TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 2 Jam 50 Menit 6 Detik

Ragam Elemen Wajib dalam Portofolio Data Science

Belajar Data Science di Rumah 28-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-02-2023-08-30-150203_x_Thumbnail800.jpg

Data science atau keilmuan yang berkaitan dengan data termasuk salah satu bidang ilmu yang perlu dipelajari dan dikuasai di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini. Data science bukanlah ilmu yang berdiri sendiri, melainkan gabungan dari beberapa bidang ilmu seperti matematika, statistika, bahasa pemrograman, sistem informasi, dan lainnya, Orang yang menerapkan data science disebut dengan data scientist. Untuk menjadi seorang data scientist ada beberapa hal yang perlu dilengkapi, salah satunya adalah portofolio data scientist.


Portofolio data scientist adalah suatu lembar atau hasil kerja yang berisi rangkain project data science yang pernah dikerjakan. Untuk membuat portofolio data scientist tentu peserta perlu memahami terlebih dahulu data science serta algoritma atau teknik yang akan digunakan. Pada artikel berikut ini kita akan mengetahui beberapa elemen yang perlu ditampilkan dalam portofolio data agar lebih menarik dan dilirik oleh recruiter.


1. List Project

Seperti yang telah kita ketahui bahwa portofolio data berisi kumpulan project hasil kerja untuk ditampilkan agar dapat dibaca oleh recruiter atau pembaca lainnya dan melihat hasil kerja serta kemampuan menganalisis data seseorang. Adakalanya project yang dikerjakan tidak hanya satu project, melainkan beberapa project. Untuk memudahkan dalam memilih project yang akan ditampilkan penulis bisa membuat list project apa saja yang sekiranya menarik dan pantas untuk dicantumkan dalam portofolio data.

Data Science


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Identitas Diri

Identitas diri adalah salah satu elemen yang tidak boleh terlupakan dalam portofolio data. Hal ini tentunya untuk membuat pembaca mengenali siapakah pemilik portofolio data tersebut, sehingga jika sewaktu-waktu ingin mengetahui portofolio data secara lebih lanjut dapat menghubungi pemilik portofolio data. Identitas diri yang dapat dicantumkan dalam portofolio data bisa berisi nama lengkap, alamat, nomor telepon atau kontak yang bisa dihubungi, akun sosial media, link project (jika ada) dan deskripsi diri secara singkat mengapa terkait dengan data science.

Data Science


3. Visualisasi Data

Pada bagian sebelumnya kita telah mengetahui bahwa berbagai list project yang pernah dikerjakan perlu ditampilkan dalam portofolio data. Agar lebih menarik perhatian dan lebih mudah dipahami oleh pembaca, penulis perlu menampilkan project yang dikerjakan dengan bahasa yang lugas, singkat dan jelas. Selain itu hasil analisis data jua perlu ditampilkan dalam bentuk visual yang sesuai dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Data Science


4. Testimoni Klien

Selain beberapa elemen seperti identitas diri, list project dan visualisasi data, peserta juga bisa menambahkan testimoni klien. Jika penulis sebelumnya telah mengerjakan project untuk klien atau perusahaan tertentu, penulis bisa menampilkan testimoni atau hasil review pengguna jasa sebelumnya. Dengan adanya testimoni klien seperti akan lebih meyakinkan pembaca untuk menggunakan jasa penulis di project-project selanjutnya.

Data Science


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Bagi seseorang yang ingin menjadi data scientist, membuat portofolio data scientist adalah suatu kebutuhan yang perlu dilengkapi. Dengan memiliki portofolio data scientist maka pembaca akan mengetahui skill kita secara singkat. Kamu bisa mulai membangun portofolio data scientist di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning & AI for Beginner  sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :