Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Perlu Tahu, Ini Bedanya AI vs Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 23-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-07-2023-10-23-184141_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini semakin tahun perkembangan teknologi semakin bertambah pesat. Kegiatan sehari-hari pun terbantu dengan kecanggihan teknologi yang ada. beberapa istilah yang sering kita dengar antara lain seperti artificial intelligence dan machine learning. Kedua hal ini sekilas memiliki pengertian yang sama namun sebenarnya berbeda. Nah, pada artikel berikut ini kita akan mencari tahu terkait artificial intelligence vs machine learning.


Machine learning atau yang biasa pula dikenal dengan mesin pembelajar merupakan suatu bentuk kecanggihan teknologi yang dirancang agar dapat bekerja sendiri tanpa arahan dari pengguna. Machine learning berguna untuk merancang dan mengembangkan algoritma yang bisa dimanfaatkan sebagai solusi dalam penyelesaian masalah.


Machine learning juga termasuk cabang dari artificial intelligence atau yang biasa dikenal dengan kecerdasan buatan. Lalu apa saja perbedaan keduanya? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Machine Learning

Machine learning (ML) atau mesin pembelajar merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan. ML ini sering digunakan untuk memprediksi hasil di masa mendatang berdasarkan data historis yang ada. Hasil prediksi tersebut dapat diambil sebagai dasar dalam membuat keputusan bisnis.


Machine learning ini diterapkan dengan menggunakan landasan ilmu matematika, statistika, data mining, dll. Dalam penerapannya, machine learning pun memiliki berbagai algoritma yang dapat digunakan untuk permasalah tertentu. 


Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Artificial Intelligence

AI atau artificial intelligence merupakan suatu bidang ilmu komputer yang berkaitan dengan kecerdasan buatan. Artificial intelligence secara umum bekerja dengan cara menggabungkan kumpulan big data dengan ilmu komputer untuk menyelesaikan permasalahan tertentu.


Artificial intelligence ini akan memiliki peran-peran tersendiri di kehidupan sehari-hari dengan belajar dari pengalaman manusia untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu. Dengan demikian artificial intelligence dapat pula dikatakan sebagai simulasi dari kecerdasan manusia yang berkembang mengikuti kecanggihan teknologi.


Machine Learning


3. Karakteristik AI vs ML

Setelah mengetahui masing-masing definisi dari Artificial Intelligence maupun Machine Learning. Terdapat beberapa karakteristik yang dapat menjadi pembeda antara keduanya. Kecerdasan buatan atau AI memiliki karakteristik yaitu 1) acting humanly, sistem yang dapat bertindak seperti manusia; 2) thinking humanly, sistem yang bisa berpikir seperti manusia; 3) act rationally, sistem yang mampu bertindak secara rasional; 4) think rationally, sistem yang mampu berpikir secara rasional.


Machine learning umumnya memiliki beberapa tipe yang harus dikenali yaitu 1) supervised learning; 2) unsupervised learning; 3) semi supervised learning; 4) reinforcement learning. Kedua hal ini sudah sangat sering diterapkan dalam berbagai bidang. Beberapa diantaranya adalah seperti teknologi DeepFace pada Facebook, rekomendasi e-commerce, asisten virtual, deteksi anomali, deteksi penipuan, personalisasi konten, dll.


Machine Learning


4. Artificial Intelligence vs Machine Learning

Seperti yang telah diketahui bahwa artificial intelligence dan machine learning memiliki pengertian yang berbeda. Lalu selain pengertiannya yang berbeda, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi perbedaan di antara keduanya, yaitu

  • AI menghasilkan output berupa pengetahuan sedangkan machine learning menghasilkan output berupa data

  • AI bertujuan untuk mengembangkan sistem yang mampu meniru kecerdasan manusia untuk menyelesaikan masalah sedangkan machine learning bertujuan untuk mengembangka  algoritma

  • AI memiliki fungsi utama membuat sistem cerdas untuk melakukan tugas seperti manusia sedangkan machine learning berfungsi untuk mengajari mesin untuk melakukan sesuai berdasarkan data sehingga hasilnya akurat

  • Ai pada umumnya menggunakan jenis dan tipe data yang tidak terstruktur, semi-terstruktur hingga terstruktur sedangkan machine learning hanya menggunakan 


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Artificial intelligence dan machine learning sama-sama memiliki karakteristik serta kekurangan dan kelebihan masing-masing. Keduanya sama-sama berperan penting dalam perkembangan teknologi masa kini.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login