#OCTOFEST 70% + 85% OFF!
Belajar Data Online 6 Bulan Anti Ribet cuma Rp. 150K!
0 Hari 1 Jam 28 Menit 51 Detik

Simak Cara Menggunakan Chat GPT untuk Coding

Belajar Data Science di Rumah 02-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b0aeeec1355ac3e289cb52e94a360602_x_Thumbnail800.jpeg

Akhir-akhir ini cukup ramai sekali menjadi perbincangan mengenai teknologi chatbot yang banyak dipakai oleh banyak orang. Salah satu produk dari chatbot ini adalah Chat GPT. Sekarang Chat gpt menjadi sebuah alat yang dapat membantu berbagai macam kebutuhan manusia.


Chat GPT ini dinilai juga lebih cerdas dibandingkan search engine, contohnya seperti Google. Hal ini karena Chat GPT bisa melakukan lebih banyak dari itu, walaupun chat gpt ini memiliki kekurangan yaitu informasinya belum terlalu update. 


Tidak hanya itu chat gpt ini bisa lebih dari search engine karena menyajikan informasi dan kata kunci yang kalian ingin tahu lebih dalam dan juga chat gpt ini sensitif terhadap kata-kata, jadi kalian tidak perlu khawatir jika kalian menuliskan kata yang salah dalam penulisannya karena chat gpt ini akan mengetahui apa yang ingin kalian tanyakan. Jadi chat gpt ini akan langsung menghasilkan output berupa jawaban atas pertanyaan yang kalian berikan terhadap sesuatu hal.


Chat gpt nantinya akan bisa menghasilkan sebuah informasi yang lengkap sesuai dengan apa yang kalian tanyakan. Chat gpt ini juga bisa membantu kalian untuk memudahkan dalam hal mengkoding sebuah program komputer. Mungkin beberapa diantara kalian masih bingung bagaimana caranya menggunakan chat gpt ini untuk membuat sebuah codingan. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahasnya jadi simak terus ya!


1. Apa itu Chat GPT?

Chat GPT atau kepanjangan dari generative pre-training transformer adalah AI atau kecerdasan buatan yang cara kerjanya memakai format chat atau sebuah perkacapan. Kalian dapat memberikan pertanyaan apa saja kepada AI ini dan secara otomatis juga kalian akan langsung mendapatkan jawabannya dalam waktu yang cukup singkat.

Fitur chat gpt ini dibuat oleh perusahaan OpenAI, yaitu perusahaan AI non profit yang didirikan di tahun 2015 oleh elon musk.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


2. Cara Kerja dari Chat GPT

Sebagai salah satu aplikasi AI, chat gpt ini dapat menggunakan format percakapan dua arah antara bot dengan usernya. Nantinya di dalam kolom chat milih chat gpt ini kalian bisa memberikan beberapa macam pertanyaan sesuai dengan apa yang ingin kalian tanyakan seperti ingin mencari codingan untuk membuat website sederhana.

Chat gpt ini juga bisa mengoreksi jawabannya sendiri jika ia merasa jawabannya kurang tepat, menolak jawaban yang kurang pantas, dan lain sebagainya.


3. Manfaat Chat GPT

Pastinya setiap sesuatu yang dibuat memiliki sebuah manfaat, tidak terkecuali chat gpt ini penasaran manfaatnya? Mari kita lihat penjelasannya di bawah:

  • Menjawab Soal Matematika

    Mungkin matematika menjadi salah satu pelajaran yang sulit bagi banyak orang, sekarang kita bisa menggunakan chat gpt untuk menyelesaikan soal matematika, sehingga kita bisa belajar langsung darinya.

  • Membuat codingan sederhana

    Chat gpt juga bisa membantu para programmer pemula dalam membuat website sederhana. Jadi kalian hanya menuliskan pertanyaan kalian dalam kolom chat mengenai codingan yang ingin kalian ketahui. Misalnya kalian ingin membuat website sederhana dengan menggunakan HTML, maka kalian akan langsung mendapatkan jawabannya yang berupa code program.


Bcaa juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


4. Cara Menggunakan Chat GPT untuk Coding

Jika kalian sudah mengetahui apa itu chat gpt, maka saatnya kalian menggunakan chat gpt ini untuk membuat codingan sederhana berikut tata caranya:

  • Kalian bisa buka di laman website milik chat gpt yaitu chat.openai.com

  • Lalu kalian bisa memasukkan akun kalian bisa dengan menggunakan email maupun nomor telepon

  • Setelah kalian login kalian bisa langsung diarahkan ke homepage milik chat gpt ini dan kalian bisa memulai percakapan atau bertanya.

  • Setelah kalian memberikan pertanyaan kepada chat gpt, maka ia akan memproses pertanyaan kalian menjadi jawaban yang sesuai dengan pertanyaan milik kalian.


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :