PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 51 Menit 47 Detik

Ragam Skill dan Tugas Data Scientist di Sektor Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 11-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-02-2024-06-13-214057_x_Thumbnail800.jpg

Seorang data scientist menggunakan teknik pemrograman untuk mengotomatiskan pengumpulan dan penyimpanan data, bekerja sama dengan departemen perusahaan atau membuat sistem untuk menyimpan informasi dalam database. Data scientist juga dapat membantu perusahaan dan sektor bisnis dengan memberikan wawasan untuk meningkatkan bisnis, mulai dari pengumpulan data hingga visualisasi informasi. 


Bergabung dengan DQLab untuk mempelajari skill yang diperlukan, termasuk modul R, Python, dan SQL. Modul-modul ini dirancang untuk melatih problem solving dan kreativitas dengan studi kasus data riil di Indonesia, dimulai dari kelas persiapan hingga penerapan industri. 


Mantapkan karir Anda dengan memahami tugas data scientist melalui DQLab!


1. Pahami Flow Bisnis Perusahaan

Data Science

Tugas pertama seorang data scientist adalah memahami flow bisnis dan data yang akan digunakan. Ini penting untuk mengidentifikasi permasalahan bisnis yang mungkin terjadi. Memahami data memberikan fondasi analitik untuk penelitian, termasuk membuat ringkasan dan mengidentifikasi potensi masalah. Data scientist memastikan data terdistribusi dengan benar, bebas dari outlier dan missing value, serta sesuai dengan flow bisnis, sebelum data tersebut diperbaiki dalam proses data preparation.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Memeriksa dan Memastikan Data Quality

Data Scientist

Setelah memahami proses bisnis, tugas data scientist adalah memastikan kualitas data melalui pengumpulan dan preparation. Data preparation penting untuk menghasilkan data berkualitas siap analisis, mempengaruhi hasil penemuan insight baru. Misalnya, dalam proyek analisis sentimen dari data Twitter, data harus dibersihkan dari punctuation, missing value, dan duplikasi untuk meningkatkan akurasi analisis dan prediksi. Oleh karena itu, data cleaning dan preparation adalah tugas krusial bagi data scientist.


3. Melakukan Analisis Data untuk Melihat Pola dan Trend

Selain memahami proses bisnis suatu perusahaan dan organisasi seorang data scientist juga bertugas untuk melakukan analisis data yang digunakan untuk mengidentifikasi pola dan trend yang ada. Oleh karena itu, kemampuan analytical thinking seorang data scientist  harus cukup kuat.


Hal ini tentu masih berkesinambungan dengan intuisi bisnis karena setelah memahami proses bisnis dari suatu perusahaan atau organisasi untuk dapat melihat masalah kompleks dari beberapa sudut pandang, kemudian merumuskan solusi paling efektif dan efisien melalui observasi, logika dan penelitian. 


Data Scientist


Kemampuan analisis memang bukan suatu bakat yang sudah ada sejak lahir sehingga. skill  ini dapat kita bentuk dan tanamkan dari waktu ke waktu, dengan cara melatihnya melalui proses pemecahan masalah-masalah sederhana hingga yang rumit.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Menyajikan Data

Tidak hanya memahami bisnis proses, memastikan kualitas data dan melakukan analisis data untuk mengidentifikasi pola dan trend, tapi kamu juga harus mampu menyajikan data yang telah kamu analisis pola dan trend nya tadi. Menyajikan data sebenarnya juga tujuan terakhir dari serangkaian proses tugas dan tanggung jawab kamu sebagai seorang data scientist. 


Dengan melakukan visualisasi data, maka pembaca atau audience dapat lebih cepat dalam menangkap informasi dari data yang kita sajikan, selain itu informasi menjadi mudah diingat karena dalam visualisasi data terdapat warna dan juga pattern tertentu.


Maka kita jadi lebih baik dalam mengkomunikasikan tujuan dari data-data kita yang ingin kita sajikan kepada para pembaca, serta untuk bisa menemukan dan mengkomunikasikan actionable insight.


Segera asah kemampuan Data Scientist kamu sekarang! Jangan khawatir yuk, bergabung bersama DQLab dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science onlinedi DQLab  waktu belajar kamu akan lebih fleksibel dan tentunya dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Kamu bisa mulai dengan free modul DQLab yang bertajuk Introduction to Data Science with Python and R dan dapatkan free sertifikat. Caranya mudah banget, cukup buat akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS atau Sahabat DQ dapat mengikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner, sekarang!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login