoh penggunaan metode eksploratif yaitu mempelajari tingkah laku anak terhadap lingkungannya, memahami perilaku manusia, mempelajari interaksi pembelajaran, dan sebagainya. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


  1. Yuk Mulai Belajar Pengolahan Data Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!