SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 39 Menit 21 Detik

Pelajari Ini Sebelum Coba Coding di Python di DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 01-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-01-2024-05-31-201453_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman adalah suatu keahlian yang perlu dimiliki oleh siapapun yang ingin berkarir di bidang data atau profesi apapun yang berkaitan dengan programming seperti software engineer, front end developer, mobile developer, dan lain-lain.


Salah satu bahasa pemrograman yang bisa dipelajari antara lain bahasa python. Hal ini bisa dimulai dengan belajar coding python sederhana dari dasar sebagai pondasi ilmu untuk belajar bahasa pemrograman dan menganalisis data atau sebagainya.


Bahasa python termasuk salah satu bahasa pemrograman yang populer dan sedang naik daun di berbagai kalangan. Bahasa python ini memiliki berbagai keutamaan seperti bersifat open source, memiliki banyak library, mudah dipelajari, bahasa sintaks yang mudah dipahami sehingga cocok digunakan untuk para pemula.


Pada artikel kali ini kita akan mencoba mempelajari beberapa hal yang berkaitan dengan coding python sederhana yang bisa dipelajari dari dasar untuk para pemula.


1. Library

Library dalam bahasa pemrograman merupakan sebuah tempat untuk menyimpan kumpulan sintaks atau kode yang nantinya dapat dipanggil kembali oleh pengguna dengan mudah. Dengan menggunakan library maka pengguna tidak perlu mengetikkan ulang kode ketika akan menggunakannya.


Bahasa python dikenal memiliki begitu banyak library yang dapat digunakan sesuai dengan keperluannya. Beberapa contoh library Python yang cukup populer di kalangan data sains adalah library tensorflow, numpy, scipy, pandas, matplotlib, keras, scikit-learn, pytorch, scrapy, seaborn, dll.


Setiap library memiliki cara mengimport yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa contoh cara mengimport library python.

Python




Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Tipe Data Python

Bahasa python memiliki beberapa tipe data dasar, yaitu null, boolean, numeric dan text. Berikut ini adalah penjelasan secara singkatnya

  • null : tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai kosong atau tidak ada yang dinyatakan dengan None

  • boolean : tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai kebenaran (true atau False) dari suatu ekspresi logika

  • numeric : tipe data yang digunakan untuk menyimpan data berupa angka, yang terdiri dari dua macam yaitu int (bilangan bulat) dan float (bilangan riil)

  • text : tipe data yang digunakan untuk menyimpan data teks


3. Variabel

Variabel merupakan suatu tempat yang menyimpan nilai-nilai. Variabel ini bersifat mutable, artinya nilai di dalamnya dapat berubah-ubah. Terdapat beberapa peraturan yang perlu diikuti dalam penulisan variabel dalam python, yaitu:

  • nama variabel harus dimulai dengan huruf a-z atau A-Z atau dengan karakter garis bawah/underscore.

  • variabel hanya boleh mengandung karakter alfabet, bilangan dan underscore.

  • variabel bersifat case sensitive, artinya penulisan menggunakan alfabet kapital dengan tidak memiliki arti yang berbeda-beda.


Untuk lebih memahaminya, mari perhatikan beberapa contoh coding mendeklarasikan variabel dalam python berikut ini

Python



4. Operator

Bahasa python sudah sangat sering digunakan dalam memudahkan perhitungan. Setelah mempelajari terkait variabel dan tipe data, kita akan mengenali beberapa operator dalam python. Terdapat 6 kelompok operator yaitu 1) arithmetic operators, 2) assignment operators, 3) comparison operators, 4) logical operators, 5) identity operators, dan 6) membership operators. Pada artikel kali ini kita akan mencoba mengenali operator arithmetic, yaitu operator yang digunakan untuk tipe data numerik dalam melakukan operasi matematika sederhana.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Belajar bahasa python merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan diri menjadi seorang praktisi data yang profesional dan memiliki keahlian. Belajar python bisa dipelajari dimana saja, salah satunya seperti di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login