3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 0 Menit 43 Detik

Ragam Manfaat dan Pentingnya Data Science

Belajar Data Science di Rumah 28-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-05-2023-12-26-205953_x_Thumbnail800.jpg

Diantara kalian mungkin sudah tidak asing dengan istilah data science. Data science adalah salah satu istilah dalam bidang data yang mengolah segala jenis data yang ada pada suatu perusahaan. Kini data science menjadi penting di dunia, hal ini karena perusahaan-perusahaan sekarang digerakan dengan data saat ini. Karena dengan data tersebut suatu perusahaan atau organisasi dapat dikumpulkan dan dianalisis dalam jumlah yang besar untuk membuat suatu keputusan yang tepat dan mendapatkan keunggulan kompetitif. 


Data science memiliki tujuan untuk mengubah suatu data mentah menjadi informasi yang lebih berguna yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang spesifik, memecahkan masalah, dan juga menghasilkan wawasan baru. Tetapi mengapa data science ini sangat penting? Dan apa saja manfaat dari data science ini? Mari kita lihat pembahasannya dalam artikel di bawah ini!


1. Mengapa Data Science Penting?

Data science ini diperlukan karena bisa membantu bisnis dalam menjalankan proses teknologi mereka dengan lebih baik dan lebih canggih. Data science juga sangat penting dalam semua situasi yang melibatkan penggunaan teknologi dan juga data. Dengan menggunakan data science ini perusahaan dapat memaksimalkan waktu, sumber dana, dan juga tenaga kerja yang ada agar dapat berlangsung dengan efisien. 


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Pengambil Keputusan dalam Perusahaan

Data science memiliki beragam manfaat yang dihadirkan. Manfaat pertama adalah dapat mengambil sebuah keputusan dalam sebuah perusahaan. Data science dapat memungkinkan sebuah bisnis untuk membuat keputusan berbasis data yang berdasarkan dari wawasan dan pengetahuan yang sudah diekstrak dari kumpulan data yang besar dan kompleks. Hal ini dapat membantu sebuah organisasi untuk mengidentifikasikan tren dan pola, memprediksi hasil, dan juga membuat keputusan yang lebih tepat.


3. Meningkatkan Efisiensi dalam Bekerja

Manfaat selanjutnya dari data science adalah dapat mengoptimalkan proses dan juga alur operasi dalam tugas atau sebuah project. Dengan adanya data science perusahaan mampu meningkatkan efisiensi dan juga mengurangi biaya yang ada. Contohnya seperti, data science dapat digunakan untuk menyederhanakan manajemen rantai pasokan, mengurangi pemborosan, dan juga meningkatkan layanan pelanggan. 


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Memiliki Inovasi Masa Depan

Dengan memanfaatkan data science ini, dapat memungkinkan sebuah perusahaan untuk bisa berinovasi dengan mengembangkan produk dan juga layanan mereka, menjelajahi pasar baru, bahkan bisa menciptakan model bisnis baru dengan menggunakan data-data yang sudah diolah. Dengan menggunakan data-data tersebut dapat mengidentifikasikan suatu peluang baru dan mengembangkan solusi inovatifnya. Jadi perusahaan akan tetap menjadi yang terdepan dan bisa beradaptasi dengan kondisi pasar yang terus berkembang.


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :