PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 8 Jam 18 Menit 47 Detik

Penggunaan AI Hint untuk Belajar Coding di DQLab

Belajar Data Science di Rumah 27-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-09-2023-10-28-183030_x_Thumbnail800.jpg

Sekarang ini, belajar coding bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Salah satunya dengan penggunaan teknologi AI sebagai sumber belajar untuk mengupgrade skill set yang dibutuhkan oleh industri.


Terkadang, di tengah-tengah pembelajaran, peserta atau member merasa kesulitan dengan materi yang sedang berjalan atau diajarkan selama live code editor berlangsung atau pembelajaran via zoom.


Ketika peserta sudah mengalami kesulitan maka salah satu cara yang dilakukan adalah meminta bantuan baik kepada tenaga pengajar saat kelas live berlangsung maupun memanfaatkan hint saat belajar otodidak di kelas online.


Fitur Hint merupakan fitur yang disediakan oleh DQLab. Fitur ini bisa dimanfaatkan jika peserta atau member sedang stuck atau terhenti saat melakukan pembelajaran di kelas online maupun via website (menggunakan AI).


Dalam fitur pembelajaran di DQLab, fitur Hint ini digunakan saat peserta mengirimkan jawaban dari result-based yang sudah diketikkan ternyata jawabannya salah. Dengan demikian, fitur Hint digunakan untuk mencari mana jawaban yang salah dan diberikan clue atau petunjuk untuk memperbaiki jawaban. Kemudian dari pembenaran jawaban tadi, peserta mengirimkan jawaban yang baru. Hasilnya yang awalnya salah menjadi benar.


Lalu, dalam pembelajaran menggunakan AI apakah tepat atau tidak sih penggunaan Hint ini? Simak yuk sahabat DQLab!


1. Apa itu Fitur Hint

Hint dalam konteks pembelajaran online merujuk pada petunjuk atau saran yang diberikan kepada peserta pelatihan atau siswa untuk membantu mereka memahami atau menyelesaikan tugas, masalah, atau konsep tertentu dalam lingkungan pembelajaran digital.


Hint dapat berupa petunjuk visual, teks, atau bantuan yang ditujukan untuk memandu pelajar dan memberikan arahan tambahan tanpa memberikan jawaban lengkap atau menggantikan pemikiran kritis peserta pembelajaran.


Hint biasanya digunakan dalam berbagai platform pembelajaran online, termasuk situs web edukasi, aplikasi e-learning, atau platform pembelajaran jarak jauh.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner 


2. Penggunaan Fitur Hint dalam DQLab

Hint adalah petunjuk yang dapat Anda gunakan ketika masih gagal mengirimkan jawaban, baik code-based maupun result-based ke sistem DQLab dengan benar. Meskipun penggunaan Hint dapat mengurangi nilai Anda secara keseluruhan, jangan khawatir jika Anda masih berada pada Live Module yang masih dianggap sebagai proses belajar dan kesalahan adalah hal yang wajar terjadi.


Untuk mencoba fitur Hint ini, coba submit code yang ada pada code editor saat ini, di mana Anda akan dapatkan error seperti terlihat pada gambar berikut

Artificial Intelligence


3. Pengenalan Fitur “Gunakan Hint”

Anggap kamu tidak tahu apa yang harus diperbaiki untuk menghilangkan error ini, dan memerlukan bantuan berupa petunjuk atau hint. Klik tombol "Gunakan Hint!" yang ada pada bagian kiri bawah Live Code Editor ini.

Artificial Intelligence


Akan muncul notifikasi jika kamu yakin ingin menggunakan Hint #1 atau tidak. Tanda #1 merupakan hint pertama, di mana dalam satu soal praktek bisa terdapat satu atau beberapa hint. Semakin sering hint digunakan, maka nilai semakin berkurang.


Tapi sekali lagi jangan khawatir, untuk Live Module belajar, yang penting adalah objektif Anda untuk menguasai materi tercapai dengan segala dukungan fitur DQLab yang ada.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Penggunaan Hint dalam Belajar coding di DQLab

Sekarang kita anggap petunjuknya kurang jelas, klik kembali "Gunakan Hint!" untuk memunculkan petunjuk kedua. Perhatikan ada teks #2 yang menunjukkan ini adalah merupakan hint kedua. Klik tombol "OK" sehingga tab Hint akan bertambah petunjuknya seperti terlihat pada screenshot di bawah ini.


Artificial Intelligence


Klik tombol OK untuk menutup notifikasi tersebut. Tahap selanjutnya, Anda perlu perbaiki kode sesuai dengan petunjuk dan kemudian jalankan Run dan Submit untuk bisa melanjutkan ke materi berikutnya.

Artificial Intelligence


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” .


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar bersama Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login