Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Ragu Menggunakan Cloud Hosting untuk Website? Simak 6 Keunggulannya!

Belajar Data Science di Rumah 06-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dc7b7e064e9154ed9ee726366617ead8_x_Thumbnail800.jpg

Di era tranformasi digital saat ini sejumlah perkembangan teknologi mengalami kemajuan. Hal ini mengubah segalanya menjadi lebih mudah dan cepat. Dulu, ketika kamu ingin membuat sebuah website, maka kamu perlu menggunakan dedicated server yang hanya tersedia di satu tempat saja. Tentu hal ini menjadi salah satu kendala kecepatan website. Tapi kini cloud hosting hadir sebagai solusi, memberikan kemudahan dalam urusan server dan website.


Sederhananya cloud hosting dapat diartikan sebagai layanan hosting yang terhubung dengan banyak server. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu khawatir lagi akan ketidakstabilan dan sumber daya yang terbatas. Dengan adanya teknologi ini diharapkan bisa memberikanmu sumber daya yang tak terbatas. Sehingga penambahan server baru tidak mengganggu server lain yang sedang berjalan. Masih penasaran sama keunggulan cloud hosting lainnya? Simak informasi berikut ya!


1. Lebih Mudah Diakses

Penggunaan cloud hosting pada website membuatmu lebih mudah mengakses data atau aplikasi. Kamu tidak perlu mengakses dengan satu komputer yang sama saat mengakses data saat bekerja. Sebab, data yang kamu butuhkan mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. Server yang berada di berbagai tempat membuat hal ini menjadi kenyataan. Tentu hal ini akan membuat waktumu menjadi lebih efisien.


Baca juga : Mengenal Teknologi Machine Learning Serta Penerapannya Dalam Dunia Bisnis


2. Fleksibilitas yang Dapat Diandalkan

Biasanya ketika kamu menggunakan dedicated computer, maka kamu akan menghabiskan lebih banyak pengeluaran, waktu, dan tenaga. Tapi berkat cloud hosting, kamu cukup melakukan self-provisioning. Dengan memakai cloud hosting, itu artinya kamu tidak perlu menggunakan komputer yang khusus dipakai untuk mengakses data.


Salah satu fitur yang disediakan oleh perusahaan hosting untuk memudahkan pemakaian serta akses data adalah self-provisioning. Self-provisioning adalah ketika pengguna bisa menyediakan sumber daya sendiri untuk mengatur serta memakai layanan, tanpa adanya campur tangan dari orang IT atau orang dari penyedia layanan.


3. Lebih Stabil Dibanding Shared Hosting

Ketika terjadi traffic pada sebuah website, biasanya website menjadi lebih sulit diakses. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika kamu menggunakan cloud hosting. Dengan menggunakan cloud hosting, website tidak akan down meskipun saat terjadi lonjakan traffic. Tentu hal ini akan sangat berguna bagi website yang mengalami lonjakan traffic dalam beberapa waktu tertentu. Misalnya seperti website penyedia tiket.


4. Manajemen Server Lebih Mudah

Dalam maintenance website, manajemen server menjadi salah satu hal yang cukup vital. Manejemen server tentu akan lebih mudah dilakukan karena semuanya bisa dipantau langsung melalui website. Misalnya saja dengan memantaunya dari dashboard cPanel. Dari sini kamu sudah bisa mengetahui banyak hal terkait websitemu, mulai dari melakukan upgrade, perubahan, status server global, bahkan menambah software baru karena sudah ada tools di dalamnya.


Baca juga : 6 Bulan Lulus Kuliah, Raisa Berhasil Berkarir Menjadi Data Anaylst dengan Belajar SQL bersama DQLab


5. Data Dapat Diakses Kapan Saja

Sistem cloud memang dibentuk untuk memastikan ketersediaan data dapat diakses secara maksimal selama 24 jam. Desain yang high availability membuat sistem cloud berada dalam data center yang terjamin. Mulai dari ketersediaan listrik, pendingin ruangan, serta beberapa kebutuhan lain yang membuat kinerja server menjadi lebih optimal.


6. Biaya Lebih Ramah Kantong

Diantara keunggulan lainnya, mungkin ini yang kamu cari. Salah satu kelebihan cloud hosting adalah biaya yang jauh lebih murah. Pasalnya, penggunaan server versi lama akan memakan biaya lebih besar di bagian operasional komputer, serta kebutuhan yang menyangkut hardware. Tapi kini dengan cloud hosting, kamu tak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi. Gimana, tertarik menggunakan cloud hosting?


7. Optimalkan Websitemu dengan Data Science

Dalam pengelolaan website, data menjadi salah satu bekal utama untuk mengembangkan website. Tidak hanya sebatas website, dengan data kamu juga bisa meningkatkan bisnis perusahaan atau bisnis yang sedang kamu jalani. Data yang dimanfaatkan dan diolah dengan baik akan menghasilkan sejumlah informasi penting yang bisa kamu gunakan sebagai tolok ukur pengambilan keputusan yang bisa membawa dampak positif bagi kemajuan bisnis. Pengolahan data hanya bisa dilakukan jika kamu memiliki ilmu data science.


Mempelajari data science di saat ini adalah investasi besar untuk masa depan, apalagi jika melihat proses digitalisasi yang terus terjadi. Di DQLab, kamu bisa memulainya sekarang juga. Kursus online yang ditawarkan, memungkinkan kamu untuk bisa belajar dimana saja dan kapan pun. Kamu bisa mengakses modul pembelajaran secara gratis di DQLab.id. Nantinya, akan ada arahan dan bantuan dari fitur Live Code Editor yang akan membantumu menyelesaikan modul-modul tersebut. Selain itu kamu juga bisa mulai bangun website kamu bersama Dewaweb lho. Selamat mencoba!


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!