Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ragam Project Machine Learning untuk Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 19-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9ecf99c29b6ffb31c57c8acac8a5d86d_x_Thumbnail800.jpeg

Project data analyst adalah salah satu media yang digunakan untuk menggambarkan seberapa dalam keterampilan yang dikuasai oleh seorang data analyst. Bagi calon data analyst, project ini sangat penting dan dapat menjadi faktor pendukung untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Hal ini karena project-project ini akan menunjukkan kepada perekrutan bahwa kita memiliki keterampilan yang sesuai dan dibutuhkan untuk role pekerjaan tersebut. Paling tidak, project-project ini akan menjadi nilai plus ketika proses sorting kandidat. Dengan adanya project-project ini, kita akan mendapatkan nilai plus daripada kandidat lain yang tidak memiliki portfolio. 


Data analyst memiliki scope pekerjaan yang sangat luas dan berhubungan dengan berbagai bidang. Salah satu ilmu yang akan sering digunakan oleh data analyst terutama data analyst di yang bekerja dengan big data adalah machine learning. Manfaat dari project machine learning adalah untuk mengukur pemahaman kita mengenai machine learning dan tools yang akan digunakan, untuk mengeksplorasi fungsi dan environment bahasa pemrograman yang dibutuhkan, dan melatih keterampilan problem solving. Pertanyaannya, project seperti apa yang cocok untuk pemula? Pada artikel kali ini DQLab akan memberikan ide-ide inspiratif untuk membuat project machine learning yang cocok untuk pemula. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Analisis Sentimen

Data Analyst

Analisis sentimen merupakan salah satu ide project machine learning yang sangat menarik karena berhubungan dengan sosial media yang digunakan oleh jutaan users setiap harinya. Saat ini sosial media sangat berkembang pesat dengan berbagai jenis konten yang diunggah oleh user. Dengan membuat sistem machine learning yang dapat menganalisis sentimen di balik teks atau postingan, kita bisa memahami behavior dari users setiap platform dan memberikan suggestions untuk industri yang memanfaatkan social media agar kinerjanya lebih optimal. 


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Prediksi Harga Saham

Salah satu ide terbaik untuk memulai project machine learning adalah dengan membuat prediksi harga saham. Di era investasi digital seperti saat ini, prediksi saham akan membantu investor retail untuk melihat bagaimana potensi setiap saham. Dengan begitu banyaknya data yang tersedia di pasar saham, data ini adalah sumber ‘emas’ yang bisa dieksplorasi dan dikembangkan menjadi project yang sangat menarik. Beberapa teori yang perlu dikuasai sebelum membuat project ini adalah analisis prediktif, analisis regresi, dan statistics modeling.


Data Analyst


3. Deteksi Objek

Data Analyst 

Deteksi objek merupakan project yang sangat menarik di berbagai bidang industri. Metode yang bisa kita gunakan untuk project deteksi objek ini adalah Deep Neural Network (DNN). Pada project ini kita akan mengembangkan model yang dapat mengklasifikasikan objek dan secara akurat memetakan objek dari kelas yang berbeda. Project ini sangat terkenal, terutama setelah boomingnya drama korea ‘Start-Up’. Project ini bisa diklasifikasikan pada level beginner to medium karena selain pemahaman mengenai machine learning, project ini juga membutuhkan keterampilan deep learning yang mumpuni.


4. Deteksi Hoax 

Mendeteksi hoax merupakan salah satu ide project machine learning yang baik untuk pemula mengingat banyaknya berita hoax yang beredar saat ini, terlebih sebentar lagi adalah tahun pemilu. Pada project ini kita akan menggunakan teknik Natural Language Processing atau disingkat dengan NLP untuk mendeteksi berita palsu dan cerita yang berasal dari sumber yang tidak kredibel. Selain menggunakan NLP kita juga bisa menggunakan metode Naive Bayes untuk mengklasifikasikan berita-berita yang telah kita kumpulkan.


Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum mengerjakan project adalah dengan mempelajari topik yang akan kita gunakan dalam project. Agar proses belajar kita lebih terarah, kita bisa mengikuti kursus yang mengajarkan teoritik dan praktik dengan porsi yang tepat. Salah satu kursus yang banyak direkomendasikan oleh expert adalah DQLabDQLab memiliki berbagai program belajar sesuai kebutuhan kita dengan dukungan modul dan fasilitas lainnya sehingga proses belajar kita lebih terstruktur. Penasaran dengan  DQLab? Yuk daftarkan dirimu dengan klik button di bawah ini dan nikmati fasilitas belajar menyenangkan dan affordable! Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login