SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 2 Menit 25 Detik

Ragam Karakteristik NLP Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 20-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-07-2024-05-19-100022_x_Thumbnail800.jpg

NLP atau Natural Language Processing sebuah cabang dari ilmu komputer dan kecerdasan buatan yang bertujuan untuk memungkinkan komputer untuk memahami, menganalisis, dan menghasilkan bahasa manusia secara alami. Dengan NLP, komputer dapat diprogram untuk memahami struktur, makna, dan konteks dari teks manusia, serta berinteraksi dengan manusia melalui bahasa manusia yang biasa digunakan sehari-hari. NLP memiliki aplikasi yang luas, termasuk dalam sistem pencarian web, pengenalan ucapan, penerjemahan bahasa, analisis sentimen, dan banyak lagi.


Sebagai seorang pemula mungkin kamu belum tahu bahwa NLP sendiri merupakan bagian dari machine learning. Ini karena dalam pengembangan teknik-teknik NLP, algoritma machine learning digunakan untuk mempelajari pola-pola bahasa dan menghasilkan model-model yang dapat memahami, menginterpretasi, dan bahkan menghasilkan teks secara otomatis.


Dengan demikian, NLP memanfaatkan konsep-konsep dan teknik-teknik machine learning untuk mencapai tujuan-tujuannya dalam memproses bahasa manusia. Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas tentang karakteristik dalam NLP sebagai bagian dari algoritma machine learning? Simak yuk, sahabat DQLab!


1. Kemampuan dalam Memahami Arti di Baliknya

Salah satu karakteristik yang paling mencolok dari NLP adalah kemampuannya yang bisa memahami bahasa manusia. Hal ini meliputi pemahaman dari segi struktur tata bahasa, gaya semantik, dan konteks yang kompleks. NLP juga memungkinkan penggunanya untuk memahami setiap aspek dari bahasa manusia, mulai dari makna kata-kata hingga nuansa emosional dalam komunikasi. 


Dengan menggunakan teknik-teknik seperti pemodelan bahasa dan analisis sentimen, NLP dapat mengidentifikasi tidak hanya apa yang dikatakan seseorang, tetapi juga bagaimana perasaan atau sikap yang terkandung dalam teks tersebut. Ini memungkinkan aplikasi NLP untuk tidak hanya memproses teks secara mekanis, tetapi juga untuk menghasilkan pemahaman yang lebih dalam tentang pesan yang disampaikan oleh pengguna


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2.  Lebih Fleksibel untuk Diterapkan dalam Berbagai Domain

Selain kemampuannya dalam memahami bahasa manusia, NLP juga memiliki daya tarik yaitu lebih fleksibel ketika diterapkan dalam berbagai domain. Misalnya pada analisis teks untuk pengambilan keputusan bisnis, NLP dapat digunakan untuk mengidentifikasi tren pasar, menganalisis umpan balik pelanggan, dan mengekstrak informasi penting dari dokumen-dokumen bisnis. 


Di bidang kesehatan, NLP dapat digunakan untuk menggali pengetahuan dari catatan medis pasien, membantu diagnosis penyakit, dan memantau perkembangan penyakit. Bahkan di bidang hukum, NLP dapat digunakan untuk menganalisis dokumen hukum, mengekstrak informasi penting dari dokumen kontrak, dan mendukung penelitian hukum. Fleksibilitas ini membuat NLP menjadi alat yang sangat berharga dalam berbagai konteks dan industri, memungkinkan penerapan yang luas dan beragam.


3. Berfokus pada Pemahaman Konteks dan Konten

Tak cuma pandai dalam membuat pemahaman terkait kata-kata yang akan dituliskan atau diucapkan, NLP juga berfokus pada pemahaman konteks dari konten yang disajikan. Misalnya saat seseorang mengucapkan satu kata bisa jadi berubah bila disandingkan dengan satu kalimat atau bahkan pada pembicara lain yang mengucapkannya. 


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Pengolahan Teks Secara Otomatis

NLP memungkinkan pengolahan teks secara otomatis. Ini termasuk pengenalan entitas seperti nama orang, tempat, atau organisasi, ekstraksi informasi dari teks yang panjang, dan analisis sentimen dari ulasan atau komentar. Pengolahan otomatis ini sangat berguna dalam berbagai aplikasi seperti analisis media sosial, pencarian informasi, dan pemrosesan dokumen.


Ingin tahu lebih lanjut tentang NLP? Yuk kuasai dan pelajari Machine Learning bareng-bareng bersama DQLab! Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?


  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai machine learning dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login