TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 2 Jam 3 Menit 58 Detik

Simak 4 Tugas Data Scientist, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 13-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/76117a5f1bb8eb91cfb9db1e814b039d_x_Thumbnail800.jpeg

Data scientist adalah salah satu pekerjaan yang banyak sekali peminatnya. Nah, data scientist ini juga salah satu profesi di bidang interdisipliner dengan fokus pada teknologi informasi. Jadi seorang data scientist memiliki tugas untuk mengumpulkan, mengolah, dan juga menganalisa data untuk menghasilkan sebuah informasi baru yang pastinya berguna dalam pengambilan sebuah keputusan nantinya. Untuk menjadi seorang data scientist, kalian tidak harus dari latar belakang ilmu data science maupun sejenisnya, karena profesi ini bisa dilakukan dan juga dipelajari oleh siapapun dari latar belakang yang bermacam-macam. 


Jika kalian adalah pemula di bidang ini, kalian masih tetap bisa mempelajari bidang ini karena, pada dasarnya ilmu data ini tidak hanya terbatas dalam latar belakang pendidikan tertentu, apalagi setelah kita melihat bahwa era digital ini, ilmu ini sangat digunakan di semua bisnis, jadi pada artikel kali ini kita akan membahas tugas apa saja yang dilakukan oleh Data scientist ini di dalam perusahaan. Simak terus ya!


1. Mengumpulkan Data

Untuk menjadi seorang data scientist diperlukan keterampilan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber. Data yang sudah didapat oleh data scientist ini kemudian haruslah dilakukan sebuah formating dan juga pembersihan data terlebih dahulu untuk bisa memastikan hanya data tersebutlah yang berkualitas yang akan digunakan. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mengolah data

Setelah kalian melakukan pengumpulan data, maka tugas selanjutnya adalah mengolah data ke dalam format tertentu sehingga bisa lebih mudah saat melakukan analisisnya. Untuk mempercepat proses pengolahan data dan juga membuat kerjanya jadi lebih efisien, data scientist biasanya menggunakan beberapa tools, yaitu seperti apache hadoop, spark, NoSQL database.


3. Melakukan Analisis data

Tugas selanjutnya adalah melakukan analisis data, setelah melakukan proses mengolah data tugas selanjutnya adalah melakukan analisis data. Untuk melakukan analisis data dan juga mengekstrak insight yang penting, data scientist biasanya menggunakan berbagai tools seperti menggunakan static method dan juga machine learning. Statistical method berguna untuk melakukan regresi, varians, dan juga multivariat yang memiliki tujuan untuk bisa menemukan variabel, pola tertentu dalam data, tren, sampai bisa untuk memperkirakan masa yang akan datang nantinya. Sedangkan untuk machine learning dapat memungkinkan data scientist untuk membuat sebuah prediksi dan juga klasifikasi tertentu untuk menemukan sebuah solusi untuk mengatasi suatu masalah.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Visualisasi Data

Visualisasi data adalah tugas selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang data scientist. Tugas ini cukup penting, karena visualisasi data ini akan mempresentasikan hasil dari analisis yang sudah dilakukan oleh data scientist dalam bentuk grafik, bagan, ataupun dalam bentuk informasi lainnya yang mudah untuk dipahami oleh perusahaan.


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Nggak usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :