PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 49 Menit 57 Detik 

Prospek Karir Data Scientist, Profesi Incaran 2022

Belajar Data Science di Rumah 03-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/58b7768c45748fe365d4ada7965d5159_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist menjadi salah satu profesi yang berhubungan erat dengan ilmu Data Science. Perkembangan ilmu Data Science ternyata berbanding lurus dengan perkembangan teknologi, khususnya teknologi digital. Pemanfaatan ilmu Data Science bisa kita temukan dalam pengoptimalan mesin pencarian yang digunakan Google, rekomendasi orang di LinkedIn, hingga mempengaruhi headline yang dijalankan oleh Buzzfeed. 


Sebenarnya, penggunaan ilmu Data Science jauh lebih luas dari itu, karena hampir merambah ke semua sektor, seperti telekomunikasi, kesehatan, pendidikan dan lainya. Meskipun begitu istilah "Data Science" dan "Data Scientist" tidak selalu mudah dipahami, apalagi untuk menggambarkan berbagai pekerjaan terkait data.


Sebenarnya apa saja sih yang Data Scientist lakukan? Kita akan membahas hal tersebut dalam artikel ini. Stay tune ya!


1. Apa Sih yang Dilakukan Data Scientist Kerjakan?

data scientist

Tugas seorang Data Scientist pasti akan berbeda-beda, tergantung dengan industrinya masing-masing. Namun pada dasarnya, tugas umum nya tidak akan jauh berbeda. Dalam industri teknologi, seorang Data Scientist akan mencari data yang bisa dijadikan pondasi untuk melakukan analisis yang kuat.


Kemudian setelah itu, mereka akan melakukan eksperimen dengan menggunakan berbagai metode untuk mendapatkan hasil terbaik. Lalu tahapan selanjutnya adalah membangun Machine Learning pipelines serta data produk yang dibuat untuk memahami bisnis, pelanggan, serta agar bisa mendapatkan keputusan terbaik.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Tidak Hanya Sebatas Artificial Intelligence

data scientist

Banyak orang yang skeptis terhadap Artificial Intelligence, karena dianggap terlalu dibesarkan oleh media. Pekerjaan seorang Data Scientist tidak hanya terbatas pada Artificial Intelligence, termasuk Machine Learning dan Deep Learning yang menjadi turunannya.


Pekerjaan seorang Data Scientist terbilang cukup kompleks, mulai dari pengumpulan data, membersihkan data yang sudah didapatkan, melakukan analisis dengan statistika inferensial, melakukan visualisasi data dan membuat laporan, serta menyampaikan hasil temuannya pada pemangku kebijakan dan meyakinkan mereka tentang hal yang bisa disarankan.


3. Skill yang Dibutuhkan Oleh Data Scientist Terus Berkembang

data scientist

Menurutmu, apa skill yang paling dibutuhkan oleh Data Scientist? Menariknya, skill yang dibutuhkan oleh Data Scientist terus berubah-ubah dalam waktu yang relatif singkat. Jika dulu kemampuan Machine Learning dan Deep Learning adalah disebut-sebut sebagai skill yang harus dikuasai, namun saat ini keduanya sudah bisa di-otomatisasi.


Sehingga salah satu skill yang wajib dimiliki oleh Data Scientist adalah kemampuan untuk belajar dengan cepat sehingga bisa beradaptasi dengan kebutuhan skill baru, serta mereka harus bisa berkomunikasi dengan baik agar bisa menjawab pertanyaan bisnis dan menjelaskan hasil yang kompleks dengan bahasa yang sederhana.


4. Pilihan Menjadi Spesialis Bisa Dijadikan Opsi Pilihan

data scientist

Jenjang karir seorang Data Scientist tidak bisa didefinisikan secara pasti. Sehingga menjadi spesialis bisa dijadikan opsi pilihan. Ilmu Data Science bisa kita sederhanakan menjadi tiga bagian utama, yaitu Business Intelligence (yang bertugas mengambil data dan menyajikannya dalam bentuk visual maupun laporan non visual), Decision Science (membuat keputusan berdasarkan data), serta Machine Learning (membuat model dan diterapkan untuk membuat prediksi di data selanjutnya).


Data Scientist yang masih bersifat generalis mungkin bisa mengerjakan ketiga hal tersebut. Namun bukankah hasil dari generalis dan spesialis akan berbeda? Opsi menjadi spesialis dari salah satunya mungkin bisa dipertimbangkan mengingat saat ini sudah muncul role tersendiri seperti untuk Machine Learning Specialist dan Business Intelligence.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab.


Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2022.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :