LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 1 Jam 13 Menit 15 Detik

Ragam Tips CV Praktisi Data Menarik dengan AI ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 23-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-09-2024-02-23-175729_x_Thumbnail800.jpg

Di era yang semakin kompetitif ini, untuk menunjukkan bahwa kalian seorang data analyst yang andal tentu tidak mudah. Maka, dibutuhkan CV yang berkualitas dan mengesankan. CV yang baik tidak hanya memberikan gambaran tentang pendidikan dan pengalaman, tetapi juga untuk mempresentasikan diri secara efektif kepada perekrut. Di sinilah peran ChatGPT sebagai asisten dapat membantu.


Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, AI ChatGPT dapat mempercantik CV data analyst kalian, membuatnya lebih menonjol dan terkesan profesional. Kalian cukup membuat perintah atau prompt yang spesifik dan jelas, agar hasil yang diberikan juga sesuai kebutuhan. Bagaimana tools ini bisa membantu kalian membuat CV yang menarik? Yuk simak dan praktikkan langsung di akun masing-masing!


1. Bagian Profil Diri

Membuat profil atau ringkasan pada CV sangat penting karena ini menjadi bagian pertama yang dilihat oleh perekrut atau perusahaan ketika meninjau CV kalian. Profil memberikan gambaran singkat tentang siapa kalian, keahlian apa yang dimiliki, dan apa yang kalian bisa lakukan untuk perusahaan. Profil yang baik juga memberikan kesan pertama yang akan mempengaruhi keputusan recruiter.


Dengan memberikan gambaran singkat tentang diri kalian, profil membantu perekrut mendapatkan pemahaman awal tentang kualifikasi kalian sebelum mereka melanjutkan membaca seluruh CV. Hal ini membantu mereka untuk membuat keputusan awal tentang kesesuaian kalian dengan posisi yang ditawarkan.


Nah, ChatGPT bisa menjadi tools bagi kalian untuk membuat ringkasan profil yang menarik. Berikut contoh prompt yang bisa kalian buat.

Artificial Intelligence

ChatGPT akan membantu membuatkan ringkasannya seperti berikut ini.

Artificial Intelligence

Kalian bisa melakukan editing ulang agar bahasanya tidak terlalu kaku seperti hasil AI. Tapi contoh yang diberikan ChatGPT di atas setidaknya sudah cukup membantu kan?


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Penyusunan Pengalaman Kerja

Selain mencantumkan pendidikan dan keahlian, pengalaman kerja atau magang memberikan bukti nyata tentang kemampuan dan kompetensi kalian di dunia kerja. Ini membuktikan bahwa kalian telah menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dalam situasi pekerjaan sebelumnya. 


Pengalaman kerja atau magang juga memperlihatkan penerapan teori dalam praktik, yang menunjukkan kemampuan kalian untuk menghadapi tantangan dan memecahkan masalah dalam lingkungan kerja. Selain itu, juga membantu kalian mengembangkan keterampilan komunikasi, kerja tim, dan kedisiplinan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Perekrut sering mencari kandidat yang memiliki pengalaman kerja karena hal ini menunjukkan kalau kalian telah terbiasa dengan tuntutan pekerjaan dan dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis.


Di bawah ini contoh prompt yang bisa kalian buat. Jelaskan sedetail mungkin agar ChatGPT juga bisa memberikan jawaban dengan lebih baik.

Artificial Intelligence

Berikut hasil yang diberikan oleh ChatGPT.

Artificial Intelligence

Hebat ya, ChatGPT bisa membantu membuatkan contoh detail seperti itu. Kalian tinggal cek ulang dan edit jika ada bagian yang kurang tepat.


Baca juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


3. Penulisan Deskripsi Portofolio

Dengan memiliki portofolio yang berkualitas dan dideskripsikan dengan baik, kalian dapat membedakan diri dari calon lain yang memiliki kualifikasi serupa. Portofolio yang menonjol dapat memberikan kesempatan kepada perekrut untuk melihat secara langsung apa yang kalian dapat lakukan dan bagaimana kalian dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan.


Mencantumkan portofolio juga dapat meningkatkan kepercayaan diri saat berinteraksi dengan perekrut. Kalian dapat melihat proyek atau karya dalam portofolio sebagai bukti dari kemampuan kalian ketika nanti wawancara. Kalian bisa lebih mudah bercerita tentang kelebihan diri kalian dengan menggunakan portofolio tersebut. Portofolio yang terorganisir dan terdeskripsi dengan baik juga mencerminkan dedikasi kalian terhadap bidang data dan kemampuan kalian dalam memecahkan masalah yang berkaitan di bidang data.


Berikut contoh perintah yang bisa kalian tuliskan untuk meminta ChatGPT membuatkan deskripsi portofolio.

Artificial Intelligence

ChatGPT dalam waktu singkat akan membantu kalian. Berikut contoh hasilnya.

Artificial Intelligence

Sebagai produk AI, ChatGPT ternyata dapat digunakan untuk mempermudah setiap kebutuhan. Apakah hanya untuk membuat CV? Tentu tidak! Bahkan kalian bisa menggunakannya untuk belajar data analyst lebih lanjut dan belajar coding Python lebih dalam.


Yuk, eksplorasi ChatGPT untuk kebutuhan belajar tentang data bersama DQLab. Kenapa harus DQLab? Sebagai platform belajar online terbaik, modul ajarnya dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan ChatGPT, sehingga:

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menjadi praktisi data yang andal, atau ikuti  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login