TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 3 Jam 15 Menit 58 Detik

Pentingnya ChatGPT untuk Buat CV Profesi Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 07-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-09-2023-12-07-085807_x_Thumbnail800.jpg

Zaman sekarang lapangan kerja semakin banyak dan juga jumlah persaingan di dalamnya sangatlah ketat. Salah satu lapangan pekerjaan yang menjanjikan dan banyak dibutuhkan adalah profesi pada bidang data. Dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan profesi ini, maka persaingan yang terjadi di dalamnya sangat ketat, untuk bisa menunjukkan jika kalian adalah seorang praktisi data yang handal tentu tidaklah mudah. Maka dari itu, dibutuhkannya CV yang berkualitas dan juga menarik. 


Dengan memiliki CV yang baik tidak hanya memberikan gambaran tentang pendidikan dan juga pengalaman kalian, tetapi juga bisa mempresentasikan diri kalian secara efektif kepada recruiter. Disinilah peran teknologi membantu kalian, dengan munculnya Chat GPT sebagai alat untuk membantu kalian, membuat kalian bisa membuat CV yang baik dan juga menarik perhatian. Kalian hanya perlu membuat perintah yang spesifik dan juga jelas, untuk menghasilkan CV yang baik dan menarik.


Nah, bagaimana tools ini bisa membantu kalian dalam membuat CV menarik? Mari kita simak pembahasan pada artikel kali ini.


1. Pentingnya CV di Dunia Pekerjaan

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang cukup penting di dalam dunia pekerjaan, karena CV ini menjadi sebuah perantara antara pencari kerja dan juga recruiter untuk saling terhubung. Dengan melalui CV ini calon karyawan bisa memaparkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan juga pencapaian apa saja yang sudah dicapai dalam bentuk tulisan yang sistematis.


CV yang disusun dengan baik dan juga menarik akan meningkatkan kesan pertama yang positif dan juga akan meningkatkan peluang untuk dipanggil dalam proses seleksi berikutnya.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Membuat CV yang Menarik

Pastinya setiap hari recruiter akan menerima banyak sekali CV yang masuk, hal ini sangatlah penting untuk kalian agar membuat CV yang singkat, padat, jelas, dan juga menarik. Ketika kita membuat CV yang menarik perhatian mereka ada kemungkinan CV kita akan lolos untuk ke tahap selanjutnya.


Selain itu dengan CV yang menarik akan meningkatkan kesempatan lebih untuk mendapatkan pekerjaan, karena dengan adanya CV yang menarik akan membantu menyakinkan recruiter bahwa kalian memiliki potensi di bidang tersebut.


3. Menyiapkan Informasi Pribadi

Hal yang pertama sebelum kalian membuat CV adalah menyiapkan informasi pribadi kalian seperti:

  • Detail kontak lengkap kalian seperti alamat email dan juga nomor telepon

  • Menceritakan pencapaian apa saja yang telah kalian raih dan juga project data apa saja yang pernah kalian lakukan atau kerjakan

  • Informasi mengenai pendidikan kalian seperti tahun studi, gelar, sertifikasi atau penghargaan apa yang pernah kalian capai

  • Keterampilan yang relevan dengan persyaratan yang ada dan berani tanggung jawab atas persyaratan tersebut.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Memulai Perintah Chat GPT

Setelah kalian mengumpulkan informasi pribadi milik kalian, langkah selanjutnya adalah memulai perintah Chat GP. Mulailah dengan memberikan chatbot informasi yang dibagikan pada postingan lowongan kerja untuk posisi yang kalian ambil. Untuk contohnya seperti berikut ini:

Artificial Intelligence


Untuk hasil yang ditampilkan oleh Chat GPT adalah seperti berikut ini:

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :