SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 12 Menit 5 Detik

Ragam Tools Data Scientist Populer di Tahun 2023

Belajar Data Science di Rumah 25-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-02-2023-08-25-221038_x_Thumbnail800.jpg

Jika berbicara mengenai profesi kekinian, salah satu yang mudah diingat adalah profesi data scientist. Profesi ini dikenal dengan profesi terseksi di abad ini dan memiliki banyak peminat. Dalam menjalankan tugas serta tanggung jawabnya, data scientist memerlukan tools atau aplikasi yang bisa digunakan sesuai keperluan. Saat ini telah banyak tersedia tools data scientist yang memiliki beragam karakteristik dan kelebihan serta kekurangannya masing-masing.


Data scientist adalah profesi yang secara umum bertanggung jawab terhadap big data. Keberadaan big data pada masa kini memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Kecanggihan teknologi yang terus berkembang menjadikan big data semakin mudah terkumpul dan mudah diakses oleh pengguna. Untuk menindaklanjuti big data agar menjadi informasi yang bisa disimpulkan maka diperlukannya peran data scientist serta penggunaan tools data scientist yang bisa digunakan.


1. Jupyter Notebook

Jupyter Notebook adalah suatu aplikasi yang perlu dikuasai oleh data scientist maupun profesi praktisi data lainnya. Aplikasi ini membantu data scientist dalam membuat narasi komputasi. Jupyter Notebook memiliki beberapa fitur yaitu File, View, Edit, Insert, Kernel, Cell, Widget, dan Help. Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu mudah digunakan untuk menulis berbagai teks maupun kode, membuat kerjasama antara insinyur dan data scientist kebih mudah dan lancar, serta memudahkan data scientist dalam melakukan kolaborasi dengan sesama praktisi data.

data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Google Data Studio

Google Data Studio merupakan salah satu tools bagian dari Google dan sering digunakan untuk proses analisis data. Google Data Studio ini seringkali digunakan untuk visualisasi data. Namun tidak hanya itu, tools ini dapat digunakan untuk fungsi lainnya seperti integrasi data, transformasi data, dan sharing data. Beberapa keunggulan Google data Studio yang menjadi bahan pertimbangan untuk digunakan para praktisi data antara lain mudah dibagikan, pilihan widget yang lengkap, template gratis, laporan mudah dibaca, bersifat gratis,  memiliki data dari banyak sumber, mudah digunakan, mudah dikustomisasi, dan mudah dipelajari.

data scientist


3. Python

Mendengar istilah bahasa python tentunya sudah bukan hal yang asing bagi para pecinta data maupun orang yang sudah terbiasa dengan dunia pemrograman. Bahasa python ini seringkali digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti membuat aplikasi, menganalisis data, membuat game, mengembangkan website, dan lainnya. Bahasa python ini termasuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi dan sering dipilih oleh para pemula. Pertimbangannya adalah dikarenakan bahasa python ini termasuk bahasa pemrograman yang sintaksnya yang sederhana serta mudah dipahami. 


4. TensorFlow

Tensorflow adalah suatu framework yang bersifat open source yang biasa digunakan untuk melatih model machine learning. Tensorflow ini memiliki komponen inti yaitu tensor dan grafik komputasi yang melintasi node hingga edge. Tensorflow memperkenalkan ekosistem yang menyediakan kumpulan alur kerja untuk mengembangkan dan melatih model. Saat ini aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk menerapkan machine learning dan memecahkan masalah perusahaan.

data scientist

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Tools data scientist adalah salah satu keahlian yang dibutuhkan oleh data scientist yang harus dikuasai. Penggunaan big data di era kini sangat tidak memungkinkan jika dianalisis dengan cara manual sehingga memerlukan bantuan tools data scientist. 


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning & AI sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login