#OCTOFEST 70% + 85% OFF!
Belajar Data Online 6 Bulan Anti Ribet cuma Rp. 150K!
0 Hari 0 Jam 35 Menit 31 Detik

Rumus Excel Analisis Penjualan dengan ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 05-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/63249ca6fd0de1f2a14588ef6f1a160b_x_Thumbnail800.jpeg

Excel merupakan spreadsheet yang populer dan sering digunakan untuk mengorganisir dan menganalisis data. Dengan menggunakan berbagai rumus dan fungsi yang tersedia di Excel, kalian dapat dengan mudah mengolah data apapun dan mendapatkan insight yang berharga untuk pengambilan keputusan. Terutama pada proses penjualan. Dengan Excel, kalian bisa menganalisis performa bisnis yang kalian punya, dan merancang strategi yang lebih baik dari informasi tersebut.


Namun kadang, Excel memiliki banyak rumus yang sulit untuk dihafalkan. Nah, dengan menggunakan Chat GPT, kalian bisa dengan mudah membuat rumus Excel tanpa harus menghafalnya. Bagaimana produk AI satu ini dapat menyederhanakan proses analisis penjualan? Yuk simak tutorial berikut!


1. Persiapkan Data Penjualan di Excel

Siapkan data Excel yang ingin kalian analisis. Misalnya pada tutorial kali ini terdapat data penjualan baju di tahun 2022. Data ini terdiri dari kolom Bulan dan kolom Jumlah. Kemudian akan dicari tahu nilai dari Total penjualan, Rata-rata penjualan, Penjualan tertinggi, dan Penjualan terendah. Perhatikan Excel berikut untuk lebih memahami datanya.

Artificial Intelligence


2. Menghitung Total Penjualan

Kita akan mulai dengan menghitung Total Penjualan. Buka ChatGPT > New Chat. Pertama karena ChatGPT tidak dapat membaca secara langsung Excel yang kalian punya, berikan gambaran secara detail kondisi Excel kalian. Dalam contoh di atas, kalian bisa menjelaskan bahwa Excel Penjualan memiliki dua kolom dan sebutkan range dari masing-masing kolom. Seperti Bulan di B5:B16 dan Jumlah penjualan di range C5:C16.


Detail range ini berfungsi agar ChatGPT mampu membuatkan rumus Excel yang lebih spesifik seperti kondisi Excel kalian sebenarnya. Sehingga nantinya, rumus yang diberikan cukup kalian salin ke Excel. Untuk analisis pertama, kita akan menghitung Total penjualan. Tanyakan pada ChatGPT “Bagaimana cara menghitung total penjualannya di Excel?”

Artificial Intelligence

Secara otomatis, ChatGPT akan membantu menjelaskan secara detail yang harus kalian lakukan.

Artificial Intelligence

Salin rumus yang sudah diberikan ChatGPT ke Excel kalian seperti berikut.

Artificial Intelligence

Dengan Enter, kalian akan secara otomatis mendapatkan nilai yang diinginkan. Dalam hal ini total penjualan baju di tahun 2022 sebanyak 16.458 baju.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


3. Menghitung Rata-rata Penjualan

Selanjutnya kita akan melakukan analisis yang kedua yaitu Rata-rata penjualan. Cara yang sama, tuliskan bahwa dengan menggunakan data sebelumnya, bagaimana cara menghitung rata-rata penjualan? ChatGPT akan membantu membuatkan rumus Excel lagi untuk menghitungnya.

Artificial Intelligence

Salin kembali hasil yang dituliskan ChatGPT ke Excel milik kalian.

Artificial Intelligence

Diperoleh nilai rata-rata penjualan sebanyak 1.371,5.


4. Mengetahui Penjualan Tertinggi dan Terendah

Kalian juga bisa menggunakan ChatGPT untuk mengetahui penjualan tertinggi dan terendah dari data tersebut. Lanjutkan dengan cara yang sama dengan mengetikkan “bagaimana cara mengetahui penjualan tertinggi dan penjualan yang terendah?”

Artificial Intelligence

ChatGPT akan menjelaskan cara mendapatkan penjualan tertinggi. Diperoleh rumus =MAX, maka salin kembali rumus tersebut. Perhatikan hasilnya seperti contoh di bawah ini.

Artificial Intelligence

Begitu juga untuk rumus penjualan terendah, ChatGPT juga akan menjelaskan dengan detail rumusnya seperti berikut.

Artificial Intelligence

Jangan lupa salin kembali nilai tersebut ke sel yang bersesuaian seperti contoh berikut ini.

Artificial Intelligence


Baca juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


Wah, ternyata ChatGPT sangat membantu untuk mempercepat pekerjaan analisis data, ya? Dengan ini kalian tidak perlu repot untuk menghapal setiap rumus Excel lagi. Cukup dengan menjelaskan secara detail pada ChatGPT apa yang kalian butuhkan, maka secara otomatis, rumus Excel yang diinginkan akan jadi.


Yuk, eksplorasi lebih jauh lagi penggunaan ChatGPT bersama DQLab. Modul ajar di platform ini dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Jadi, tidak terbatas seperti contoh di atas, nih. DQLab juga mengintegrasikan modul dan ChatGPT , sehingga:

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail rumus yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan rumus yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada rumus

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun

Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :