PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 21 Jam 16 Menit 32 Detik 

Rumus Excel Dasar Simpel, Pemula Wajib Bisa

Belajar Data Science di Rumah 08-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/975e83708082673e812ed24475aff83a_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini, data merupakan sumberdaya yang sangat berlimpah. Tetapi ketika tidak diproses dengan benar akan menimbulkan misconception, sehingga insight atau pengetahuan yang ditampilkan juga akan kacau. Pemrosesan data yang sederhana dapat dilakukan melalui excel bahkan hingga proses analisis yang mendalam. 


Di Microsoft Excel, rumus adalah ekspresi yang beroperasi pada nilai dalam rentang sel. Rumus ini mengembalikan hasil, bahkan ketika itu adalah kesalahan. Rumus Excel memungkinkan Sahabat DQ melakukan perhitungan seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Selain itu, Sahabat DQ dapat mengetahui rata-rata dan menghitung persentase di excel untuk rentang sel, memanipulasi nilai tanggal dan waktu, dan melakukan lebih banyak lagi.


Ada banyak rumus dan fungsi Excel tergantung pada jenis operasi yang ingin Sahabat DQ lakukan pada kumpulan data. Kita akan melihat rumus dan fungsi pada operasi matematika, fungsi karakter-teks, data dan waktu, sumif-countif, dan beberapa fungsi pencarian.


Yuk kuasai beberapa rumus berikut ini!


1. MODULUS

Fungsi MOD() berfungsi untuk mengembalikan sisanya ketika angka tertentu dibagi dengan pembagi. 

Excel

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Replace atau Mengganti dengan

Seperti namanya, fungsi REPLACE() berfungsi untuk mengganti bagian dari string teks dengan string teks yang berbeda. Sintaksnya adalah “= REPLACE(text_lama, runut_text, jumlah_huruf, text_pengganti)”. Di sini, start_num mengacu pada posisi indeks yang ingin Sahabat DQ mulai mengganti karakternya. Selanjutnya, num_chars menunjukkan jumlah karakter yang ingin Sahabat DQ ganti.

Excel


3. LEFT, RIGHT, MID

Fungsi LEFT() memberikan jumlah karakter dari awal string teks. Sementara itu, fungsi MID() mengembalikan karakter dari tengah string teks, dengan posisi awal dan panjang. Terakhir, fungsi right() mengembalikan jumlah karakter dari akhir string teks.

Excel


4.UPPER, LOWER, PROPER

Fungsi UPPER() mengonversi string teks apapun menjadi huruf besar. Sebaliknya, fungsi LOWER() mengonversi string teks apapun menjadi huruf kecil. Fungsi PROPER() mengonversi string teks apapun menjadi huruf besar, yaitu, huruf pertama di setiap kata akan ditulis dalam huruf besar, dan huruf lainnya dalam huruf kecil.

Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Belajar memulai karir sebagai praktisi data science dengan menggunakan Python, R dan SQL sederhana dengan sign up dan login melalui DQLab Academy! Yuk nikmati kemudahan belajar tanpa ribet melalui live code editor DQLab. Belajar sambil buat portfolio dengan modul DQLab! 


Signup sekarang atau isi form dibawah ini ya Sahabat DQ!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :