PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 20 Menit 41 Detik

Penerapan Chat GPT dalam Rumus Microsoft Excel

Belajar Data Science di Rumah 06-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-09-2023-09-06-162638_x_Thumbnail800.jpg

HaloSahabat DQ! Seperti yang telah kita ketahui beberapa tahun belakangan ini kita telah menggunakan kecanggihan teknologi dalam keseharian. Salah satunya yang memiliki peranan penting adalah artificial intelligence atau kecerdasan buatan.


Artificial intelligence ini memiliki beberapa contoh penerapan, misalnya seperti Chat GPT. Chat GPT memiliki beragam fungsi untuk memudahkan aktivitas manusia, seperti Chat GPT untuk membuat rumus excel.


MIcrosoft excel termasuk salah satu software atau aplikasi pengolah data yang telah dilakukan oleh banyak pengguna dari berbagai kalangan usia. Microsoft excel ini termasuk bagian dari Microsoft dan memiliki fungsi utama untuk membantu pengguna dalam mengisi data, mengolah data dan mengelola data. Microsoft excel juga dikenal dengan tersedianya berbagai rumus atau fungsi yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.


1. Chat GPT

Halo teman-teman, setelah seringkali kita mendengar istilah artificial intelligence dan machine learning, mayoritas dari kita juga mendengar istilah Chat GPT. Chat GPT (Generative Pre-Training Transformer) merupakan salah satu contoh penerapan dari artificial intelligence. yang berbentuk percakapan otomatis yang telah dirancang oleh pembuatnya. Chat GPT ini termasuk buatan dari perusahaan yang bernama Open AI pada tahun 2015. 


Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Manfaat Chat GPT

Setiap bentuk kecanggihan teknologi tentu memiliki fungsi maupun manfaat masing-masing. Hal itu berlaku pula dengan Chat GPT. Chat GPT ini dikenal memiliki berbagai manfaat serta kelebihan dan kekurangannya. Chat GPT memiliki beberapa manfaat seperti untuk penyedia informasi kepada pengguna yang telah disetting dengan topik khusus maupun umum, pemberi saran atau rekomendasi yang baik, serta dapat meningkatkan produktivitas dikarenakan pekerjaan dapat menjadi lebih efisien.



3. Microsoft Excel

Pada zaman sekarang mayoritas orang tentu sudah mengetahui microsoft excel? Ya, aplikasi pengolah data ini memiliki berbagai manfaat yang dapat digunakan dan ditrapkan oleh siapapun. Software yang dibuat oleh MIcrosoft Corporation ini pun memiliki banyak rumus yang bisa digunakan untuk perhitungan aritmatika,menganalisis data, membuat pembukuan keuangan, visualisasi dalam, membuat grafik dan diagram dan berbagai manfaat lainnya. 

Artificial Intelligence


4. Cara Membuat Rumus Excel dengan ChatGPT

Seperti yang telah diketahui bahwa ChatGPT bisa digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk membuat rumus excel. Berikut ini beberapa langkah yang dapat diterapkan untuk bisa membuat rumus excel dengan ChatGPT:

  • Mempersiapkan excel 

  • membuka laman dari ChatGPT lalu login dengan akun agar dapat masuk ke dalam ChatGPT

  • Memasukkan pertanyaan pada ChatGPT dengan membuka laman ChatGPT lalu masuk ke akun OpenAI dan mengetikkan pertanyaan di box send message

  • Mengcopy formula ke lembar excel

  • Mengisi semua kolom

Artificial Intelligence




Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Penggunaan Chat GPT sering kita jumpai ketika membuka website atau halaman tertentu. Chat GPT ini secara umum dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh pengguna.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login