2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 4 Menit 11 Detik

Serba Serbi ChatGPT untuk Buat CV Profesi Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 27-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-09-2024-04-26-193438_x_Thumbnail800.jpg

Dalam dunia kerja yang kompetitif saat ini, memiliki resume yang kuat dan mengesankan sangat penting untuk menonjol dibandingkan dengan kandidat lain. Namun, bagaimana bisa kalian memastikan bahwa resume kalian sudah menarik di mata para recruiter untuk bisa menunjukkan keahlian dan pencapaian kalian secara efektif. Salah satu cara untuk membantu kalian menyelesaikan masalah ini adalah dengan menggunakan Chat GPT. Alat AI yang bisa bisa membantu kalian dalam membuat resume menjadi lebih menarik dan menonjolkan profil profesional kalian. 


Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana kalian bisa memanfaatkan Chat GPT secara efektif untuk bisa menuliskan resume yang mengesankan, sekaligus membahas informasi penting apa saja yang harus kalian berikan. Seperti apakah itu? Mari kita simak artikel di bawah ini!


1. Membuat Resume Ramah ATS Dengan Menggunakan Chat GPT

Melamar pekerjaan pada platform digital seperti ini pastinya resume milik kalian akan melewati banyak sekali rintangan dibandingkan sebelumnya. Selain itu, resume saat ini harus dilengkapi dengan ATS (Applicant Tracking Systems) perangkat lunak canggih yang digunakan oleh sebagian besar perusahaan untuk menyaring ribuan resume.


Membuat resume yang ramah ATS membutuhkan perhatian dan perhatian ekstra pada format dan kata kuncinya. Chat GPT bisa membantu kalian dalam membuat struktur resume, format, dan konten untuk membantu mengoptimalkannya untuk sistem ATS. Kalian bisa menyempurnakan resume kalian secara berulang sampai mencapai keseimbangan yang tepat antara bacaan perekrut dan struktur untuk sistem pelacakan pemalar.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Artificial Intelligence


2. Menyesuaikan Resume Berdasarkan Deskripsi Pekerjaan

Saat melamar pekerjaan, penting untuk menyesuaikan resume kalian dengan hati-hati untuk setiap peran tertentu. Memahami deskripsi pekerjaan dan juga menyesuaikan resume kalian untuk bisa menyoroti bagaimana kualifikasi dan juga pengalaman kalian selaras dengan apa yang dicari di dalam perusahaan yang bisa dicari perusahaan bisa sangat meningkatkan peluang kalian untuk bisa mendapatkan wawancara.


Tetapi, untuk menganalisis deskripsi pekerjaan dan juga memodifikasi resume kalian untuk setiap lamaran bisa menjadi proses yang akan memakan waktu yang cukup lama. 


3. Koreksi Resume Dengan Menggunakan Chat GPT

Menyempurnakan resume kalian adalah hal yang sangat penting untuk bisa mendapatkan lebih banyak wawancara kerja. Tetapi, mungkin sulit untuk mengoreksi portofolio kalian secara objektif karena terlalu familiar dengan isinya. Bahkan dengan beberapa revisi, sangat mudah untuk melewatkan kesalahan ketik, kesalahan format, atau area yang harus diperbaiki.


Nah dengan menggunakan Chat GPT bisa membantu kalian untuk mengkoneksikan resume kalian ke tingkat berikutnya. Selain kesalahan ketik dan juga kesalahan dalam tampilan, Chat GPT juga dapat memberikan saran tentang cara memperkuat berbagai elemen, seperti menyusun ulang poin-poin penting untuk bisa memberikan dampak yang lebih baik dan juga bisa mendapatkan masukan tentang keseluruhan alur dan nada.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Contoh CV Praktisi Data

Dengan adanya Chat GPT ini kalian bisa membuat melihat bagaimana contoh kerangka CV yang singkat, padat, dan jelas. Kalian juga dapat menggunakan Chat GPT ini untuk menemukan informasi tentang posisi yang ingin kalian lamar di masa depan dengan cara bertanya.


Kalian sebaiknya tidak hanya bergantung pada AI ini saja, tetapi juga aktif mencari informasi terbaru dari berbagai sumber media lainnya agar kalian mendapatkan pembaruan yang lebih up-to-date, lengkap, dan menarik.


Artificial Intelligence


Pertajam skill data kamu dengan mengikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner untuk kuasai AI agar lebih mahir di bidang Excel. Self learning menyenangkan tanpa khawatir overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login