Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Perbedaan Mendasar Antara AI dan Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 27-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-07-2023-08-25-225723_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat istilah Artificial Intelligence dan Machine Learning bukan lagi menjadi sesuatu yang asing digunakan. Sayangnya kebanyakan orang awam menganggap bahwa kedua teknologi tersebut sama. Padahal, pada dasarnya antara Artificial Intelligence dan Machine Learning memiliki perbedaan dalam konsep dan pengaplikasiannya, meskipun keduanya saling berkaitan erat.


Artificial Intelligence akan merujuk pada kecerdasan yang diciptakan atau disimulasikan oleh mesin. Dalam hal ini akan banyak melibatkan pengembangan sistem untuk bisa melakukan tugas yang dulunya hanya bisa dikerjakan oleh manusia, seperti pemrosesan bahasa alami, pengenalan pola, dan pengambilan keputusan kompleks. Sementara Machine Learning merupakan bagian dari Artificial Intelligence yang memungkinkan komputer belajar dari data dengan memanfaatkan algoritma. Dengan memanfaatkan data yang ada, komputer bisa mengidentifikasi pola dan membangun model prediktif tanpa secara eksplisit diprogram untuk setiap tugas.


Dalam artikel ini kita akan mencoba untuk melihat perbedaan yang mendasar antara Artificial Intelligence dengan Machine Learning. Yuk, simak pembahasannya!


1. Dari Sisi Cakupan dan Tujuan

Perbedaan yang pertama bisa dilihat dari segi cakupan dan juga tujuan. Artificial Intelligence akan merujuk pada konsep kecerdasan buatan dimana konsep ini mencakup berbagai aspek, termasuk logika, pemahaman bahasa, perencanaan, serta pemecahan masalah. Sementara Machine Learning merupakan salah satu metode yang digunakan dalam Artificial Intelligence yang membuat komputer bisa belajar dari data dan meningkatkan kinerja nya secara otomatis.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Dari Segi Keterlibatan Manusia

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari segi keterlibatan manusia dalam kedua teknologi tersebut. Pada Artificial Intelligence, keterlibatan manusia akan mencakup desain dan pengembangan sistem agar mampu dalam menjalankan tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia. Sementara pada Machine Learning akan lebih membutuhkan manusia dalam memberikan data dan menentukan algoritma yang sesuai, namun komputer akan belajar secara otomatis dari data yang telah diberikan.


3. Dari Segi Kemampuan Adaptasi

Perbedaan lainnya juga bisa ditemukan dari segi kemampuan kedua teknologi ini dalam melakukan adaptasi. Pada dasarnya, Artificial Intelligence memiliki kemampuan untuk beradaptasi yang lebih tinggi terhadap berbagai situasi dan tugas yang kompleks, misalnya perencanaan strategis dan pemahaman bahasa alami. Sementara Machine Learning lebih terbatas pada tugas-tugas spesifik yang telah ditentukan dalam modelnya.


4. Dari Segi Interaksi dengan Lingkungan

Perbedaan terakhir bisa ditemukan dari segi interaksi kedua teknologi ini dengan lingkungan. Artificial Intelligence dapat berinteraksi dengan lingkungan dan membuat keputusan berdasarkan pemahaman konteks yang lebih luas. Sementara Machine Learning hanya akan berfokus pada analisis data dan pembuatan keputusan berdasarkan pola yang terlihat dalam data tersebut. Sehingga bisa dikatakan bahwa interaksi Machine Learning dengan lingkungan tidak bisa dilakukan secara luas karena hanya berpusat di data yang sedang digunakan untuk analisis saja.


Bcaa juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Pada dasarnya, Machine Learning menjadi salah satu alat yang digunakan dalam pengembangan sistem Artificial Intelligence. Hal ini memungkinkan sistem untuk belajar dari pengalaman, memperbaiki kinerjanya seiring waktu, serta mengatasi tugas-tugas yang kompleks. Machine Learning menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan Artificial Intelligence, akan tetapi Artificial Intelligence juga mencakup konsep yang lebih luas dimana konsep ini akan melibatkan pengembangan sistem yang lebih kompleks.


Agar bisa terus beradaptasi dengan teknologi baru, kita bisa memulainya dengan mempelajari Machine Learning di DQLab. Selain modul pembelajaran, kita juga bisa mengikuti Bootcamp Machine Learning & AI for Beginner yang diadakan oleh DQLab.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login