PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 10 Menit 18 Detik

Ragam 5 Jenis Grafik Anti Meanstream di Excel 2024

Belajar Data Science di Rumah 06-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-08-2024-03-07-193724_x_Thumbnail800.jpg

Excel menjadi salah satu spreadsheet favorit banyak orang. Salah satu alasannya adalah banyaknya fitur yang dimiliki oleh software ini, mulai dari fitur untuk mempermudah proses input data, formula dan fitur untuk cleaning data, fitur untuk analisis data, hingga untuk menyajikannya. Excel yang less coding tapi powerfull juga menjadi daya tarik tersendiri karena jika harus belajar coding baru bisa mengolah data tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama.


Excel juga menyediakan fitur untuk membuat visualisasi data yang menarik. Kita bisa memanfaatkan fitur Chart, Pivot Chart, serta Sparkline. Selain grafik umum seperti bar, line, dan pie chart, Excel juga menyediakan beragam jenis grafik yang lebih unik dan jarang digunakan.


Pada tahun 2024, para pengguna Excel semakin tertarik untuk mengeksplorasi grafik-grafik yang tidak biasa ini untuk membuat visualisasi data yang lebih kreatif dan informatif. Mari kita telusuri lima jenis grafik yang tidak biasa namun berguna yang dapat Anda buat dengan Excel.


1. Treemap

Excel

Treemap adalah jenis grafik yang menampilkan data dalam bentuk blok persegi panjang yang diatur dalam hirarki. Ukuran blok mewakili nilai data, sementara warna dan label dapat digunakan untuk menyoroti informasi tambahan. Grafik ini berguna untuk membandingkan proporsi berbagai kategori dalam dataset yang kompleks, seperti struktur organisasi perusahaan atau alokasi anggaran.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Waterfall Chart

Excel

Waterfall chart adalah grafik yang digunakan untuk menunjukkan perubahan dalam nilai data dari satu periode ke periode berikutnya. Grafik ini terdiri dari bar yang mewakili nilai awal, perubahan positif, perubahan negatif, dan nilai akhir. Waterfall chart sangat berguna dalam menyoroti kontribusi faktor-faktor individu terhadap perubahan keseluruhan.


3. Bubble Chart

Excel

Bubble chart adalah jenis grafik yang menampilkan data dalam bentuk titik-titik dengan ukuran dan warna yang bervariasi. Setiap titik mewakili satu observasi, sementara ukuran dan warna titik dapat digunakan untuk mewakili dimensi tambahan dari data. Grafik ini berguna untuk menunjukkan korelasi antar tiga variabel atau menyoroti anomali dalam dataset.


4. Radar Chart

Excel

Radar chart, juga dikenal sebagai spider chart, adalah grafik yang menampilkan data dalam bentuk poligon dengan titik-titik yang terhubung ke pusat grafik. Setiap titik mewakili satu kategori atau variabel, sementara jarak dari pusat menunjukkan nilai. Grafik ini berguna untuk membandingkan kinerja beberapa variabel dalam satu tampilan.


5. Heatmap

Excel

Heatmap adalah jenis grafik yang menampilkan data dalam bentuk matriks dengan menggunakan skala warna untuk menyoroti nilai. Grafik ini sangat berguna untuk menganalisis pola dan korelasi dalam data multidimensional. Misalnya, dalam analisis kehadiran siswa di sekolah, Anda dapat menggunakan heatmap untuk melihat pola kehadiran berdasarkan waktu dan hari.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Setelah memahami jenis-jenis chart yang umum digunakan, seharusnya kamu tidak akan bingung lagi dalam menentukan chart yang akan digunakan sesuai dengan goals dan jenis data yang dimiliki. Sekarang saatnya Sahabat DQ untuk praktek langsung untuk membuat visualisasi yang menarik.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga menyediakan free modul yang berjudul “Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi” untuk kamu yang ingin belajar Excel namun tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Meskipun bersifat gratis, namun modul ini juga bisa dibilang cukup lengkap agar pemula bisa mengenal Excel secara singkat.


Yuk, buruan sign up di DQLab, dan nikmati fasilitas yang ada!


Penulis: Salsabila Miftah Rezkia


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login