Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Serba-Serbi Rumus Dasar Deviasi Excel

Belajar Data Science di Rumah 29-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/92f4886bf4909a7febbff30bc7fc3014_x_Thumbnail800.jpeg

Rumus dasar yang cukup sering dipakai dalam excel adalah rumus deviasi. Rumus deviasi atau yang sering disebut dengan simpangan baku adalah sebuah angka yang dapat mengukur sebuah sebaran distribusi dari data kalian. Ketika standar deviasi semakin besar maka akan semakin lebar juga dari distribusi data milik kalian yang berasal dari meannya. Ini mengartikan bahwa, semakin banyak variasi data yang kalian miliki.


Untuk angka standar deviasi tidak ada yang baik maupun buruk di dalamnya. Ini tergantung dari apa yang kalian harapkan kepada seberapa tersebarkan data yang kalian miliki. Jika standar deviasi yang kalian miliki sudah sesuai dengan apa yang kalian harapkan, maka itulah nilai standar deviasi yang bisa dianggap dengan baik. Jika kalian masih kebingungan bagaimana rumus dasar deviasi bekerja, maka kalian dapat simak artikel berikut untuk lebih memahami rumus ini jadi simak terus ya!


1. Definisi Standar Deviasi

Microsoft Excel menjadi salah satu tools data analis dengan dilengkapi fungsi untuk menghitung standar deviasi dari sebuah sampel. Standar deviasi ini adalah sebuah angka yang diperoleh untuk dapat mengukur sebaran distribusi data yang diteliti. Jika nilai standar deviasi milik kalian besar maka data yang kalian miliki memiliki distribusi yang lebar terhadap rata-ratanya. Jadi dapat disimpulkan bahwa data tersebut memiliki variasi yang cukup besar pula. Kita kembali kepada pembahasan di awal bahwa tidak ada angka standar deviasi yang didefinisikan sebagai nilai yang baik maupun nilai yang buruk. Karena semuanya kembali kepada harapan kalian itu sendiri. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus Deviasi

Untuk menghitung sebuah nilai standar deviasi atau simpangan baku dari seluruh populasi. Secara manual, menghitung standar deviasi data itu adalah dengan cara mencari akar dari pangkat dua jumlah selisih data dengan menggunakan nilai rata-rata yang telah dibagi dengan jumlah data kalian. Untuk rumus umumnya adalah seperti gambar di bawah ini:

Excel

Jadi, kalian dapat menjumlahkan kuadrat pengurangan setiap nilai data kalian dengan rata-ratanya sebelum kalian membaginya dengan banyak data lainnya. Selanjutnya, kalian bisa menghitung akar kuadrat dari hasil pembagian itu untuk mendapatkan nilai standar deviasi. Jadi kalian sebaiknya menggunakan rumus yang sudah di sediakan oleh microsoft excel untuk menghitung nilai standar deviasi.


3. Fungsi STDEV.P

Untuk aturan penulisan dari rumus STDEV.P ini adalah seperti berikut ini: =STDEV.P(number1,[number2],....). Kalian dapat melihat di dalam rumus itu terdapat 3 argument yang memiliki arti yaitu, number1 adalah data pertama yang dapat berupa cell, range atau nilai tertentu yang bisa kalian ketik sendiri, [number2] nah ini adalah data kedua dan juga dapat berupa cell, range, atau nilai tertentu yang bisa kalian ketik sendiri juga. Terakhir ada …., nah ini adalah data selanjutnya jika kalian memiliki data lanjutan. Sebenarnya kalian hanya wajib mengisi argument number1 saja, untuk argumen lainnya bisa kalian isi atau tidak sesuaikan dengan kebutuhan kalian masing-masing.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Cara Menghitung Deviasi Dari Data Sampel

Untuk menghitung deviasi dari data sampel ini kalian bisa menggunakan salah satu dari rumus deviasi ini yaitu seperti STDEV, STDEV.S, dan juga kalian bisa menggunakan STDEVA. Bentuk dari penulisan tiga tumus ini sama dengan rumus standar deviasi data populasi atau STDEV.P, yaitu seperti berikut ini:


=STDEV/STDEV/STDEVA(number1,[number2],....)


Jadi satu hal yang bisa kalian tentukan ketika kalian memilih rumus untuk kalian gunakan apakah ingin digunakan untuk mengabaikan/memproses nilai logika dan juga teksnya. Untuk rumus STDEV dan STDEV.S mengabaikan mereka sedangkan untuk STDEVA akan memproses data-data tersebut dalam proses perhitungannya.


Gabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Excel


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 

 

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login