SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 6 Jam 48 Menit 17 Detik

Ragam Fitur AI Chat GPT untuk Proses Coding

Belajar Data Science di Rumah 16-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-09-2024-01-16-131220_x_Thumbnail800.jpg

Artificial intelligence adalah teknologi kecerdasan buatan merupakan salah satu hal yang sering digunakan untuk membantu pekerjaan manusia dengan menggunakan mesin. Pada era digital ini kita perlu menyesuaikan diri dengan berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi, baik itu dari segi profesi, gaya hidup, dan sebagainya. Dalam hal kecanggihan teknologi, Chat GPT adalah suatu hal yang sedang naik daun. Terdapat beberapa fitur Chat GPT untuk coding di DQLab juga yang perlu kamu ketahui.


Artificial intelligence ini juga memiliki beberapa penerapan seperti melihat peta dengan Google Maps, membuka smartphone dengan sidik jari atau pengenalan wajah, mempermudah sistem dalam perusahaan, adanya virtual assistant, dan masih banyak lainnya. Artificial intelligence juga memiliki beberapa cabang yaitu machine learning, deep learning, natural language processing, computer vision, robotics, expert system, dan neural networks.


1. Manfaat Chat GPT

Setiap bentuk kecanggihan teknologi tentu memiliki fungsi maupun manfaat masing-masing. Hal itu berlaku pula dengan Chat GPT. Chat GPT ini dikenal memiliki berbagai manfaat serta kelebihan dan kekurangannya.


Chat GPT memiliki beberapa manfaat seperti untuk penyedia informasi kepada pengguna yang telah disetting dengan topik khusus maupun umum, pemberi saran atau rekomendasi yang baik, serta dapat meningkatkan produktivitas dikarenakan pekerjaan dapat menjadi lebih efisien.

Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Fitur Chat GPT

Chat GPT hampir sama seperti beberapa sistem kecanggihan teknologi artificial intelligence lainnya yaitu memiliki ciri khas dan berbagai fitur yang dapat digunakan.


Untuk proses coding, beberapa fitur Chat GPT untuk coding antara lain seperti memiliki pemahaman bahasa alami yang canggih, termasuk ke dalam kecerdasan buatan tingkat lanjut, memiliki kemampuan generasi bahasa alami, tersedia selama 24 jam, memiliki kemampuan multi bahasa, skalabilitas yang tinggi dan terintegrasi dengan aplikasi serta layanan lainnya.

Artificial Intelligence



3. Cara Kerja Chat GPT

Chat GPT sama dengan situs lainnya atau aplikasi yang sejenis dengannya,yaitu memiliki cara kerja tersendiri. Chat GPT memiliki cara kerja sebagai berikut: 

  • tokenization, memecah input teks ke dalam potongan-potongan kecil

  • embedding, model mengubah setiap token ke dalam representasi numerik vektor

  • konteks, kecerdasan buatan memahami konteks input pengguna

  • prediksi, memprediksi kata-kata berikutnya yang paling mungkin muncul berdasarkan konteks

  • generate

Artificial Intelligence


4. Cara Menggunakan Chat GPT

Chat GPT memiliki cara penggunaan yang mudah diterapkan, berikut langkah-langkahnya:

  • buka browser dan ketik situs Open AI (https://chat.openai.com/)

  • jika belum memiliki akun, klik sign up. Kamu bisa sign up atau registrasi menggunakan akun google yang dimiliki

  • masukkan nomor pribadi yang aktif yang nantinya akan digunakan untuk menerima kode verifikasi

  • jika kode verifikasi telah diterima, masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan

  • tunggu beberapa saat lalu akan dialihkan ke dashboard Chat GPT

  • jika sudah berhasil masuk, masukkan pertanyaan yang diinginkan dan tunggu sampai Chat GPT berhasil menjawab -pertanyaan

Artificial Intelligence



Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Chat GPT adalah salah satu contoh dari penerapan artificial intelligence.yang cara kerjanya hampir sama dengan chatbot. Kamu bisa belajar bahasa pemrograman sebagai salah satu dasar Chat GPT di  DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login