PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

2 Hari 0 Jam 15 Menit 21 Detik

Pakai AI ChatGPT untuk Kata Kunci di CV Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 28-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-09-2024-03-30-100711_x_Thumbnail800.jpg

ChatGPT merupakan salah satu produk artificial intelligence yang membantu jobseeker dalam proses pencarian kerja. Dewasa ini, proses rekrutmen semakin kompetitif sehingga pihak perusahaan perlu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mencari kandidat yang sesuai.


Dengan kemampuan ChatGPT dalam memahami konteks dan memproses informasi secara cepat, jobseeker dapat dengan mudah mendapatkan rekomendasi pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan preferensi mereka. Selain itu, ChatGPT juga dapat membantu perusahaan dalam menyaring dan mengevaluasi calon karyawan dengan lebih baik melalui analisis data dan interaksi virtual yang intuitif. Dengan demikian, penggunaan teknologi seperti ChatGPT menjadi sebuah strategi penting dalam menghadapi tantangan rekrutmen di era digital ini.


Salah satu pertanyaan yang sampai saat ini masih menjadi kegelisahan di tengah proses rekrutmen kerja adalah kira-kira seberapa penting atau tidak kedudukan kata kunci yang ada dalam suatu CV. Apalagi CV yang diperuntukkan untuk profesi bidang data. Kata kunci pada CV untuk profesi bidang data menjadi lebih krusial karena sering kali digunakan sebagai filter awal oleh sistem manajemen aplikasi atau recruiter.


Dengan kata lain, keberadaan kata kunci yang relevan dengan pekerjaan yang ditawarkan dapat menjadi penentu apakah CV akan dipertimbangkan lebih lanjut atau tidak. Sehingga pemilihan dan penempatan kata kunci yang tepat menjadi strategi yang penting dalam mengoptimalkan peluang diterima dalam proses rekrutmen. Kali ini, DQLab akan membahas lebih dalam soal seberapa besar pengaruh kata kunci dalam CV profesi bidang data. Penasaran kan? Simak terus ya!


1. Kata Kunci Menunjukkan Keterampilan

Dari sekian banyak bagian yang ada dalam CV, bagian keterampilan (skill) merupakan bagian yang seringkali disorot. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan tidak ingin salah pilih dalam menentukan kandidat yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Di bidang data, keterampilan yang relevan seperti analisis data, pemodelan statistik, pemrograman, penggunaan perangkat lunak dan alat analisis data seperti Python, R, SQL, dan lainnya, menjadi sangat diutamakan.


Perusahaan ingin memastikan bahwa kandidat yang dipilih memiliki keterampilan teknis yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan serta kemampuan untuk menghadapi tantangan yang kompleks dalam dunia analisis dan pengelolaan data. Dengan demikian, penekanan pada bagian keterampilan dalam CV menjadi krusial dalam menarik perhatian recruiter dan menunjukkan kesesuaian kandidat dengan posisi yang ditawarkan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Sebagai Penguat dalam Menjelaskan Pengalaman Kerja Kandidat

Kedudukan kata kunci juga menjadi sangat penting di mata pihak perekrut. Hal ini karena kata kunci dinilai sebagai penguat dalam menjelaskan pengalaman kerja kandidat pada proyek atau tanggung jawab yang sebelumnya dikerjakan. Dengan kata lain, kata kunci tidak hanya berfungsi sebagai indikator untuk menentukan kecocokan kandidat dengan posisi yang ditawarkan, tetapi juga membantu perekrut untuk lebih cepat dan efisien memahami relevansi pengalaman dan keterampilan yang dimiliki oleh kandidat. 


Kedudukan kata kunci yang strategis dalam CV dapat memberikan gambaran yang jelas dan langsung tentang kemampuan dan pencapaian kandidat, sehingga mempermudah proses pengambilan keputusan bagi pihak perekrut. Dengan demikian, memperhatikan dan mengoptimalkan kedudukan kata kunci dalam CV menjadi suatu langkah penting bagi setiap individu yang mencari kesempatan kerja di bidang data atau industri lainnya yang mengandalkan analisis dan interpretasi data dalam pengambilan keputusan.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


3. Selalu muncul di bagian awal CV

Sebagian besar algoritma pemindaian CV yaitu Applicant Tracking System akan menyeleksi dan memprioritaskan kata kunci yang muncul pada bagian awal CV. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa kata kunci yang paling relevan dengan posisi yang dilamar tercantum dengan jelas di bagian-bagian awal CV, seperti ringkasan profesional atau profil singkat. Dengan demikian, peluang CV kamu untuk diperhatikan oleh recruiter atau sistem manajemen aplikasi akan meningkat secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa penyusunan CV dengan strategi yang tepat dapat menjadi kunci untuk melewati tahap awal seleksi dan mendapatkan kesempatan lebih lanjut dalam proses rekrutmen.


4. Kata kunci yang lengkap bisa memperbesar peluang diterima

Keuntungan seorang kandidat ketika mencantumkan kata kunci yang lengkap pada CV tentu memperbesar peluang mereka untuk menarik perhatian recruiter atau sistem manajemen aplikasi yang menggunakan pemindaian kata kunci. Dengan kata kunci yang lengkap dan relevan, CV akan muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian dan lebih mungkin diperhatikan oleh pihak yang bertanggung jawab atas proses rekrutmen.


Selain itu, penempatan kata kunci yang tepat juga dapat membantu kandidat menonjol di antara pesaingnya, menunjukkan kepada recruiter bahwa mereka memiliki pengalaman dan keterampilan yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan. Hal ini dapat memberikan keuntungan yang signifikan dalam persaingan yang ketat dalam dunia kerja saat ini.


Jadi dapat disimpulkan bahwa kedudukan kata kunci dalam CV punya pengaruh yang signifikan. Dalam hal ini, rekruter bisa melihat apakah seorang kandidat layak untuk maju ke tahap selanjutnya atau tidak. Maka dari itu, penting bagi kandidat untuk memperhatikan penempatan kata kunci yang tepat dan relevan untuk menyusun CV kamu. Dengan strategi yang tepat, kamu bisa meningkatkan peluang diterima dalam proses rekrutmen dan mendapatkan posisi yang diinginkan dalam mengejar karir di industri data.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login