SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 44 Menit 20 Detik

Role Data Scientist di Tahun 2024, Catat Ya!

Belajar Data Science di Rumah 07-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-02-2023-11-08-145149_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist merupakan sebuah profesi yang tugasnya tidak jauh dari data, khususnya data berukuran dan bervolume besar. Profesi ini lebih berfokus pada pengumpulan dan analisis dataset terstruktur dan tidak terstruktur. Peran data scientist merupakan kombinasi dari computer science, statistics, dan matematika. Tugas mereka adalah menganalisis, memproses, dan membangun model data kemudian diinterpretasikan hasilnya sebagai bahan pengambilan keputusan bagi perusahaan atau organisasi.


Data scientist adalah expert di bidang analisis yang menggunakan skills-nya dalam teknologi dan social science untuk menemukan trend dan mengelola data. Mereka menggunakan pengetahuan industri, pemahaman kontekstual, dan asumsi yang ada untuk memberikan solusi terhadap masalah atau kendala yang dihadapi oleh perusahaan. 


Data scientist yang sudah berpengalaman bekerja untuk mengembangkan best practices dari perusahaan mulai dari membersihkan hingga menyimpan data. Mereka sering bekerja dengan tim lain di perusahaan seperti marketing, customer success, dan operation.


Data scientist sangat penting untuk mengolah data sehingga tidak heran jika banyak perusahaan yang membutuhkan profesi ini. 


Di masa dimana data terus berkembang, profesi yang berhubungan dengan big data terus bertambah. Profesi-profesi ini sering kali memiliki kesamaan tugas dengan data scientist, hanya saja penyebutannya berbeda karena ada fokus yang mungkin ditambah atau dikurangi.


Penasaran apa saja profesi tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Machine Learning Scientist

Data Scientist


Machine learning scientist sering dikenal dengan istilah scientist karena memerlukan penelitian untuk mengembangkan algoritma dan insight baru. Dalam hal ini, seorang machine learning scientist meneliti pendekatan baru untuk manipulasi data untuk merancang algoritma baru.


Mereka sering menjadi bagian dari tim R&D dan fokus pekerjaan profesi ini mengarah pada penelitian yang akan diterbitkan. Machine learning scientist lebih banyak bekerja di dunia akademik daripada industri.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Machine Learning Engineer

Data Scientist


Machine learning engineer sangat diminati saat ini. Pekerjaan machine learning engineer tidak jauh-jauh dari algoritma machine learning seperti clustering dan klasifikasi. Untuk menjadi seorang machine learning engineer seseorang harus memiliki pemahaman statistik dan pemrograman yang kuat serta basic knowledge mengenai rekayasa software.


Selain merancang dan membangun sistem machine learning, profesi ini juga harus menjalankan pengujian seperti A/B testing sambil memantau kinerja dan fungsionalitas sistem yang berbeda.


3. BI Developer

Data Scientist


Business intelligence developer atau dikenal juga dengan BI developer bertanggung jawab untuk merancang strategi yang memungkinkan bisnis menemukan informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan dengan cepat dan efisien.


Untuk menunjang dan mempermudah pekerjaannya, seorang BI developer harus bisa menggunakan alat BI baru atau merancang tools khusus yang menyediakan analisis dan insight bisnis.


Pekerjaan BI developer sebagian besar berorientasi pada bisnis sehingga mereka harus memiliki basic knowledge mengenai dasar-dasar strategi bisnis serta seluk beluk model perusahaan mereka.


4. Data Scientist

Data Scientist


Data scientist menangani semua aspek proyek mulai dari memetakan apa yang penting bagi bisnis, hingga pengumpulan dan analisis data, dan terakhir visualisasi dan presentasi data. Seorang data scientist dikenal dengan jack of all trades.


Mereka dapat menawarkan insight mengenai solusi terbaik dari proyek dan menemukan pola dan trend yang lebih besar dalam data. Selain itu, perusahaan sering meminta data scientist untuk meneliti dan mengembangkan algoritma baru. Data scientist di suatu perusahaan tidak jarang menangani tiga tugas sebelumnya. 


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Setelah mengetahui profesi-profesi di atas, apakah kamu mulai tertarik untuk berkarir di dunia data? Masih bingung harus mulai belajar dari mana? Yuk belajar dengan modul bersama DQLab! DQLab merupakan salah satu kursus machine learning yang banyak direkomendasikan oleh data scientist karena program belajar yang menyenangkan, terstruktur, ringkas, padat, dan mudah dipahami. 


Yuk perdalam pemahaman kamu mengenai data science dan machine learning dengan belajar modul-modul dari DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login