PROMO 12.12! DISKON 90%
Belajar Data 6 Bulan hanya Rp120K!

0 Hari 0 Jam 35 Menit 6 Detik

Ragam Jenis SQL Join yang Perlu Kamu Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 12-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-06-2023-10-12-183032_x_Thumbnail800.jpg

SQL atau Structured Query Language merupakan bahasa query yang sangat bermanfaat digunakan oleh para praktisi data. Software ini sering digunakan untuk menangani program basis data relasional.


Penggunaan SQL memudahkan dalam mengakses database, mengdeit, memanipulasi, membuat, menghapus, maupun mengedit. Dalam SQL terdapat berbagai fitur atau fungsi yang bisa digunakan, salah satunya adalah SQL join table.


Pada saat membuat database adakalanya kita dihadapkan dengan situasi terdapat banyak tabel. Jika kita memerlukan untuk menggabungkan berbagai macam tabel, kita dapat melakukannya dengan mudah menggunakan SQL.


Kita tidak perlu menyalin atau memindahkan tabel dengan cara manual, melainkan menggunakan fungsi join table dalam SQL. Terdapat beberapa jenis SQL join table yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak bersama-sama!


1. Right Join

Right join merupakan fungsi join SQL yang berfungsi untuk menarik seluruh data dari salah satu tabel walaupun data tersebut tidak ada di tabel satunya. Dalam hal ini right join merupakan salah satu jenis dari fungsi Join yang berguna untuk menampilkan atau mengembalikan semua data yang berada di tabel sebelah kanan dan juga menampilkan data di tabel sebelah kiri yang memenuhi kondisi join.


Adapun data yang tidak berelasi maka data dari tabel kanan tetap ada nilainya namun data di tabel kiri akan menampilkan tulisan NULL.

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Left Join

Sama halnya dengan right join, left join juga termasuk salah satu jenis join SQL. Left join merupakan salah satu jenis dari fungsi Join yang berguna untuk menampilkan atau mengembalikan semua data yang berada di tabel sebelah kiri dan juga menampilkan data di tabel sebelah kanan yang memenuhi kondisi join.


Adapun data yang tidak berelasi maka data dari tabel kiri tetap ada nilainya namun data di tabel kanan akan menampilkan tulisan NULL.

SQL


3. Inner Join

Inner join merupakan salah satu jenis join yang sering digunakan. Inner join berfungsi untuk mengambil semua baris dari beberapa tabel yang ingin digabungkan  dengan syarat table-table tersebut memiliki key kolom yang sama.


Inner join merupakan salah satu fungsi dalam SQL yang digunakan untuk menggabungkan data dari dua tabel atau lebih. Inner join ini hanya akan menampilkan nilai yang sama. Jika terdapat nilai yang tidak sama antara kedua tabel atau lebih maka tidak akan ditampilkan.

SQL


4. Full Join

Jika pada right join maupun left join hanya salah satu tabel saja yang menampilkan semua data dan data sisi lainnya yang ditampilkan hanyalah yang memenuhi kondisi join, maka pada full join ini akan menampilkan keseluruhan baris dari kedua tabel, termasuk yang bernilai NULL.


Full join juga memiliki variasi lain yaitu Full Join Without Intersection, yaitu menampilkan keseluruhan data dari kedua tabel kecuali tabel yang bernilai NULL.



SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Penggunaan SQL join merupakan salah satu fungsi yang banyak dibutuhkan untuk proses pengelolaan database.Kita dapat mempelajari dasar-dasar bahasa SQL di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :