2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 53 Menit 44 Detik

Serba Serbi Natural Language Processing, Sudah Tahu?

Belajar Data Science di Rumah 13-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-07-2024-05-13-155704_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning atau mesin pembelajar merupakan suatu hal yang perlu dipelajari oleh berbagai macam profesi yang berkaitan dengan teknologi informasi maupun bidang data. Machine learning ini bisa berguna untuk berbagai hal mulai dari mempermudah proses analisis data, memprediksi sesuatu dengan lebih akurat, dan lainnya. Beberapa contoh dari machine learning sering kita jumpai, salah satunya adalah natural language processing (NLP).


Natural language processing atau bisa disingkat dengan NLP merupakan sebuah teknologi machine learning yang dapat digunakan untuk menginterpretasi, memanipulasi dan memahami bahasa manusia. Mempelajari NLP memiliki berbagai manfaat  dalam bisnis, antara lain seperti dapat melakukan analisis skala besar, melakukan analisis yang lebih objektif dan akurat, menghemat biaya waktu dan produksi, dan lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali serba serbi NLP yang perlu kamu ketahui.


1. Cara Kerja NLP

NLP memiliki cara kerja yang perlu kita pahami. NLP memiliki cara kerja dengan menguraikan bahasa manusia menjadi bagian-bagian kecil, memilih kata-kata unik yang memiliki informasi penting, mengidentifikasi dan mengkategorikan nama-nama khusus dalam teks, analisis konteks, pengolahan bahasa alami, dan selanjutnya adalah mengintegrasikan teknik-teknik machine learning untuk meningkatkan kemampuannya dalam memahami dan merespons bahasa manusia.

Machine Learning

Sumber : Forbes


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Komponen Utama NLP

NLP memiliki beberapa komponen yang digunakan untuk menunjang agar dapat bekerja dengan lebih efektif. Beberapa komponen NLP antara lain seperti

  • penguraian teks, teks dipecah menjadi elemen yang lebih kecil

  • pengenalan entitas bernama

  • pemisahan kata, pemisahan teks menjadi token

  • penandaan bagian ucapan, melibatkan setiap kata dalam sebuah teks dengan kategori gramatikalnya

  • lematisasi dan stemming

  • pengenalan [pola dan penggolongan teks

  • analisis semantik

  • machine learning


3. Algoritma NLP

NLP termasuk bagian dari artificial intelligence yang secara umum memiliki dua jenis algoritma, yaitu rules-based system dan machine learning-based system. Rules-based system ini menggunakan aturan linguistik yang dirancang dengan teliti dan bahkan digunakan sampai saat ini. Machine learning-based system menggunakan metode statistik dan nantinya akan melakukan tugas berdasarkan data training. Algoritma ini juga bisa menyesuaikan dengan data yang ada.


4. Contoh NLP

Dalam keseharian kita mungkin sering menjumpai contoh penerapan dari NLP, hanya saja terkadang kita tidak menyadarinya. Beberapa contoh NLP yang perlu diketahui antara lain seperti pendeteksi pesan spam pada email, virtual assistant atau chatbot, text summarization, analisis sentimen media sosial, mesin penerjemah, rekomendasi konteks, pengenalan suara, analisis teks besar, dan masih banyak lainnya.

Machine Learning

Sumber : NordVPN


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Dasar-dasar machine learning perlu dipelajari oleh siapapun, terutama bagi kita yang ingin update dengan perkembangan data. Kamu bisa belajar machine learning dari dasar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login