PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 10 Menit 7 Detik

Pengertian, Jenis Machine Learning & Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 12-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-07-2023-09-13-134650_x_Thumbnail800.jpg

Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence saat ini sangat berkembang semakin cepat. Tetapi masih ada banyak orang yang belum mengetahui bahwa AI ini memiliki banyak sekali cabang, salah satunya adalah machine learning.


Teknologi Machine Learning ini merupakan salah satu cabang dari AI yang cukup menarik perhatian, karena machine learning ini adalah sebuah mesin yang mampu belajar selayaknya manusia dan tanpa bantuan dari manusia.


Machine learning ini juga mampu mempelajari data yang ada dan juga melakukan tugas-tugas tertentu yang sesuai dengan apa yang ia pelajari. Pada artikel kali ini kita akan berfokus dengan definisi machine learning, jenis dan juga apa saja contoh penerapan machine learning di kehidupan manusia sekarang ini. Jadi simak terus pembahasan di bawah ini!


1. Definisi Machine Learning

Machine learning adalah salah satu cabang dari AI yang membuat mesin dapat belajar dari data atau data historis sehingga membuat machine learning ini tidak perlu diprogram secara manual oleh manusia untuk melakukan seluruh pekerjaan.


Dengan kemampuan belajar secara otomatis, membuat sistem bisa terus belajar secara bertahap untuk meningkatkan akurasinya. Data menjadi sebuah objek yang sangat penting bagi machine learning, karena tanpa data machine learning tidak akan mendapatkan pengetahuan untuk dipelajari.

Machine Learning

Credit by Built It


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Jenis Machine Learning

Ada beberapa jenis machine learning yang bisa kalian ketahui, yaitu supervised learning, unsupervised learning, dan reinforcement Machine learning.

  • Supervised Learning

    Supervised learning adalah jenis pembelajaran yang dimana data scientist akan memberikan sebuah sampel data yang memiliki label kepada mesin. Pemberian sampel data ini memiliki tujuan untuk melatih sistem dalam mempelajari kumpulan data dan berakhir dengan menguji model machine learning yang sudah terbentuk.

    Kumpulan data ini akan melatih algoritma machine learning untuk mengklasifikasikan data atau memprediksi hasil dengan akurat.


  • Unsupervised Learning

    Unsupervised Learning ini adalah jenis machine learning yang memberikan sebuah pembelajaran kepada kumpulan data yang tidak memiliki label. Jenis ini tidak memiliki kategori yang menjadi dasar algoritma machine learning untuk membuat hubungan antar model.

    Hal ini karena tidak adanya aspek data yang diketahui, yang menjadikan algoritma machine learning tidak bisa memandu dan mengawasi input data. Alhasil outputnya bisa benar atau salah. 


  • Reinforcement Machine Learning

    Reinforcement machine learning adalah jenis machine learning yang menggunakan metode algoritma yang mempunyai kemampuan untuk interaksi dalam proses pembelajarannya.

    Algoritma jenis ini akan menghasilkan output berupa poin jika model yang diberikan semakin baik. Sebaliknya jika poin berkurang maka hasilnya akan semakin buruk.


3. Cara Kerja Machine Learning

Cara kerja machine learning ini berbeda-beda sesuai dengan teknik maupun jenis pembelajaran seperti apa yang kalian gunakan dalam machine learning.


Tetapi pada umumnya prinsip cara kerja dari machine learning ini masih sama, meliputi pengumpulan data, eksplorasi data, pemilihan model atau teknik, memberikan pelatihan terhadap model yang dipilih dan mengevaluasi hasilnya dari machine learning.

Machine Learning

Credit by Forbes


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Contoh Machine Learning

Ada beberapa contoh machine learning yang dapat ditemukan disekitar kita yaitu seperti:

  • Google Translate

    Google translate ini adalah salah satu aplikasi populer yang menggunakan machine learning dan banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi ini.

    Google Translate ini dapat menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini dapat memudahkan seseorang memahami informasi berbahasa asing.

Credit by Wikipedia


  • Rekomendasi Marketplace

    Marketplace adalah sebuah platform digital yang berisikan kumpulan penjual dan juga pembeli. Marketplace ini sudah tidak asing bagi kita terutama orang yang senang untuk berbelanja online.

    Marketplace ini hanya menyediakan tempat bagi para penjual untuk memasarkan barangnya dan bagi para pembeli yang ingin mencari produk. Marketplace ini juga menggunakan machine learning dalam penerapannya untuk merekomendasikan produk, iklan produk, chatbot, dan lain sebagainya.


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login