3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 52 Menit 33 Detik

Panduan Belajar Pemrograman Python dengan Cepat

Belajar Data Science di Rumah 02-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-01-2023-12-02-130444_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman yang populer karena dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Tak heran jika banyak orang yang ingin berkarir di dunia komputer dan data science tertarik untuk belajar python. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Guido van Rossum, dan dirilis pada tahun 1991. Beberapa fungsi python adalah untuk pengembangan website, software, pengolahan data, dan pengembangan sistem. Selain itu, python juga dapat terhubung dengan sistem database dan memodifikasi file. 


Bahasa pemrograman python sangat powerful karena dapat bekerja pada berbagai platform yang berbeda seperti windows, mac, linux, dan lain sebagainya. Selain itu sintaks yang dimiliki Python dapat ditulis lebih singkat daripada sintaks pada bahasa pemrograman lain. Kelebihan python yang lain adalah sintaks yang sederhana dan mirip dengan bahasa inggris. Bahasa pemrograman ini berjalan pada sistem interpreter, artinya kode dapat dieksekusi segera setelah ditulis.


Python memiliki banyak fitur, oleh karena itu, kita perlu metode belajar yang tepat dan terstruktur agar dapat memahami bahasa pemrograman ini. Pada artikel kali ini DQLab akan memberikan cara belajar python dengan cepat dan efektif. Penasaran apa saja tips nya? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Fokus pada Tujuan Belajar Python

Python

Sebelum memulai belajar python, pertama-tama tetapkan dahulu tujuan studi kita. Tantangan yang nantinya datang akan lebih mudah dilalui jika kita tetap mengingat tujuan awal belajar. Selain itu, kita juga harus memahami materi belajar apa yang harus kita fokuskan dan tekuni.


Misalnya, jika kita mau belajar python untuk analisis data, materi yang akan banyak kita pelajari adalah materi mengenai fungsi, packages, dan library python yang berkaitan dengan analisis data. Selain itu, python juga bisa digunakan untuk data science dan machine learning, aplikasi seluler, pengembangan situs web, otomatisasi kerja, dan lain sebagainya. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Memahami Dasar Python

Python

Hal kedua yang harus dipelajari dari bahasa pemrograman python adalah dasar-dasar penggunaan python. Beberapa dasar-dasar python adalah variabel, jenis, list, dictionary, set, operator dasar, pemformatan string, conditional, loop, function, kelas, objek, dan lain sebagainya.


Jika kita tidak belajar dari dasar, maka kita akan kesulitan mengatasi masalah, proyek, maupun kasus-kasus kompleks. Saat ini sudah banyak website, video, artikel, dan media lain untuk belajar python. Jika kamu memiliki uang lebih, kamu bisa mengikuti kelas kursus belajar python agar belajar kamu lebih terstruktur. 


3. Pilih Sumber Belajar yang Sesuai

Python

Sumber belajar python dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu sumber belajar interaktif, sumber belajar non-interaktif, dan video. Sumber belajar interaktif yang saat ini sedang populer dan banyak diminati adalah kursus online.


Di indonesia sendiri, kursus online python sudah sangat menjamur, kamu bisa pilih paket sesuai budget yang kamu miliki. Bahkan beberapa kursus online menawarkan kelas gratis selama beberapa bulan. Namun, jika kamu belum tahu kursus mana yang akan kamu pilih, kamu bisa mencoba paket free trial pada beberapa kursus online. 


4. Belajar Library Populer Python

Hal penting yang harus dipelajari dari python adalah mempelajari library-library di dalamnya. Library adalah kumpulan fungsi khusus yang berfungsi sebagai akselerator. Dengan library, kita tidak perlu menulis sintaks dan code yang panjang untuk menyelesaikan tugas khusus.


Contoh library yang banyak digunakan adalah library pandas dan numpy. Library pandas sangat populer untuk memanipulasi data tabular, sedangkan library numpy digunakan dalam melakukan operasi matematika dan logika pada array. 

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Seperti yang telah dijelaskan di awal, python dapat digunakan dalam bidang data science. Data science merupakan gabungan ilmu statistika dan komputasi yang saat ini sedang banyak dibutuhkan di berbagai sektor industri. Hal ini karena meningkatnya kesadaran perusahaan mengenai pentingnya data dalam proses pengambilan keputusan. 


Yuk perkaya skill data science kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :