Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ragam Tools Data Science Berbayar vs Gratis

Belajar Data Science di Rumah 25-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e2a78de2a0a056fd8b1d596dd5340778_x_Thumbnail800.jpg

Tools Data Science merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang dirancang khusus untuk memfasilitasi analisis data, pengolahan statistik, dan pembuatan model prediktif. Mereka memungkinkan para profesional Data Science untuk mengakses, memanipulasi, dan menginterpretasikan data dengan lebih efisien. 


Dengan menganalisis data, organisasi dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi. Tools Data Science membantu dalam mengidentifikasi pola, tren, dan wawasan yang dapat membimbing keputusan bisnis yang lebih baik. Dalam rangka memanfaatkan potensi penuh dari era transformasi digital, organisasi perlu mengadopsi tools Data Science yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini akan membantu mereka untuk mengoptimalkan penggunaan data dan mendapatkan keunggulan kompetitif dalam pasar yang terus berubah dan kompetitif saat ini.


Sebagian besar software maupun aplikasi biasanya menawarkan fungsionalitas, kelebihan dan keunggulan pada masing-masing alat sesuai dengan kebutuhan mereka. Ingin tahu ragams tools data science ada apa saja? Yuk, ketahui tools gratis vs berbayar untuk bisa membantu kamu dalam proses analisa data dan visualisasi data!


1. Microsoft Excel vs Spread Sheet

Microsoft Excel merupakan salah satu tools berbayar yang memiliki fitur menguntungkan untuk bekerja secara offline, memungkinkan Shabat DQ untuk mengakses dan mengedit dokumen bahkan ketika tidak terhubung ke internet. Dan bagi pengguna dengan versi berbayar, prioritas akses untuk bantuan teknis dari Microsoft memberikan tingkat layanan tambahan yang sangat menguntungkan untuk memaksimalkan pengalaman pengorpasian analisa data menggunakan Excel untuk keperluan bisnis. 

Di Excel, Sahabat DQ akan punya berbagai macam fitur menarik untuk menghitung statistik. Diantaranya ada AVERAGE, MEDIAN, MODE, STDEV, dan lain sebagainya. Sangat ramah untuk Sahabat DQ yang ingin menghitung statistik dari dasar. Selain itu, ada juga fitur add-in spesial, yakni "Analisis Data". Add-in membantu Sahabat DQ melihat regresi, anova, dan berbagai analisis statistik lainnya dengan lebih detail. Kalo Sahabat DQ butuh analisis yang lebih rumit lagi, Excel juga bisa di aplikasikan pada paket Analisis ToolPak, yang membantu Sahabat DQ untuk analisis yang lebih kompleks. Jadi, Sahabat DQ punya banyak opsi untuk analisis statistik di Excel!


Microsoft Excel Tools Statistik yang Berbayar


Google Sheets menjadi salah satu tools yang memudahkan Sahabat DQ untuk mengakses dan mengoprasikan data pada spreadsheet melalui web tanpa perlu repot-repot mengunduh atau menginstal aplikasi tambahan. Kemampuan untuk bekerja secara bersamaan dalam waktu real time juga memungkinkan kolaborasi tim yang lancar. Namun, penting untuk diingat bahwa pembaruan dan fitur baru mungkin tidak secepat atau sekomplit versi Microsoft Excel. Selain itu, penyimpanan di Google Drive terbatas untuk versi gratis, jadi bijaklah dalam mengelola ruang penyimpanan data Sahabat DQ untuk bisa maksimal dalam proses pengolahan data dan visualisasi data.

Google Sheets mirip dengan Excel dalam hal menyediakan berbagai fungsi statistik terintegrasi seperti AVERAGE, MEDIAN, MODE, STDEV, dan fungsi lainnya. Namun, keunggulan khas Google Sheets terletak pada kemampuannya untuk mendukung kolaborasi secara real-time. Hal ini memungkinkan banyak pengguna untuk bekerja bersama-sama pada satu spreadsheet secara bersamaan, memfasilitasi kerja tim yang efisien. Selain itu, Google Sheets juga menawarkan ekosistem add-on yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan fungsionalitas tambahan, termasuk alat statistik, untuk memenuhi kebutuhan analisis data yang lebih spesifik. Dengan kombinasi fitur-fitur ini, Google Sheets memberikan solusi yang kuat untuk analisis statistik dan kolaborasi tim dalam konteks lingkungan kerja semi formal.

Spread Sheet Tools Statistik yang Berbayar


Baca juga: Cara Kerja Algoritma Data Science Pada Aplikasi


2. Tableau vs Looker Studio

Tableau adalah tools visualisasi data yang dikhususkan untuk keperluan intelijen bisnis (business intelligence). Fungsi dari Tableau adalah mempercepat pembuatan visualisasi interaktif dari pengolahan data tertentu. Fitur penting dari Tableau adalah kemampuannya untuk berinteraksi dengan database, spreadsheet, dan OLAP (Online Analytical Processing). 

data science

Dengan fitur-fitur tersebut, data science tools ini memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan data geografis dan dapat digunakan untuk merencanakan bujur dan lintang pada peta. Tidak hanya itu, Tableau memungkinkan industri perbankan untuk memonitor kinerja bisnis, pergerakan transaksi nasabah, dan potensi untuk melakukan cross-selling produk.



Looker Studio adalah platform analitik yang memungkinkan pengguna untuk menggali dan menganalisis data dengan mudah dan intuitif. Dibuat untuk membantu organisasi memahami data mereka dengan lebih baik, Looker Studio menyediakan berbagai alat visualisasi dan dashboard interaktif yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi wawasan penting secara cepat. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat laporan kustom, melakukan analisis mendalam, dan membagikan temuan dengan tim mereka. Dengan antarmuka pengguna yang ramah dan kemampuan integrasi yang kuat dengan berbagai sumber data, Looker Studio menjadi alat yang sangat berguna bagi organisasi untuk mengoptimalkan penggunaan data mereka dalam pengambilan keputusan bisnis.


3. IBX Watson Studio x Google Colab Jupyter Notebook

Looker Studio adalah platform analitik yang memungkinkan pengguna untuk menggali dan menganalisis data dengan mudah dan intuitif. Dibuat untuk membantu organisasi memahami data mereka dengan lebih baik, Looker Studio menyediakan berbagai alat visualisasi dan dashboard interaktif yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi wawasan penting secara cepat. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat laporan custome, melakukan analisis mendalam, dan membagikan temuan dengan tim mereka. Dengan antarmuka pengguna yang ramah dan kemampuan integrasi yang kuat dengan berbagai sumber data, Looker Studio menjadi alat yang sangat berguna bagi organisasi untuk mengoptimalkan penggunaan data mereka dalam pengambilan keputusan bisnis.

Tools untuk Coding Python Berbayar

Google Colab Jupyter Notebook adalah platform pengembangan berbasis cloud yang dirancang khusus untuk menulis dan mengeksekusi kode Python dalam format notebook interaktif. Fokus utama dari Colab adalah memfasilitasi analisis data, eksperimen machine learning, dan pengembangan proyek data science menggunakan bahasa pemrograman Python. Keunggulan lainnya terletak pada kemampuan untuk berkolaborasi dan berbagi proyek dalam lingkungan notebook yang sama, memudahkan tim untuk bekerja bersama dalam pengembangan proyek.

Tools untuk Coding Python Gratis


7. Google BigQuery vs Apache Spark

Google BigQuery merupakan sebuah layanan komputasi terkelola yang disediakan oleh Google Cloud Platform (GCP) untuk melakukan analisis data besar (big data) secara cepat dan efisien. Platform ini dirancang khusus untuk memproses dan menganalisis set data yang sangat besar dalam skala petabyte dengan kecepatan tinggi. BigQuery menggunakan pendekatan pemrosesan paralel yang kuat untuk mengeksekusi kueri SQL pada data yang disimpan di infrastruktur Google.

Tools untuk Analisis Big Data Berbayar


Apache Superset adalah aplikasi visualisasi data berbasis web. Superset dapat digunakan untuk eksplorasi dan visualisasi data dalam berbagai pilihan diagram, mulai dari diagram pie sederhana hingga diagram geospasial yang sangat detail. Tidak hanya menyediakan pilihan visualisasi data yang beragam, 

data science

Tools untuk Analisis Big Data Gratis


Apache Superset juga memiliki keunggulan yang memungkinkan Data Analyst membangun visualisasi custom. Selain mendukung visualisasi data, data science tools ini mendukung sebagian besar database berbasis SQL melalui SQLAlchemy. Hal ini memungkinkan integrasi ke berbagai platform SQL, seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle, Microsoft SQL Server, Redshift, MariaDB, SQLite, dan banyak lagi


Ingin mengasah skill dan berkarir menjadi data science secara mandiri dan tanpa terikat peraturan, waktu, dan tempat? Apalagi ingin belajar lebih banyak terkait tools-tools yang ada dalam data science? Yuk belajar dengan modul dari DQLab! Modul DQLab disusun oleh expertise yang sudah didesain mulai untuk pemula hingga tingkat lanjut sehingga bisa diakses dan dipelajari oleh siapapun.


Coba modul gratis "Introduction to Data Science" dengan bahasa pemrograman dan tools yang banyak digunakan oleh data scientist professional dan nikmati sensasi menggunakan live code editor sehingga kita tidak perlu membuka software tambahan. Selamat belajar sahabat DQLab!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login