PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 7 Menit 25 Detik

Penerapan Machine Learning di Perusahaan Unicorn

Belajar Data Science di Rumah 25-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-07-2-2023-07-25-202247_x_Thumbnail800.jpg

Secara tidak sadar, machine learning telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari sehingga kita mungkin tidak mengenali teknologi yang menggunakan machine learning untuk memahami preferensi, memprediksi pola lalu lintas, bahkan untuk mengenali ucapan dan gambar. Algoritma machine learning bekerja dengan cara memberikan lebih banyak data, sehingga algoritma tersebut akan belajar lebih banyak untuk memperbaiki kesalahan dan semakin akurat.


Machine learning banyak diadopsi di berbagai teknologi yang kita gunakan setiap hari di dunia modern. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa contoh penerapan machine learning di berbagai perusahaan beserta contohnya di kehidupan nyata. Contoh-contoh berikut ini mungkin saja tidak terlintas di pikiran kita jika menggunakan machine learning sebagai dasarnya. Penasaran apa saja teknologi dari perusahaan raksasa yang menggunakan machine learning? Yuk kita simak bersama!


1. Product Recommendations

Machine Learning

Product recommendations adalah salah satu aplikasi machine learning yang paling populer, seperti yang ditampilkan di sebagian besar situs web ecommerce. Dengan menggunakan model machine learning, situs web melacak perilaku users berdasarkan pola penelusuran, pembelian sebelumnya, dan riwayat keranjang belanja.


Perusahaan seperti Spotify dan Netflix menggunakan algoritma machine learning serupa untuk merekomendasikan musik atau acara TV berdasarkan riwayat mendengarkan dan menonton users sebelumnya. Seiring waktu, algoritma ini memahami preferensi setiap users dan menggunakan datanya untuk merekomendasikan artis atau film baru yang mungkin kita sukai.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Social Media Connections

Contoh teknologi lain yang mengadopsi teknologi machine learning adalah fitur “orang yang mungkin Anda kenal” di platform media sosial seperti LinkedIn, Instagram, Facebook, dan Twitter. Berdasarkan kontak atau orang yang kita ikuti sebelumnya, algoritma menyarankan wajah-wajah yang dikenal dari jaringan kehidupan nyata kita yang mungkin ingin kita follow atau contact.

Machine Learning


3. Image Recognition

Pengenalan gambar atau image recognition adalah contoh lain dari machine learning yang muncul dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan menggunakan machine learning, program dapat mengidentifikasi objek atau orang dalam gambar berdasarkan intensitas pikselnya. Jenis pengenalan wajah ini digunakan dalam banyak hal, mulai dari penegakan hukum hingga security pada smartphone. Banyak brand smartphone ternama seperti Iphone dan Samsung menggunakan teknologi ini sebagai salah satu opsi keamanan pada smartphone yang mereka produksi.

Machine Learning


4. Virtual Personal Assistants

Virtual personal assistants adalah perangkat yang sudah banyak dikenal. Contoh virtual PA yang kita kenal adalah Amazon's Alexa, Google Home, atau Apple iPhone's Siri. Perangkat ini menggunakan kombinasi teknologi pengenalan ucapan dan machine learning untuk menangkap data mengenai apa yang kita minta dan seberapa sering perangkat akurat dalam pengirimannya. Mereka akan mendeteksi saat kita mulai berbicara, apa yang kita katakan, dan menjalankan perintah tersebut . Misalnya, saat kita berkata, "Siri, what is the weather like today?", Siri mencari prakiraan cuaca di web di lokasi kita dan memberikan informasi secara detail.

Machine Learning

Bcaa juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner

Yuk perdalam pengetahuan kamu mengenai berbagai model machine learning bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti DQLab LiveClass  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin bangun portfolio? Yuk signup sekarang!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login